KEBON JERUK-PENDIDIKAN-6 KIAT CERDAS SIAPKAN DANA PENDIDIKAN ANAK-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

6 Kiat Cerdas Siapkan Dana Pendidikan Anak

Sedia payung sebelum hujan. Ungkapan ini juga berlaku untuk keuangan Anda. Dana pendidikan tidak sedikit, untuk mengumpulkannya pun membutuhkan waktu yang cukup panjang. Karena itulah persiapan untuk mengumpulkan dana pendidikan perlu dilakukan jauh-jauh hari dan penuh pertimbangan.

1. Survei

Sebelum mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk pendidikan buah hati, Anda tentu memerlukan informasi mengenai biaya sekolah di tempat yang akan Anda pilih untuk si buah hati. Menurut parenting blogger Annisa Stevani dalam blognya, Anda harus mencari tahu mengenai sekolah sedini mungkin. Misalnya, cari tahu mengenai daycare sejak hamil atau cari TK dan SD sejak anak masih balita, sehingga tak terburu-buru dan punya banyak waktu untuk mempertimbangkan berbagai hal.

[Baca Juga: Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah]

2. Ketahui Biaya yang Diperlukan

Saat survei pastikan Anda tahu betul berapa biaya pendidikan secara terperinci. Bukan hanya biaya utama saja yang harus diketahui, namun administrasi tambahan lainnya. Setelah mengetahuinya, perhitungkan juga tingkat inflasi biaya pendidikan di sekolah tersebut. Jangan lupa perhitungkan pula ongkos dan makan anak saat bersekolah.

Pendidikan Anak

3. Buat Tabungan Terpisah

Jika sudah mengetahui perkiraan jumlah biaya yang dibutuhkan, mulailah menabung. Agar lebih efektif, gunakan tabungan lain. Buat tabungan terpisah yang dikhususkan untuk pendidikan anak. Mengutip dari economictimes.indiatimes.com, hal ini dibuat untuk menciptakan manajemen keuangan yang baik dan efektif. Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, pastikan setiap anak memiliki akun tabungan yang terpisah, karena kebutuhan pendidikan anak kerap kali berbeda.

4. Coba Reksadana

Kedua sumber di atas kompak menyatakan hal yang satu ini. Untuk menyiapkan dana pendidikan anak, coba gunakan reksadana. Tak ada salahnya menginvestasikan dana pendidikan buah hati, mengingat adanya inflasi pertahunnya, reksadana ini sangat menjanjikan dan bisa jadi salah satu cara mengatasi kenaikan biaya akibat inflasi.

[Baca Juga: Investasi Reksa Dana Yang Cocok Untuk Anak Muda]

5. Disiplin Menabung

Pendidikan adalah sesuatu hal yang pasti Anda lakukan. Sehingga Anda jangan sampai lalai dalam menyiapkan hal ini. Disiplin memang bukan sesuatu yang mudah, agar buah hati mendapatkan pendidikan terbaik. Anda tentu akan melakukannya bukan?

6. Kesampingkan Hal yang Tidak Perlu

Dibandingkan jalan-jalan ke luar negeri atau beli prabotan rumah yang tak begitu penting, lebih baik sisihkan uang Anda untuk dana pendidikan anak. Jangan terlalu santai, karena biaya pendidikan khususnya di kota besar, selalu naik. Bahkan naiknya pun tidak kecil, bisa sampai dua kali lipat.

Itulah kiat yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan untuk Anak. Baik tidaknya kualitas pendidikan, tentu akan menentukan masa depan si buah hati. Jadi, mari perhatikan pendidikan anak dari sekarang!


Read More

Artikel Lainnya

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.


Comments


Please Login to leave a comment.