500 Penari Meriahkan Jakarta Selatan Menari

Berita Kawasan

500 Penari Meriahkan Jakarta Selatan Menari

Dalam rangka Hari Tari Sedunia, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melaksanakan Jakarta Selatan Menari. Pelaksanaan ini dilaksanakan melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada 29 April 2019 di Taman Ayodya, Kebayoran Baru. Kegiatan ini disambut positif masyarakat khususnya orangtua peserta.

Acara ini diikuti oleh 500 penari dari 10 kecamatan di Jakarta Selatan. Kegiatan budaya ini diikuti anak-anak dari 60 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) se-Jakarta Selatan, yang sudah melewati pelatihan menari dari Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan. Para peserta telah mengikuti pelatihan selama seminggu di RPTRA masing-masing. Pelatihan tersebut tentunya untuk mengasah kekompakan dalam gerak.

[Baca Juga: Paduan Menarik Tari Tradisional dan Modern di Indonesia Menari]

Salah satu keluarga Kelurahan Kebagusan, Aminah mengatakan senang karena buah hatinya mampu jadi bagian dari acara ini. Ia menyebutkan anaknya masuk jadi 500 peserta yang turut meramaikan acara ini. Aminah menyebutkan, ia sangat mendukung kegiatan ini karena menurutnya seni tari merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan anaknya. Kegiatan ini dapat membuat anaknya berkembang dan mengenal kebudayaan Betawi.

500 Penari Meriahkan Jakarta Selatan Menari

"Anak saya belajar tari di RPTRA Warung Timbul. Anak anak berlatih selama seminggu sehingga punya kegiatan positif. Semoga kegiatan ini lebih sering diadakan, sehingga bisa memotivasi anak-anak untuk lebih mengenal kebudayaan Betawi dan daerah lainnya," ujar Aminah.

[Baca Juga: Komunitas Beauty Line Dance, Menari demi Kebugaran]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (3/5/2019), warga Kelurahan Srengseng Sawah Yuni juga mengutarakan hal serupa. Menurutnya pengenalan kesenian Betawi harus dilakukan sejak dini, agar membuat anak mengembangkan kreativitas sekaligus membantu melestarikan kebudayaan."Kalau bisa setiap tahun diadakan acara seperti ini. Sehingga bisa menunjang prestasi anak-anak. Semoga juga anak-anak lebih kompak," katanya.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji menyebutkan, kegiatan ini merupakan bagian dari apresiasi Kesenian di Jakarta Selatan khususnya untuk seni tari dan sanggar. Acara ini mengambil tema besar Tari Topeng Samba sebagai bentuk kreasi baru yang diadopsi dari pertunjukan Topeng Betawi.

[Baca Juga: Inilah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness]

Pertunjukan tersebut merupakan salah satu karakter tari topeng tunggal berwarna merah muda. Nama tersebut diambil untuk menggambarkan keceriaan gadis Betawi yang semangat menggapai cita-cita.

Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron, menyebutkan Jakarta Selatan Menari ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di DKI Jakarta secara serentak.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.