6 Cara Buat Ruang Kerja di Rumah Agar Lebih Fokus

Properti dan Solusi

6 Cara Buat Ruang Kerja di Rumah Agar Lebih Fokus

Kini pekerjaan tak harus serta merta pergi ke kantor setiap harinya, beberapa pekerjaan justru mengharuskan Anda bekerja dari rumah. Sehingga keberadaan ruang kerja dalam rumah sangat dibutuhkan agar Anda semakin fokus bekerja. Bekerja di atas tempat tidur atau sembari menghangatkan diri di dalam selimut memang nyaman. Namun, hal ini membuat Anda jadi mudah mengantuk, bisa-bisa pekerjaan Anda tidak selesai.

Maka dari itu, untuk membantu Anda fokus bekerja. Coba buat lingkungan kerja di rumah nyaman. Dilansir dari entrepreneur.com (22/4/2019) berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memodifikasi ruang kerja di rumah.

[Baca Juga: Survei IKEA : Kenyamanan Kamar Mandi Jadi Makin Penting]

1. Pilih Spot yang Sepi

Jangan pilih area yang sekiranya selalu ramai atau didatangi banyak orang seperti ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur. Anda membutuhkan fokus dan konsentrasi ketika bekerja sehingga pilihlah tempat yang lebih sepi agar lancar bekerja.

2. Tambahkan Pintu atau Buat Ruang Tersendiri

Walaupun ini bukan tempat yang rutin Anda kunjungi seperti kamar tidur, buatlah ruang kerja sendiri dengan tembok dan pintu agar mengurangi gangguan dari luar. Semakin kecil gangguan yang Anda dapatkan, semakin fokus Anda bekerja.

Namun jika rumah Anda tak memungkinkan untuk menambahkan ruang baru, Anda bisa gunakan hal lain seperti gorden atau sliding door. Anda juga bisa menggunakan headphone untuk mengurangi suara lainnya.

3. Jika Terkena Matahari Lebih Baik

Ruangan yang terkena sinar matahari lebih baik dibandingkan yang tidak. Selain sehat, suasana ruang kerja Anda juga jadi lebih cerah dan meningkatkan mood bekerja. Ruang kerja yang redup dan lembap justru akan menganggu dan membuat mood jadi buruk.

[Baca Juga: Informa Mal Puri Indah Hadirkan Konsep Baru Bertematik]

4. Hindari Jendela yang Besar

Walaupun terkena sinar matahari baik untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Namun pastikan jangan gunakan jendela yang besar. Karena Anda bisa saja terganggu dengan sesuatu yang lewat di depan jendela. Anda juga bisa melihat dengan jelas kegiatan dari dalam kaca. Jika Anda tetap ingin menggunakan kaca, tutupi kaca dengan stiker yang dapat mengurangi penglihatan.

5. PIlih Lampu Ruangan yang Tepat

Agar penglihatan dan suasana kerja Anda lebih nyaman. Pilih lampu yang memiliki cahaya lebih hangat. Lampu yang agak kekuningan akan memberikan ruangan yang nyaman dan Anda akan menjadi lebih relaks. Karena cahaya yang dihasilkan komputer ataupun laptop sudah biru, untuk menyeimbangkannya, lampu yang berwarna hangat merupakan pilihan yang tepat.

[Baca Juga: Agar Ruang Tamu Terasa Lega dan Nyaman]

6. Atur Ruangan Sesederhana Mungkin

Jika mata Anda melihat ruangan yang penuh dan terlalu kompleks bisa merusak konsentrasi. Untuk menghindari otak Anda yang terlalu banyak memproses data visual, kurangi hal-hal kompleks. Misalnya kurangi barang yang di atas meja, jangan gunakan terlalu banyak hiasan di dinding, dan sebagainya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang kerja di rumah. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.