50 Warga Jaksel Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Basah

Bisnis

50 Warga Jaksel Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Basah

Sebanyak 50 warga di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya sekitar RPTRA Taman Gajah, Cipete Utara mengikuti pelatihan pembuatan kue basah yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Administrasi Jakarta Selatan 14 Oktober 2019 lalu.

Kepala Suku Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kota Administrasi Jakarta Selatan Sudrajat menyebutkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa mengembangkan kewirausahaan terpadu khususnya dibidang kue basah. Usai pelatihan diharapkan, peserta bisa memanfaatkan program untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat kue basah.

[Baca Juga: Sudin Nakertrans Jakarta Selatan Gelar Pelatihan Pembuatan Kerupuk]

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini sudah memasuki angkatan ketiga, mereka mendapatkan pelatihan selama lima hari dari Sudin Nakertrans Jaksel.” Ujar Sudrajat.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (15/10/2019) Sudrajat mengungkapkan, pelatihan ini dibuat agar para peserta bisa dengan matang memulai menjadi wirausaha, sehingga lebih mandiri. Jika para peserta pelatihan sudah berhasil menjadi wirausaha tentunya akan memberikan dampak baik untuk dari segi ekonomi wirausaha. Jika para peserta ingin memulai usaha, awalnya Sudin Nakertrans Jaksel akan berikan alat-alat penunjang, sehingga setelah sampai di rumah, para peserta bisa langsung mempraktekannya di rumah dan lebih mudah untuk memulai bisnis.

[Baca Juga: Ibu-ibu Antusias Ikuti Pelatihan Membuat Bakso di Menteng]

Menurut Sudrajat, banyak contoh usaha-usaha rumahan yang berhasil dan berkembang melebarkan usahanya. Hal ini lah yang diharapkan oleh Sudin Nakertrans Jaksel. Salah satu peserta yang mengikuti pelatihan Lina mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk peningkatan perekonomian kerakyatan, terutama untuk para wirausahawan yang kecil atau pun yang baru akan memulai.

50 Warga Jaksel Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Basah

“Dengan cara ini saya mencari ilmu yang belum saya dapatkan untuk menambah menu dagangan. Ada 15 menu yang diajarkan, dari semuanya, saya tertarik dengan cara membuat kue onde-onde, karena saya tak pernah berhasil membuatnya,” kata Lina. Ia baru mengetahui, adonan tepung terigu untuk onde-onde cukup dibuat bulat dan kemudian diberi isi kacang hijau, lalu bisa langsung digoreng dengan minyak panas.

Beberapa peserta pelatihan bahkan mengaku baru kali pertama mengetahui sejumlah resep kue basah yang diajarkan. Kue basah merupakan salah satu makanan ringan yang diminati masyarakat dan memiliki pasar yang cukup besar, para penjual bisa menjualnya di pasar atau di depan rumah saat pagi hari.



Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.