Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues

Kesehatan

6 Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues

Mendapat keturunan adalah dambaan setiap pasangan suami-istri, anak akan membawa kebahagiaan dalam rumah tangga. Tetapi bagi ibu hal indah yang dibayangkan menjadi jauh dari kenyataannya, sebab sebenarnya perjuangan baru akan dimulai setelah melahirkan. Masa-masa setelah kelahiran yang seharusnya menjadi masa yang membahagiakan bagi para ibu, sering kali justru berubah menjadi masa yang penuh air mata dan kelelahan.

Dilansir dari DosenPsikologi.com, Perubahan mood yang ekstrim kerap dirasakan sekitar 50-80 persen ibu yang baru melahirkan, terutama pada ibu yang baru pertama kali melahirkan. Kondisi ini sering dikenal dengan sebutan Baby Blues atau Postpartum Distress Syndrome (Depresi Pospartum), yaitu kondisi yang dialami perempuan berupa kemunculan perasaan gundah serta sedih berlebihan ketika baru melahirkan.

Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues

Sindrom baby blues adalah suatu yang umum dialami ibu yang baru melahirkan. Akan tetapi bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang serius. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja maka efek negatifnya bisa menjadi besar. Berikut rangkuman PingPoint.co.id untuk penelitian tersebut dari beberapa sumber mengenai cara mengatasi sindrom baby blues :

1. Melakukan Persiapan

Mempersiapkan diri dengan menyeluruh sebelum melahirkan, meliputi persiapan fisik, mental dan materi. Jika ibu sudah menyiapkan diri dengan berbagai aspek, serta benar-benar siap lahir batin maka ibu akan dapat menyambut kelahiran bayi dengan bahagia.

2. Mencari Informasi

Menambah pengetahuan tentang proses kehamilan dan kelahiran dengan mendetil diperlukan agar ibu telah mengetahui apa yang akan terjadi kelak, dengan tubuhnya selama kehamilan dan ketika proses persalinan berlangsung. Memperkaya diri dengan pengetahuan mengenai bagaimana merawat bayi baru lahir dan juga bagaimana merawat diri sendiri paska kelahiran akan sangat berguna, sehingga ibu tidak lagi merasa kaget bila dihadapkan dengan hal yang baru.

[Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Depresi]

3. Meminta Bantuan

Suami juga memegang peranan besar dalam menghindarkan istrinya terkena sindrom baby blues. Kesediaan suami untuk berbagi tanggung jawab dalam mengurus si kecil sudah merupakan hiburan yang besar untuk seorang ibu yang baru melahirkan secara mental dan fisik, karena itu perlu adanya kesepakatan yang dibuat tentang pengasuhan anak, serta kemauan suami untuk memahami kondisi istri.

4. Berbagi Pengalaman

Ibu juga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dengan cara bergabung dengan komunitas ibu-ibu hamil baik daring atau pun langsung. Selain itu, mencari ilmu pada teman atau saudara yang telah berpengalaman dengan anak juga bisa dilakukan.

5. Menjaga Pola Makan Dan Istirahat

Ibu yang baru melahirkan sangat perlu menjaga asupan makanannya, selain karena harus menyusui juga untuk menjaga kondisi tubuhnya yang memerlukan pemulihan setelah melalui proses kelahiran.

[Baca Juga: Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya]

6. Menjaga Pikiran Positif

Ibu yang baru melahirkan tentu saja akan menjadi lebih sensitif perasaannya dan mudah tersinggung. Salah satu pemicu sindrom baby blues adalah berbagai pikiran negatif yang ada dalam benak ibu, karena itu sebaiknya usahakan untuk menghalau pikiran negatif tersebut dan mempertahankan pikiran-pikiran yang positif dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan.

Adapun cara mengatasinya, akan tetapi lebih baik pasangan suami-istri memahami gejala dan penyebabnya. Setelah menikah dan merencanakan kehamilan, lebih baik anda banyak mencari informasi seputar kehamilan dan cara mengurus buah hati. Selain itu dukungan dari orang-orang terdekat sangatlah mempengaruhi. Dibekali pengetahuan dan persiapan akan lebih baik dalam mencegah sindrom baby blues.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.