6 Cara Memanfaatkan Cangkang Telur untuk Kecantikan

Kecantikan dan Fashion

6 Cara Memanfaatkan Cangkang Telur untuk Kecantikan (Bagian 1)

Telur merupakan hasil ternak ayam yang bisa digunakan untuk apapun. Mulai dari bahan makanan hingga perawatan kulit. Beberapa orang percaya putih telur dapat mengangkat komedo dan kotoran yang tertinggal di wajah. Sehingga putih telur sering dijadikan bahan favorit untuk masker wajah.

Namun belum banyak orang yang tahu, jika cangkang telur juga memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Sehingga setelah menggunakan telur, cangkangnya selalu Anda buang karena tidak memiliki banyak manfaat. Mulai sekarang, jangan lagi buang cangkang telur, melansir dari boldsky.com (25/4/2019) inilah manfaat cangkang telur yang harus Anda ketahui.

1. Cangkang Telur dan Cuka Apel untuk Kulit Iritasi

Cuka apel mengandung antibakteri, antijamur, dan antivirus yang mampu menghindari dan mengurangi kulit sendiri serta radang. Anda bisa menangani masalah kulit tersebut dengan cara sebagai berikut.

Bahan:

- ½ gelas cuka apel

- 2 cangkang telur

Cara: hancurkan cangkang telur hingga halus dan campurkan dengan cuka apel. Biarkan ramuan tersebut selama berapa hari. Setelah itu, celupkan kapas ke dalam ramuan tersebut lalu aplikasikan ke bagian kulit yang bermasalah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas. Ulangi cara ini satu hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

2. Cangkang Telur dan Telur Putih untuk Membersihkan Pori-Pori

Telur putih memiliki sifat dan fungsi seperti astrigngen yang mampu membantu mengecilkan pori-pori dengan mengencangkan kulit. Putih telur juga membantu kulit lebih sehat dan bercahaya. Untuk dapat merasakan hal tersebut, Anda bisa mencoba cara berikut.

Bahan:

- 1 cangkang telur

- 1 telur (bagian putihnya saja)

Cara: hancurkan cangkang telur sampai halus, kemudian campurkan cangkang yang sudah hancur dengan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuning telurnya. Setelah bercampur rata, aplikasikan ramuan tersebut keseluruh bagian wajah dan tunggu sampai kering. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air dingin. Ulangin proses ini satu hingga dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

[Baca Juga: 5 Jenis Masker Wajah yang Sesuai Jenis Kulit]

3. Cangkang Telur dan Madu untuk Flek Hitam

Madu merupakan bahan yang bagus untuk eksfoliasi kulit. Madu akan membawa sel kulit mati, kotoran, dan racun yang hinggap di kulit. Madu juga merupakan pencerah wajah alami yang mampu menghilangkan flek hitam atau daerah yang gelap karena radikal bebas.

Bahan:

- 1 cangkang telur

- 2 sendok makan madu

Cara: hancurkan cangkang telur hingga halus seperti pasir, kemudian campurkan dengan madu. Gunakan ke seluruh bagian wajah dan tunggu sampai kering. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Ulangi proses ini selama dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kuliner Ayam Saus Telur Asin Beromzet Miliaran]

Itulah beberapa manfaat cangkang telur untuk kulit. Jika Anda mencobanya pastikan kebersihan bahan dan wajah terjaga agar manfaatnya maksimal.untuk mengetahui tiga cara lain bisa lanjut membaca Bagian 2.

Read More

Artikel Lainnya

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf.jpg

Hobi dan Hiburan

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf

23 October 2020, 16:46

Mulai pekan ini, sejumlah bioskop di DKI Jakarta sudah mulai kembali beroperasi namun anggota DPRD DKI dan Menparekraf menitipkan pesannya untuk para pengusaha bioskop.

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan.jpg

Pendidikan

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan

23 October 2020, 15:39

Empat mahasiswi Unpad berhasil menciptakan pasta gigi ramah lingkungan yang dibuat demi mengurangi limbah plastik yang dipicu pasta gigi konvensional

Antisipasi Banjir, Wali Kota Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan .jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Banjir Kebon Jeruk, Pemkot Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan

23 October 2020, 14:37

Sebagai salah satu lokasi yang kerap terjadi banjir, Wali Kota Jakarta Barat gelar koordinasi dengan para pimpinan wilayah Jakarta Barat demi cegah genangan


Comments


Please Login to leave a comment.