6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran

Kuliner

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran

Hari Raya Idulfitri merupakan sebuah momentum yang ditunggu seluruh umat muslim karena hari raya ini menjadi ajang bersilaturahmi antarkeluarga, tetangga hingga kerabat. Bahkan, tidak jarang pula sebagian orang yang meskipun satu keluarga, mereka hanya bisa bertemu di hari Lebaran.

Biasanya, di saat hari raya banyak sekali hidangan khas Lebaran yang disajikan untuk para tamu yang datang bersilaturahmi. Bicara mengenai hidangan Lebaran, masyarakat Betawi memiliki hidangan tersendiri yang selalu ada di meja tamunya. Berikut hidangan favorit khas Betawi yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Tape Uli

1. Tape Uli

Makanan tradisional Betawi ini pasti hanya ditemukan di setiap rumah orang Betawi. Tidak jarang juga tamu-tamu yang bukan keturunan Betawi justru berharap bertemu tape uli saat bersilaturahmi di hari Lebaran ke rumah orang Betawi.

[Baca Juga: 5 Tips Belanja Kue Lebaran Kiloan Murah dan Enak]

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Manisan Buah Atep (Kolang-kaling)

2. Manisan Buah Atep (Kolang-kaling)

Mayoritas masyarakat Betawi sangat menyukai hidangan yang satu ini. Jadi, kolang-kaling menjadi salah satu jenis makanan yang wajib di hari Lebaran.

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Kue Satu

3. Kue Satu

Kue Satu sebenarnya sudah jarang ditemui di rumah-rumah orang Betawi. Padahal, rasanya cukup enak karena manis dan lezat untuk disantap saat Lebaran. Namun, kue satu ini memang hanya disajikan masyarakat Betawi.

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Dodol Betawi

4. Dodol Betawi

Dodol Betawi juga menjadi hidangan Lebaran khas masyarakat Betawi. Jika Anda bersilaturahmi ke rumah orang Betawi, Anda mungkin bisa bertemu jenis makanan manis hitam kecokelatan yang satu ini.

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Biji Ketapang

[Baca Juga: Festival Ramadan Bernuansa Betawi Akan Digelar di Setu Babakan]

5. Biji Ketapang

Bagi masyarakat Betawi, Lebaran belum lengkap tanpa kehadiran biji ketapang. Sehingga, kue kering khas Betawi ini biasanya juga menjadi sajian makanan di meja tamu.

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Sayur Godok

6. Sayur Godok

Sayur godok merupakan makanan khas Betawi yang disantap bersama ketupat. Namun tidak hanya itu, masyarakat Betawi biasanya menyantapnya dicampur dengan semur tahu, semur daging atau jengkol, telur, dan kerupuk saat Hari Raya Idulfitri.

Itulah sajian makanan khas Betawi yang biasanya dijumpai di meja tamu rumah orang Betawi. Nah, bagi Anda yang memiliki keturunan dari budaya Betawi, apakah di rumah Anda saat ini sudah ada keenam sajian makanan di atas?

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.