6 Kiat Kenali Nilai Ekonomi Benda Pada Anak

Pendidikan

6 Kiat Kenalkan Nilai Ekonomi Benda Pada Anak

Mainan baginya adalah benda-benda yang wajib dimiliki. Dari yang bernilai ekonomi rendah sampai tertinggi dengan cara meminta kepada orangtua. Sekecil apapun benda yang dimiliki, anak perlu belajar mengenal nilai ekonomi dari benda tersebut.

Peran orangtua cukup vital untuk mengenalkan nilai ekonomi benda yang dimiliki anak. Berikut ini kiat-kiat mengenalkan nilai ekonomi benda pada anak seperti dikutip Sahabat Keluarga Kemendikbud (13/6/2019).

1. Ajarkan Menabung

Manakala anak meminta mainan jangan langsung menurutinya. Dorong mereka manabung untuk mencapai keinginannya, dengan begitu mereka akan mengenal nilai ekonomi benda. Meskipun terasa lambat, mereka akan belajar.

[Baca Juga: Tabung Sampah Agar Punya Nilai Ekonomis]

2. Berikan Jeda Waktu

Menanamkan pada anak bahwa ada saatnya untuk membeli barang keperluannya, semisal membeli sepatu ketika sepatu rusak. Jangan biasakan anak sepatunya masih bagus untuk membeli lagi. Berikan pengertian sedikit demi sedikit.

3. Menghargai Benda-Benda Miliknya

Dengan mengenal nilai ekonomi benda, anak akan menghargai benda miliknya dengan meletakkan pada tempat atau menyimpan dengan rapi. Karena anak sudah belajar bagaimana mendapatkan benda atau mainan itu dan mengetahui nilai ekonominya, dengan sedirinya anak menyadari bahwa benda itu berharga.

4. Kebermanfaatan Benda

Beritahukan pada anak mana benda yang bermanfaat dan mana yang bukan. Dengan begitu anak akan mengutamakan benda yang bermanfaat dan dibutuhkan. Anak masih memerlukan bimbingan dan arahan meskipun kecil itu amat mendasar dalam mengenal kebermanfaatan benda dan nilai ekonominya.

[Baca Juga: Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB 2019/2020]

5. Melatih Tanggung Jawab

Dengan tidak selalu menuruti keinginan anak saat itu akan menanamkan rasa tanggung jawab dan kesabaran. Apabila menginginkan sesuatu harus berusaha. Anak akan mengalami sendiri bagaimana belajar mencapai keinginannya dengan menyisihkan uang jajan untuk membeli apa yang diinginkan.

6. Melatih Kreativitas Anak

Ketika anak menginginkan mainan dengan mengetahui nilai ekonomi benda tersebut mahal maka anak bisa berkreasi sendiri. Dengan begitu akan melatih kreativitas mereka bahwa mainan tidak harus mahal, dengan bahan sederhana juga bisa menarik dan menyenangkan.

Itulah beberapa kiat mengenalkan nilai ekonomi benda terhadap anak. Dengan mengenalkan nilai ekonomi benda, anak akan lebih menghargai dan menjaga benda-benda yang dimilikinya. Selain itu, anak juga akan bisa memilih benda yang memiliki manfaatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan

Berita Kawasan

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan!

01 February 2023, 13:56

Bogor Street Festival Cap Go Meh yang akan digelar pada 5 Februari mendatang, selain memberikan keberkahan dalam hal ekonomi, juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan.

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.


Comments


Please Login to leave a comment.