513 Dokter Kecil Tingkat SD Kecamatan Duren Sawit Dilantik

Kesehatan

513 Dokter Kecil Tingkat SD Kecamatan Duren Sawit Dilantik

Para dokter kecil dari Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada 6 Agustus 2019 dilantik Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto. Pelantikan dokter kecil diikuti 513 siswa yang terdiri dari 39 SD di wilayah Kecamatan Duren Sawit. Pelantikan tersebut berlangsung di lapangan sekolah SD Negeri Malaka Jaya 04/07 yang berada di Jalan Mawar Merah, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pelantikan dokter kecil dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dokter kecil dalam melaksanakan program kesehatan di lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitarnya. Para dokter kecil yang dilantik adalah siswa-siswi yang telah memenuhi kriteria dan terlatih dalam menangani kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungan. Sebelum dilantik, para peserta juga telah mendapat pelatihan dari puskesmas.

[Baca Juga: 1.108 Pelajar di Pasar Minggu Jadi Dokter Kecil]

Menurut Wakil Wali Kota Jakarta Timur, dengan adanya dokter kecil dianggap sebagai ujung tombak untuk melakukan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini. Keterlibatan dokter kecil yang merupakan peserta didik menjadi salah satu pendekatan yang bisa dilakukan sebagai penggerak Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Salah satu dari pendekatan yang bisa dilakukan adalah melibatkan partisipasi peserta didik sebagai penggerak perilaku hidup bersih dan sehat, dengan dokter kecil ini lah sebagai ujung tombaknya,” ujarnya sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (6/8/2019).

[Baca Juga: 1.374 Dokter Kecil di Kebayoran Lama Resmi Dilantik]

Oleh karena itu, setelah pelantikan dokter kecil ini diharapkan mereka bisa menjalankan PHBS, sekaligus dapat memberikan edukasi tentang PHBS kepada keluarga, teman, dan orang-orang di sekitar lainnya. Selain itu, dia juga berharap, para dokter kecil yang telah dilantik bisa membantu guru dan petugas kesehatan di sekolah, serta aktif dalam kegiatan kesehatan.

Dia menambahkan, para dokter kecil ini dilatih untuk hidup bersih dan sehat, seperti buang sampah pada tempatnya dan tidak merokok. “Sehat merupakan kunci kehidupan yang paling utama. Sebab, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, di dalam jiwa yang kuat tentunya terdapat daya pikir yang kuat. Sehingga nantinya menjadi anak yang pintar dan dapat meraih cita-cita," ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.