6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah yang Nyaman

Properti dan Solusi

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah yang Nyaman

Dengan prospek kepemilikan rumah yang hanya sebatas angan bagi kebanyakan milenial, banyak dari mereka yang memilih menyewa kamar indekos, atau menyewa kamar di apartemen bersama teman. Kondisi ini sering menyebabkan Anda berpindah-pindah karena masa sewanya yang singkat. Anda pun malas membuat kamar tersebut menjadi rumah yang nyaman. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa lingkungan rumah yang buruk dapat menjadi pemicu stres.

Bila Anda ingin menjauhi stres akibat tempat tinggal yang tidak nyaman, ubahlah kamar menjadi rumah yang nyaman. Penata Interior dan Dosen Ilmu Tekstil yang berpengalaman Sian Thomas dari Cardiff Metropolitan University, Inggis memaparkan enam langkah menata kamar menjadi hunian yang nyaman. Berikut pemaparannya seperti dirangkum dari theconversation.com (22/7/2019).

[Baca Juga: 3 Warna Cat untuk Langit-langit Agar Ruangan Terasa Lebih Luas]

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Pilih Warna dan Pengecatan

1. Pilih Warna dan Pengecatan

Pilihlah tema warna dan coba untuk konsisten pada pilihan. Cara yang tepat untuk memulainya yaitu dengan memilih tiga warna. Warna pertama berperan sebagai warna utama, mencakup sekitar 60 persen dari ruangan, sementara warna kedua berperan sebagai warna pelengkap, mencakup 30 persen dan yang ketiga adalah aksen, hanya mencakup 10 persen dari ruangan.

Bila tempat yang Anda sewa mengizinkan untuk mengecat, lakukanlah. Warna dapat membantu menyampaikan suasana hati, jadi pikirkan baik-baik cat apa yang akan digunakan. Apakah Anda ingin kamar Anda terasa hidup? Pilihlah warna terang seperti kuning, merah muda, atau biru. Apa Anda ingin kamar Anda terasa lebih tenang? Pilihlah warna-warna halus.

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Ganti Seprai

2. Ganti Seprai

Seprai menutupi area permukaan yang cukup besar, sehingga desain dan warnanya benar-benar dapat memengaruhi ruangan. Jika Anda tidak mengecat dinding Anda, inilah saatnya menambahkan warna primer Anda. Jika anggaran Anda tidak cukup untuk seprai baru, berikut cara untuk mengkreasikan atau membuat seprai Anda dengan menggunakan pewarna kain. Anda bisa mewarnai seprai menggunakan satu dari banyak teknik Shibori atau menggunakan pulpen khusus kain untuk membuat desain motif sendiri.

[Baca Juga: Yuk, Jadikan Kamar Tidur Nyaman dan Tertata Baik]

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Tambahkan Bantal

3. Tambahkan Bantal

Tambahkan beberapa bantal dengan warna pelengkap dan aksen untuk disebar di tempat tidur. Belilah bantal polos dari toko barang bekas atau pasar dan tambahkan hiasan dan desain Anda sendiri. Anda dapat menggunakan teknik celup, cat kain, pulpen khusus kain, pompom atau rumbai-rumbai.

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Pajang Gambar

4. Pajang Gambar

Jika Anda punya foto untuk dipajang, toko barang bekas biasanya menjual pigura dengan harga miring dan bisa Anda cat dengan warna-warna yang berbeda menggunakan cat sampel dari toko perkakas. Dari pada menelusuri media sosial untuk melihat foto keluarga dan teman yang terkadang malah membuat semakin kesepian, Anda dapat menjepit foto-foto tersebut diuntai lampu kelap kelip atau bendera.

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Atur Pencahayaan

5. Atur Pencahayaan

Pencahayaan amat penting untuk mempengaruhi rasa dan suasana sebuah ruangan. Anda dapat menciptakan kehangatan di kamar Anda dengan lampu lantai dan lampu meja yang bisa dinyalakan di malam hari ketimbang menggunakan lampu utama. Hal ini membantu menciptakan pojok kamar yang nyaman dan perasaan santai tanpa cahaya lampu yang dipasang di langit-langit ruangan.

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Buku dan Tanaman

6. Buku dan Tanaman

Buku dan tanaman merupakan sentuhan akhir. Anda dapat menyusun buku-buku Anda sesuai warna untuk menciptakan warna efek pelangi yang cantik. Tanaman juga membawa sedikit kehidupan di dalam ruangan. Tumbuhan juga menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen, dan memiliki kapasitas untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan dapat mengurangi tekanan pada tubuh dan pikiran juga dapat memperbaiki suasana hati Anda.

[Baca Juga: Apartemen Bisa Jadi Hunian Sehat dengan Bantuan Tanaman]

Semoga dengan ini Anda terinspirasi menciptakan ruangan yang hidup dan menenangkan untuk melepas lelah di penghujung hari yang sibuk. Anggap saja kamar Anda sebagai rumah yang nyaman. Anda pun dapat lebih berkonsentrasi ketika belajar atau sedang memulai pekerjaan baru.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.