6 Jenis Sampah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mendaur Ulang

Berita Kawasan

6 Jenis Sampah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mendaur Ulang

Sampah adalah masalah terbesar yang dihadapi manusia di muka bumi ini. Meskipun demikian, masih banyak yang menganggapnya remeh dan merasa tidak perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Bagi Anda yang sudah mulai mengetahui tentang masalah lingkungan terbesar umat manusia ini, tentu ada niatan untuk mulai mendaur ulang sampah. Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda mengenali dulu jenis-jenis sampah yang perlu Anda pilah-pilah sebelum membawanya ke tempat daur ulang.

Pengenalan jenis-jenis sampah ini diberikan dalam Kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung ini diselenggarakan Komunitas Omah Sindo. Komunitas ini yang berkolaborasi dengan tiga komunitas lain, yakni komunitas Peduli Ciliwung, Suara Sampah, dan #SayaPilihBumi. Para peserta kegiatan yang merupakan orangtua dan anak bukan hanya mendapatkan informasi yang berguna, tapi juga langsung praktik memilah sampah.

Mengintip Antusias Orangtua dan Anak Dalam Kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung

Dalam pengenalan jenis-jenis sampah plastik, mereka juga dijelaskan mengenai dampak jenis sampah ini terhadap lingkungan, kesehatan tubuh manusia, dan pada semua makhluk hidup di bumi. Materi diberikan oleh Praktisi Hidup Minim Sampah Andhini Miranda dan Relawan Komunitas Peduli Ciliwung Suparno Jumar kepada seluruh peserta kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung pada 13 Juli 2019 di Air Terjun Sukaresmi, Bogor yang dihadiri PingPoint.co.id.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

Sebanyak 58 peserta yang mengikuti kegiatan peduli lingkungan ini diedukasi agar bisa mengetahui jenis sampah plastik dan akibat dari penggunaan plastiknya. Andhini menjelaskan, jenis-jenis sampah plastik tersebut di antaranya:

  1. PETE (Polyethylene Terephthalate) contohnya botol plastik air minum kemasan
  2. HDPE (High Density Polyethylene) contohnya botol sampo
  3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride) contohnya pipa paralon
  4. LDPE (Low Density Polyethylene) contohnya botol saus
  5. PP (Polypropylene) contohnya cup kopi atau botol obat
  6. PS (Polystyrene) contohnya sterofoam

Mengintip Antusias Orangtua dan Anak Dalam Kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung

Di antara jenis sampah plastik tersebut ada yang seringnya tidak diterima pelaku daur ulang. Seperti jenis plastik PVC dan plastik dari kemasan camilan yang sering dikonsumsi banyak anak-anak. Kebetulan, di area lokasi kegiatan yang berada di tepi sungai dari Air Terjun Sukaresmi ada cukup banyak sampah yang tersebar di lingkungan tersebut. Sehingga, Andhini dan Suparno dengan mudah memberikan contoh dengan sampah yang ada di lokasi tersebut.

Andhini menemukan sampah plastik camilan chiki yang ternyata sering ditolak para pelaku daur ulang. Karena plastik tersebut berkategori multilayer atau kemasan tersebut tak hanya terbuat dari plastik yang tampak dari luar, namun di dalam kemasan tersebut ada jenis plastik aluminium. Sehingga, para pelaku daur ulang sulit mengolahnya karena mesti memisahkan kedua jenis plastik yang tergabung menjadi satu.

[Baca Juga: Nabung di Bank Sampah Ini Bisa Liburan ke Luar Negeri]

Setelah mengetahui perbedaan jenis sampah plastik, ada baiknya Anda mulai memilah sampah di rumah sendiri dan mengelompokkannya sesuai ketegori. Saat ini sudah banyak bank sampah di berbagai wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Atau lebih baik lagi, berhenti menggunakan plastik sekali pakai yang dapat menambah tumpukan sampah di muka bumi.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.