6 Cara Memanfaatkan Stroberi untuk Kecantikan

Kecantikan dan Fashion

6 Cara Memanfaatkan Stroberi untuk Kecantikan

Mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu upaya untuk memiliki tubuh yang sehat. seperti yang diketahui, layaknya sayuran, buah-buahan juga memiliki berbagai macam vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tapi karena buah juga kaya akan nutrisi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan kulit.

Menggunakan buah-buahan dan bahan dari alam tentu memudahkan Anda saat ingin melakukan perawatan kulit. Pasalnya bahan akan lebih mudah ditemukan. Namun, apa saja buah yang dapat dijadikan bahan untuk perawatan kulit?

Salah satunya adalah stroberi. Buah berwarna merah yang rasanya sedikit asam ini bisa Anda manfaatkan untuk merawat kulit mulai dari wajah hingga kaki. Melansir dari bellatory.com (18/4/2019), berikut beberapa cara menggunakan stroberi untuk perawatan kulit.

[Baca Juga: 4 Masker Wajah yang Mengandung Kunyit]

1. Mengurangi Mata Bengkak

Menonton film drama kerap kali membuat Anda menitikan air mata, sedangkan keesokan harinya Anda harus pergi bekerja. Dikhawatirkan, air mata yang Anda teteskan akan membuat mata membengkak di keesokan harinya. Namun, jangan khawatir untuk bepergian keluar rumah pasalnya, Anda bisa memanfaatkan buah stroberi.

Buah asam ini mirip dengan astringen yang mampu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Cara penggunannya pun mirip seperti Anda menggunakan mentimun. Iris storberi dan letakkan pada bawah mata, kemudian biarkan selama 15 menit sebelum melepasnya.

2. Membersihkan Wajah

Buah strobesi merupakan eksfoliasi alami, yang mampu membuang sel-sel kulit mati yang membuat wajah kusam. Stroberi mengandung asam salisilat yang mampu membersihkan wajah, serta menghambat pertumbuhan komedo di kulit.

3. Masker Wajah

Stroberi mengandung konsentrasi chemical exfoliator alpha-hydroxyl acid atau yang lebih awam dengan sebutan AHA. Kandungan ini terbukti efektif untuk membantu mengikis kulit mati pada permukaan luar kulit serta menghilangkan minyak berlebih. Anda bisa menumbuk stroberi dan menggunakan pada wajah dan biarkan pada wajah selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

[Baca Juga: 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan]

4. Scrub Bibir

Menggukan lipstick matte setiap hari tentu membuat bibir Anda makin lama makin terasa kering, untuk menjaga bibir tetap sehat dan lembap Anda bisa melakukan proses eksfoliasi selama seminggu sekali untuk mengangat sel kulit bibir yang mati. Biasanya kulit mati pada bibir agak lebih sulit diangkat, maka dari itu Anda membutuhkan gula pasir. Caranya, tumbuk 1-2 buah stroberi yang matang dan campurkan dengan gula pasir satu sendok makan. Gosokkan pada bibir kemudian bilas.

5. Mencerahkan Gigi

Bukan hanya kulit, stroberi juga bisa digunakan untuk perawatan gigi. Memiliki gigi yang kusam dan cenderung kuning membuat kita kerap kali tidak percaya diri. Jika Anda memiliki masalah ini, Anda bisa mencoba menggunakan stroberi. Buah ini bisa jadi bahan untuk mencerahkan gigi. Cukup dengan menggosokkan setengah stroberi bolak-balik ke gigi, kemudian biarkan selama satu menit kemudian bilas.

6. Scrub Tubuh

Selain bibir, stroberi juga bisa Anda gunakan sebagai scrub pada bagian tubuh. Meraciknya kurang lebih sama, hanya saja porsinya dibuat lebih banyak. Jika Anda ingin hasilnya lebih lembap cukup tambahkan dua sendok teh minyak zaitun. Kemudian, secara halus oleskan pada bagian tubuh sebelum Anda mandi.

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

Itulah enam cara memanfaatkan stroberi untuk perawatan kulit yang bisa Anda lakukan di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.