6 Cara Memanfaatkan Cangkang Telur untuk Kecantikan

Kecantikan dan Fashion

6 Cara Memanfaatkan Cangkang Telur untuk Kecantikan (Bagian 1)

Telur merupakan hasil ternak ayam yang bisa digunakan untuk apapun. Mulai dari bahan makanan hingga perawatan kulit. Beberapa orang percaya putih telur dapat mengangkat komedo dan kotoran yang tertinggal di wajah. Sehingga putih telur sering dijadikan bahan favorit untuk masker wajah.

Namun belum banyak orang yang tahu, jika cangkang telur juga memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Sehingga setelah menggunakan telur, cangkangnya selalu Anda buang karena tidak memiliki banyak manfaat. Mulai sekarang, jangan lagi buang cangkang telur, melansir dari boldsky.com (25/4/2019) inilah manfaat cangkang telur yang harus Anda ketahui.

1. Cangkang Telur dan Cuka Apel untuk Kulit Iritasi

Cuka apel mengandung antibakteri, antijamur, dan antivirus yang mampu menghindari dan mengurangi kulit sendiri serta radang. Anda bisa menangani masalah kulit tersebut dengan cara sebagai berikut.

Bahan:

- ½ gelas cuka apel

- 2 cangkang telur

Cara: hancurkan cangkang telur hingga halus dan campurkan dengan cuka apel. Biarkan ramuan tersebut selama berapa hari. Setelah itu, celupkan kapas ke dalam ramuan tersebut lalu aplikasikan ke bagian kulit yang bermasalah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas. Ulangi cara ini satu hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

2. Cangkang Telur dan Telur Putih untuk Membersihkan Pori-Pori

Telur putih memiliki sifat dan fungsi seperti astrigngen yang mampu membantu mengecilkan pori-pori dengan mengencangkan kulit. Putih telur juga membantu kulit lebih sehat dan bercahaya. Untuk dapat merasakan hal tersebut, Anda bisa mencoba cara berikut.

Bahan:

- 1 cangkang telur

- 1 telur (bagian putihnya saja)

Cara: hancurkan cangkang telur sampai halus, kemudian campurkan cangkang yang sudah hancur dengan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuning telurnya. Setelah bercampur rata, aplikasikan ramuan tersebut keseluruh bagian wajah dan tunggu sampai kering. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air dingin. Ulangin proses ini satu hingga dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

[Baca Juga: 5 Jenis Masker Wajah yang Sesuai Jenis Kulit]

3. Cangkang Telur dan Madu untuk Flek Hitam

Madu merupakan bahan yang bagus untuk eksfoliasi kulit. Madu akan membawa sel kulit mati, kotoran, dan racun yang hinggap di kulit. Madu juga merupakan pencerah wajah alami yang mampu menghilangkan flek hitam atau daerah yang gelap karena radikal bebas.

Bahan:

- 1 cangkang telur

- 2 sendok makan madu

Cara: hancurkan cangkang telur hingga halus seperti pasir, kemudian campurkan dengan madu. Gunakan ke seluruh bagian wajah dan tunggu sampai kering. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Ulangi proses ini selama dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kuliner Ayam Saus Telur Asin Beromzet Miliaran]

Itulah beberapa manfaat cangkang telur untuk kulit. Jika Anda mencobanya pastikan kebersihan bahan dan wajah terjaga agar manfaatnya maksimal.untuk mengetahui tiga cara lain bisa lanjut membaca Bagian 2.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.