6 Kiat Kenali Nilai Ekonomi Benda Pada Anak

Pendidikan

6 Kiat Kenalkan Nilai Ekonomi Benda Pada Anak

Mainan baginya adalah benda-benda yang wajib dimiliki. Dari yang bernilai ekonomi rendah sampai tertinggi dengan cara meminta kepada orangtua. Sekecil apapun benda yang dimiliki, anak perlu belajar mengenal nilai ekonomi dari benda tersebut.

Peran orangtua cukup vital untuk mengenalkan nilai ekonomi benda yang dimiliki anak. Berikut ini kiat-kiat mengenalkan nilai ekonomi benda pada anak seperti dikutip Sahabat Keluarga Kemendikbud (13/6/2019).

1. Ajarkan Menabung

Manakala anak meminta mainan jangan langsung menurutinya. Dorong mereka manabung untuk mencapai keinginannya, dengan begitu mereka akan mengenal nilai ekonomi benda. Meskipun terasa lambat, mereka akan belajar.

[Baca Juga: Tabung Sampah Agar Punya Nilai Ekonomis]

2. Berikan Jeda Waktu

Menanamkan pada anak bahwa ada saatnya untuk membeli barang keperluannya, semisal membeli sepatu ketika sepatu rusak. Jangan biasakan anak sepatunya masih bagus untuk membeli lagi. Berikan pengertian sedikit demi sedikit.

3. Menghargai Benda-Benda Miliknya

Dengan mengenal nilai ekonomi benda, anak akan menghargai benda miliknya dengan meletakkan pada tempat atau menyimpan dengan rapi. Karena anak sudah belajar bagaimana mendapatkan benda atau mainan itu dan mengetahui nilai ekonominya, dengan sedirinya anak menyadari bahwa benda itu berharga.

4. Kebermanfaatan Benda

Beritahukan pada anak mana benda yang bermanfaat dan mana yang bukan. Dengan begitu anak akan mengutamakan benda yang bermanfaat dan dibutuhkan. Anak masih memerlukan bimbingan dan arahan meskipun kecil itu amat mendasar dalam mengenal kebermanfaatan benda dan nilai ekonominya.

[Baca Juga: Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB 2019/2020]

5. Melatih Tanggung Jawab

Dengan tidak selalu menuruti keinginan anak saat itu akan menanamkan rasa tanggung jawab dan kesabaran. Apabila menginginkan sesuatu harus berusaha. Anak akan mengalami sendiri bagaimana belajar mencapai keinginannya dengan menyisihkan uang jajan untuk membeli apa yang diinginkan.

6. Melatih Kreativitas Anak

Ketika anak menginginkan mainan dengan mengetahui nilai ekonomi benda tersebut mahal maka anak bisa berkreasi sendiri. Dengan begitu akan melatih kreativitas mereka bahwa mainan tidak harus mahal, dengan bahan sederhana juga bisa menarik dan menyenangkan.

Itulah beberapa kiat mengenalkan nilai ekonomi benda terhadap anak. Dengan mengenalkan nilai ekonomi benda, anak akan lebih menghargai dan menjaga benda-benda yang dimilikinya. Selain itu, anak juga akan bisa memilih benda yang memiliki manfaatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.