6 Cara Jitu Agar Rumah Miliki Cahaya Alami

Properti dan Solusi

6 Cara Jitu Agar Rumah Miliki Cahaya Alami

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa pencahayaan alami tentu jauh lebih baik dari pencahayaan artifisial. Cahaya alami akan membuat ruangan rumah Anda menjadi cerah, bahkan cahaya lampu seterang apapun tidak mungkin menyamainya. Cahaya alami mampu membuat hormon serotonin di tubuh Anda jadi meningkat dan yang paling penting ialah cahaya alami dapat diperoleh secara bebas biaya alias gratis!

Namun, tidak semua rumah dibangun atas dasar desain untuk mendapatkan cahaya alami. Bersyukurlah jika rumah Anda memiliki desain yang banyak menghasilkan arah cahaya alami. Anda yang memiliki rumah dengan tingkat pencahayaan alami yang minim, jangan risau. Karena masih ada cara untuk mendapatkan pencahayaan alami sesuai beberapa langkah yang PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber.

6 Cara Jitu Agar Rumah Miliki Cahaya Alami

  • Cat Lis Atap dengan Warna Putih

Coba Anda melihat keluar dari jendela dan lihat sedikit ke atas. Maka akan ada bagian atap yang melebihi dinding rumah atau lis bagian bawah atap. Jika Anda mengecat bagian bawah atap atau lis atap tersebut dengan warna putih, maka akan merefleksikan cahaya alami ke dalam rumah. Tak usah ragu jika dinding sekitarnya memiliki warna selain putih, karena cat putih pada bagian bawah atap tersebut hanya dapat dilihat dari dalam rumah Anda.

[Baca Juga: 3 Warna Cat untuk Langit-langit Agar Ruangan Terasa Lebih Luas]

  • Gunakan Warna Cerah Pada Dinding dan Plafon

Dinding interior adalah langkah pertama untuk merefleksikan cahaya alami ke dalam rumah. Nilai cahaya yang dipantulkan atau Light Reflectance Value memiliki rentang antara 0 hingga 100 persen. Angka 0 mewakili warna hitam dan angka 100 mewakili warna putih murni. Sedangkan warna lain terdapat pada angka di antara 0 hingga 100 tersebut. Jika kurang menyukai warna putih, Anda dapat memilih warna lain yang tergolong cerah. Tapi untuk plafon, sebaiknya berwarna putih. Karena jika berwarna gelap, maka ruangan terkesan sempit dan suram.

6 Cara Jitu Agar Rumah Miliki Cahaya Alami

  • Gunakan Cat Glossy untuk Dinding

Permukaan yang semakin glossy maka akan semakin memantulkan cahaya, dibandingkan dengan permukaan biasa. Sehingga, menggunakan cat glossy pada dinding rumah Anda akan memberikan efek seperti cermin. Anda pun pasti menyadari jika cermin dapat memantulkan cahaya dengan baik.

  • Gunakan Kaca atau Lantai Reflektif pada Dapur atau Kamar Mandi

Panel kaca atau glass tile adalah langkah yang baik untuk diletakkan pada dapur maupun dinding kamar mandi. Jika terkena cahaya, maka glass tile akan memantulkan cahaya nyaris sebesar 100 persen. Lantai keramik yang glossy pun bersifat reflektif, Anda dapat memasangnya pada dapur maupun kamar mandi.

6 Cara Jitu Agar Rumah Miliki Cahaya Alami

  • Ganti Sebagian Dinding dengan Glass Block

Langkah ini mungkin bukan pilihan yang ekonomis, namun mengganti sejumlah bagian dari dinding rumah Anda dengan glass block dapat dipastikan akan menambah jumlah cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan rumah. Selain itu, penggunaan glass block seolah membuat rumah Anda menjadi bergaya retro, karena penggunaan glass block sempat menjadi tren di era 1920an (Art Deco) dan era 1980an.

  • Memasang Panel Skylight pada Plafon

Panel skylight tergolong cara yang efektif untuk mendapatkan cahaya alami guna ruangan rumah Anda. Dengan kata lain, panel skylight berfunsgi seperti jendela rumah yang berada di bagian atap. Karena harga panel skylight tidak murah, maka pastikan Anda telah memutuskan menggunakan panel ini saat mulai membangun rumah atau ketika melakukan renovasi rumah.

[Baca Juga: 5 Tips Sulap Ruangan Sempit Menjadi Luas]

Melalui beberapa langkah tersebut, memungkinkan Anda mendapat jumlah cahaya alami yang optimal bagi interior rumah. Tentukan pilihan Anda dan sesuaikan dengan alokasi dana, maka interior rumah pun akan menjadi lebih cerah dengan pencahayaan alami.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.