6 Efek Buruk yang Terjadi Pada Wajah Bila Kurang Tidur

Kecantikan dan Fashion

6 Efek Buruk yang Terjadi Pada Wajah Bila Kurang Tidur

Tidur nyenyak tak hanya berdampak baik untuk kesehatan. Tetapi, juga memiliki efek yang baik untuk wajah. Kecantikan pada wajah akan ikut berdampak jika Anda kurang tidur. Selain memiliki efek yang jelas seperti terlihat lelah, efek dari kurang tidur pada wajah ternyata ada yang hasilnya akan terlihat dalam jangka panjang.

Sehingga, tidur yang tepat menjadi hal penting untuk meremajakan pikiran dan tubuh Anda. Setelah tidur nyenyak, kulit Anda juga akan terasa segar kembali. Namun, penampilan kulit Anda akan berpengaruh juga bila kurang tidur. Bahkan, bisa memicu berbagai masalah kulit lainnya pada wajah, seperti jerawat, kulit kering, alergi kulit, dan lain-lain.

6 Efek Buruk yang Terjadi Pada Wajah Bila Kurang Tidur

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

Untuk lebih memahaminya, berikut ini efek buruk pada wajah bila kurang tidur yang dilansir dari boldsky.com (19/7/2019), agar Anda melakukan perubahan pada jam tidur mulai dari sekarang.

1. Kulit Kehilangan Cahaya

Kurang tidur menyebabkan peningkatan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang memicu peradangan di kulit dan membuat kulit kusam. Karena itu, ketika Anda tidak cukup tidur, kulit Anda kehilangan cahayanya dan cenderung menjadi kusam dan kering.

2. Timbul Jerawat pada Wajah

Efek utama lain dari kurang tidur adalah dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Bila kurang tidur, sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga kulit wajah pun lebih rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kurang tidur menyebabkan peningkatan peradangan kulit dan karenanya dapat menimbulkan jerawat.

3. Kondisi Kulit Memburuk

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan berjerawat, tetapi juga dapat memperburuk kondisi kulit yang mungkin Anda miliki. Jadi, jika Anda menderita jerawat atau kondisi kulit lainnya, Anda perlu perhatikan pola tidur. Karena, tidur nyenyak justru akan membantu menyembuhkan kulit lebih cepat.

4. Penuaan Kulit Lebih Cepat

Tidur yang tepat sangat penting untuk meremajakan kulit Anda dan menjaganya agar tetap sehat. Kurang tidur juga bisa mengurangi produksi kolagen di kulit, sehingga dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, kurang tidur juga mempercepat proses penuaan kulit.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

5. Kulit Kering

Saat Anda tidur, tubuh Anda tidak hanya meremajakan dirinya sendiri, tetapi juga meningkatkan hidrasi. Oleh karena itu, tidur yang cukup melembapkan tubuh dan membuatnya tetap terhidrasi. Dan jika Anda tidak cukup tidur, itu akan menyebabkan kulit kering dan juga berbagai masalah yang datang dengan memiliki kulit kering.

6. Kantong Di Bawah Mata dan Lingkaran Hitam

Area di bawah mata Anda cukup sensitif sehingga mudah terpengaruh, terutama saat kurang tidur. Salah satu efek yang paling terlihat dari kurang tidur tercermin di area bawah mata Anda. Lingkaran hitam, mata bengkak dan kantong di bawah mata Anda lebih sering disebabkan karena kurang tidur. Adanya kantong di bawah mata dan lingkaran hitam juga bisa merusak seluruh penampilan Anda.

Itulah enam efek buruk yang bisa terjadi pada wajah bila kurang tidur. Jadi, jangan sampai keenam efek di atas terjadi pada Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.