6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Rokok elektrik yang biasa disebut vape atau e-cigarette merupakan rokok alternatif yang dibuat untuk membantu orang-orang yang ingin berhenti merokok. Disebut rokok elektrik karena menggunakan baterai dan pemanas yang menghangatkan cairan hingga hingga menguap dan asapnya bisa dihisap ke dalam tubuh seperti ketika merokok.

Rokok elektrik juga dinilai lebih aman dibandingkan rokok pada umumnya, padahal rokok elektrik juga mengandung nikotin yang memiliki risiko dan potensi yang sama berbahayanya dengan rokok yang ada di pasaran. Memang rokok elektrik tidak mengandung zat berbahaya seperti karbon monoksida, namun tetap saja ada akibat yang bisa dihasilkan dari rokok elektrik.

[Baca Juga: Menghilangkan Bau Asap Rokok di Dalam Rumah]

Melansir dari boldsky.com (10/6/2019), inilah akibat yang ditimbulkan dari rokok elektrik terhadap kesehatan.

1. Kerusakan Otak

Walau tujuan Anda menggunakan rokok sebagai alat untuk melatih agar terlepas dari rokok tembakau, merokok menggunakan rokok elektrik dalam jangka waktu yang lama tidak bermanfaat bagi kesehatan dan sama berbahayanya dengan merokok tembakau. Nikotin yang ada dalam cairan rokok elektrik bersifat adiktif dan dapat merusak fungi otak. Sehingga dapat memengaruhi perilaku penggunannya.

2. Mengakibatkan Penyakit Paru-Paru

Rokok elektrik rupanya juga mengandung sejumlah bahan kimia berbahaya seperti asetaldehida, akrolein, dan formaldehida, yang bisa membuat fungsi paru-paru rusak. Zat kimia ini juga dapat menyebabkan penyakit paru-paru lain seperti cedera paru akut.

[Baca Juga: 4 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Mantan Perokok]

3. Penyebab Asma

Terlalu banyak menghirup asap dapat memicu asma, terlebih lagi biasanya asap dari rokok elektrik lebih tebal dan lebih banyak dibanding rokok biasa. Kebiasaan ini dapat merusak paru-paru Anda yang bisa mengakibatkan munculnya gangguan pernafasan seperti asma.

4. Kerusakan DNA

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa rokok elektrik dapat menyebabkan kerusakan terhadap DNA manusia dan berpotensi meningkatkan kerusakan. Uap dari rokok elektrik non-nikotin juga dapat menyebabkan kerusakan DNA layaknya rokok tembakau, hal ini terjadi karena banyaknya zat kimia tambahan yang ada dalam uap rokok elektrik.

[Baca Juga: 5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru]

5. Menyebarkan Infeksi.

Salah satu kelemahan rokok elektrik adalah bisa dibersihkan atau digunakan dalam jangka waktu yang lama, tidak seperti rokok tembakau. Hal ini menyebabkan beberapa orang kerap kali membagi atau meminjamkan rokok elektrik miliknya denga orang lain sehingga timbul berbagai penyakit menular.

6. Menyebabkan Kecanduan

Nikotin menyebabkan ketagihan ataupun kecanduan. Setelah Anda sudah kecanduan, sulit bagi otak untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Niat awal ingin lepas dari rokok tembakau, justru kecanduan dengan rokok elektrik yang risikonya tak jauh berbeda.

Itulah beberapa akibat yang bisa timbul dari rokok elektrik. Beberapa risiko lain akibat merokok dengan rokok elektrik adalah kanker perut, kanker kandung kemih, kanker esofagus, penyakit jantung dan masalah pernapasan seperti emfisema.

Read More

Artikel Lainnya

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

Kesehatan

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

21 October 2019, 20:00  |  14 Views

Musik metal sering dianggap sebagai musik dengan konotasi yang negatif. Meski demikian, musik metal dipercaya dapat mengatasi masalah kegalauan.

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Kesehatan

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

21 October 2019, 19:00  |  16 Views

Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

Berita Kawasan

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

21 October 2019, 18:41  |  15 Views

Ajang tahunan ini bakal memberikan kesempatan bagi para diecaster untuk melihat dan memiliki diecast langka yang hanya tersedia di The 6th IDE 2019 saja.

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

Pendidikan

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

21 October 2019, 18:00  |  14 Views

Seminar ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan generasi milenial mengenai pengelolaan sektor pertanian di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.