54 Mahasiswa Lakukan Kunjungan Belajar ke Dinas Koperasi dan UKM

Pendidikan

54 Mahasiswa Lakukan Kunjungan Belajar ke Dinas Koperasi dan UKM

Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Indonesia dan tersebar di berbagai wilayah dianggap mampu menyejahterakan rakyat. Dan berharap, produk yang dihasilkan dapat membantu perekonomian. Bahkan, tidak sedikit produk yang dihasilkan dari UKM mampu menembus pasar global dan produknya dapat dijadikan cendera mata khas sebuah kota.

Pelaku UKM yang ada di Kota Tangerang terbilang cukup banyak. Hal tersebut membuat mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang tertarik untuk mengetahui kebijakan serta peran serta Pemkot dalam memajukan UKM. Mereka mendatangi Dinas Koperasi dan UKM dalam rangka kunjungan belajar.

[Baca Juga: Ini Produk UKM Tangerang yang Rambah Pasar Singapura]

Melansir laman tangerangkota.go.id (18/07/2019). Wakil Rektor III Unis Suhaya mengatakan, tujuan mahasiswa melakukan kunjungan belajar tersebut, agar mahasiswa dapat mengetahui program dan kebijakan Pemkot Tangerang dalam memajukan dan membina UKM. Menurutnya, kunjungan belajar juga dalam rangka pendalaman materi mata kuliah kewirausahaan yang diikuti mahasiswa. Sebanyak 54 mahasiswa dan didampingi dosen yang hadir dalam kunjungan belajar ke Dinas Koperasi dan UKM.

Sementara itu, Kepala Bidang UKM pada Dinas Koperasi dan UKM Katrina Iswandari menyambut kunjungan belajar mahasiswa Unis. Lanjutnya, Pemkot Tangerang selama ini fokus dalam membina UKM agar tetap eksis dengan produk-produknya yang inovasi. "Jumlah UKM di Kota saat ini mencapai 11.079 dari berbagai jenis usaha mulai kuliner sampai kerajinan," jelasnya.

[Baca Juga: Perluas Pasar Produk UKM, Hotel di Tangerang Siap Hadirkan Pojok UKM]

UKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di suatu daerah bahkan mampu membuka peluang kerja baru bagi masyarakat kreatif dan inovatif.

Katrina menjelaskan, program pembinaan yang dilakukan Dinas Koperasi kepada UKM meliputi pelatihan, pembinaan, dan fasilitas. Ada pelatihan kewirausahaan, pengemasan produk, fasilitas sertifikasi halal sampai kemitraan dengan pihak lain, seperti perbankan dan swasta. "Pemkot juga memfasilitasi pemasaran produk melalui event pameran, baik tingkat kota maupun di luar kota, upaya ini agar produk unggulan dikenal luas oleh masyarakat," pungkasnya seraya memotivasi mahasiswa untuk lebih kreatif dan berani memulai berwirausaha yang dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.