6 Jenis Cat Tembok Dan Setiap Fungsinya

Properti dan Solusi

6 Jenis Cat Tembok Dan Fungsinya Bagi Rumah Anda

Memilih warna yang tepat bagi rumah merupakan salah satu kunci penting untuk memiliki hunian idaman. Tidak heran saat akan menentukan warna cat rumah, tak jarang pemilik mengalami kebingungan. Pasalnya, mereka takut memilih warna yang salah dan akan mengganggu kenyamanan penghuni rumah tersebut.

Fungsi dari cat tidak hanya sebagai pewarna, namun juga untuk melindungi permukaan dinding atau tembok dari bangunan. Seperti yang dilansir oleh Freshome.com (11/11/15), bahkan cat tembok juga dapat berfungsi untuk membantu mental psikologis. Hal ini dapat dibuktikan sendiri dengan berada di ruangan yang warna catnya tidak disukai atau tidak sesuai, maka seseorang pun menjadi tidak nyaman.

[Baca Juga: Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC]

Saat ini, tersedia juga berbagai macam jenis cat. Mulai dari yang mahal hingga yang murah. Tidak hanya menyediakan cat yang digunakan untuk tembok rumah saja, namun kini sudah menyeluruh. Mulai dari yang dikhususkan untuk dinding bagian luar, bagian ruang tamu, kamar mandi, hingga atap rumah.

Agar tidak salah dalam membeli cat, Anda perlu tahu beberapa jenis cat yang banyak dipasarkan saat ini:

Alkyd Synthetic

Cat alkyd synthetic merupakan jenis cat yang mengilap. Kelebihan yang cat ini miliki adalah kuat dalam menghadapi udara lembap, serta tahan terhadap cahaya. Jenis cat ini juga cocok digunakan untuk mengecat kayu dan besi. Selain itu, Anda dapat menggunakan cat alkyd synthetic ini untuk interior maupun eksterior.

6 Jenis Cat Tembok Dan Setiap Fungsinya

Emulsi Styrene Acrylic

Cat yang mengandung bahan ini cocok pula digunakan sebagai pelindung dari cuaca panas dan jamur. Di dalam cat ini mengandung campuran aklirik yang baik. Emulsi styrene acrylic cocok digunakan untuk mengecat beton, batako, asbes, permukaan plesteran, maupun panel tripleks.

Wall Sealer

Cat jenis ini memiliki kemampuan yang baik dalam menutupi pori-pori permukaan dinding yang diplester, sehingga akan membuat permukaan dinding menjadi lebih halus. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadi perembesan pada dinding yang telah selesai dicat.

Zinc Chromate Primer

Bagi Anda memiliki rumah dengan banyak material terbuat dari besi atau bahan logam lainnya yang memiliki tendensi berkarat, ada baiknya menggunakan jenis cat ini sebagai perlindungan. Zinc Chromate primer, seperti namanya, memiliki kandungan zinc (seng) yang bagus untuk mencegah karat.

6 Jenis Cat Tembok Dan Setiap Fungsinya

Duco

Jenis ini merupakan cat yang paling banyak diketahui oleh orang, yakni cat duco atau cat dempul. Cat ini dapat digunakan untuk menutup bagian permukaan dan memiliki kerapatan yang lebih tinggi. Sehingga pada saat proses selanjutnya atau finishing bisa lebih mudah dan halus.

Polyurethane

Cat ini memiliki daya pelindung tinggi dan tahan terhadap goresan. Cat Polyurethane merupakan cat yang memiliki wujud transparan. Saat dialokasikan, cat ini akan memberikan efek mengkilap dan menjadikan permukaan yang dicat pun menjadi lebih halus.

[Baca Juga: Inilah 7 Kesalahan yang Anda Lakukan Ketika Mengecat Rumah]

Jika Anda berencana untuk mengecat rumah atau melakukan pengecatan ulang, sebaiknya membeli cat sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan toko cat maupun tukang, sebelum menentukan pilihan jenis cat yang dibutuhkan untuk rumah Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

Kesehatan

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

21 October 2019, 20:00  |  14 Views

Musik metal sering dianggap sebagai musik dengan konotasi yang negatif. Meski demikian, musik metal dipercaya dapat mengatasi masalah kegalauan.

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Kesehatan

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

21 October 2019, 19:00  |  16 Views

Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

Berita Kawasan

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

21 October 2019, 18:41  |  15 Views

Ajang tahunan ini bakal memberikan kesempatan bagi para diecaster untuk melihat dan memiliki diecast langka yang hanya tersedia di The 6th IDE 2019 saja.

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

Pendidikan

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

21 October 2019, 18:00  |  14 Views

Seminar ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan generasi milenial mengenai pengelolaan sektor pertanian di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.