ads
PLUIT_GARAGE SALE_6 KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI KETIKA MENJALANKAN GARAGE SALE_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI-02.jpg

Garage Sale

6 Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Menjalankan Garage Sale

Salah satu cara untuk menambah pendapatan adalah dengan memulai bisnis. Anda bisa memilih bisnis sesuai karakter dan hobi Anda. Namun jika Anda tak memiliki modal yang besar, atau bahkan tidak punya modal, Anda bisa membuka bisnis garage sale. Tentunya Anda punya barang tidak terpakai yang kualitasnya masih bagus bukan? Misalnya baju, aksesoris, sepatu, atau bahkan buku bisa jadi barang jualan Anda.

Dalam bisnis ini, untungnya pun terbilang menjanjikan, mengingat modal yang Anda butuhkan hanya sedikit. Demi kesuksesan garage sale Anda. Tapi tentunya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisis tersebut. Anda harus menghindari kesalahan yang biasanya orang lakukan. Nah, melansir mystayathomeadventures.com, Senin (17/9/2018), kesalahan-kesalahan yang dimaksud antara lain:

  • Tidak Menyiapkan Uang Kembalian

Jika Anda ingin menjual sesuatu secara langsung inilah hal pertama yang harus Anda persiapkan. Pembeli biasanya memilih belanja menggunakan uang pecahan besar, sehingga Anda sebagai penjual harus menyiapkan uang kembalian. Jangan sampai, Anda meminta pembeli menunggu sembari Anda mencari uang pecahan. Siapkan pecahan Rp 5.000 – Rp20.000 yang jumlahnya disesuaikan dengan barang yang Anda jual. Jika barang yang Anda jual seharga Rp2.000.000 maka siapkan 50 persen dana untuk kembalian.

  • Barang Tidak Layak

Walaupun ini garage sale, di mana Anda bisa menjual barang bekas Anda, tentu Anda harus menyortir barang-barang yang akan Anda jual. Jangan sampai Anda menjual barang kotor atau robek. Jika barang yang Anda jual bisa dibersihkan, sebaiknya luangkan waktu untuk membersihkan. Semakin bersih barang akan meningkatkan daya jualnya.

[Baca Juga : 4 Tips Membeli Sepeda Bekas di Garage Sale]

  • Harga Terlalu Mahal

Tentunya Anda ingin meraup keuntungan dari garage sale. Namun jika harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi. mungkin pembeli tidak berminat untuk membeli, bahkan menawar pun enggan. Garage sale merupakan tempat dimana Anda dan pembeli bisa melakukan proses tawar menawar. Perlu diingat juga, yang Anda jual adalah barang bekas. Jika Anda menjual barang bekas berharga, misalnya perhiasan, lebih baik Anda menjualnya kepada toko perhiasan agar Anda mendapatkan harga yang Anda inginkan.

  • Tidak Memberi Harga Pada Produk

Bagaimana calon pembeli akan tahu harga barang yang Anda jual jika Anda tidak mencantumkan harga? Mungkin jika lapak Anda belum ramai orang, calon pembeli bisa menanyakan langsung ke Anda. Namun proses ini tidak efisien, apalagi jika barang yang Anda jual harganya bermacam-macam. Pastikan Anda menulis informasi harga dari barang yang Anda jual agar memudahkan calon pembeli.

  • Lapak Berantakan

Bukan hanya untuk garage sale saja, tentunya lapak penjual apapun yang berantakan tidak akan disukai oleh konsumen. Bagaimana konsumen bisa mempercayai kualitas barang yang Anda jual, bila lapak Anda saja berantakan dan kotor. Lapak garage sale yang rapi, bersih dan dihias dengan tepat tentunya akan mengundang calon pembeli datang ke lapak Anda.

  • Kurang Persiapan

Walau Anda baru pertama kali melaksanakan garage sale, pastikan Anda mempersiapkan kebutuhannya sebelum memulai. Biasanya hal-hal kecil yang sering kali terlupakan adalah plastik. Pastikan Anda membeli plastik yang ukurannya disesuaikan dengan barang yang Anda jual. Selain itu jangan lupa untuk terus mengiklankan garage sale Anda decara online maupun offline. Jika Anda membuat penanda berupa banner atau poster, pastikan denah atau alamat tertulis dengan lengkap dan jelas.

[Baca Juga : 6 Peralatan Dapur Bekas Ini Bisa Dibeli di Garage Sale]

Itulah enam kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh orang yang baru pertama kali mengadakan garage sale. Jika Anda memiliki niatan untuk membuka garage sale, pastikan tidak melakukan kesalahan di atas agar garage sale yang Anda jalankan mendulang kesuksesan.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  4 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads