Langkah Praktis Tanpa Banyak Kotor Saat Memindahkan Tanaman Rumah ke Pot Baru

Properti dan Solusi

6 Langkah Praktis Tanpa Banyak Kotor Mengganti Pot Tanaman Rumah

Menjaga tanaman tetap hidup adalah satu hal, tetapi mengetahui persis kapan (dan yang lebih penting bagaimana) untuk memperbaiki tanaman, membutuhkan tingkat keterampilan berkebun di dalam ruangan yang baru. Alat berkebun yang tepat diperlukan, tentu saja, tetapi ternyata Anda tidak perlu mengotori rumah untuk mengganti pot tanaman hias dalam ruangan.

Menurut Joyce Mast dari Bloomscape "Plant Mom," langkah mengganti pot merupakan yang paling sulit dalam perawatan tanaman dalam ruangan. Namun, dia punya trik jitu sehingga hal ini dapat dilakukan dalam hitungan 15 menit.

Langkah Praktis Tanpa Banyak Kotor Saat Memindahkan Tanaman Rumah ke Pot Baru

Dengan langkah-langkah yang dimuat dalam realsimple.com (24/6/2020) berikut, Anda bisa membuat tanaman kesayangan tumbuh subur dan terus membesar dalam pot baru tanpa mengotori banyak hal.

Alat berkebun dalam ruangan yang dibutuhkan:

  • 1 pot (lebih disukai pot yang kira-kira 5 cm lebih besar dari pot yang sedang Anda gunakan)
  • Gunting tajam atau gunting pemangkasan
  • Media tanam atau tanah baru
  • 1 buah seprai atau kain lebar bekas

[Baca Juga: Yuk! Ubah Handuk Bekas Jadi Pot Tanaman nan Cantik]

1) Tentukan Apakah Tanaman Anda Membutuhkan Pot Baru

Tanda pasti bahwa tanaman Anda perlu diganti potnya adalah keberadaan akar yang terlihat. Akar tanaman yang muncul di bagian atas tanah (atau jika Anda menyaksikan akar tumbuh melalui lubang drainase di bagian bawah pot), siapkan alat berkebun Anda. "Itu pertanda bahwa tanaman Anda terhimpit akar dan membutuhkan lebih banyak ruang," kata Joyce Mast.

Petunjuk lain bahwa bayi tanaman Anda sangat membutuhkan rumah baru: jika air saat menyiram masuk ke dalam pot dan langsung keluar dari lubang drainase. Menurut Joyce, ini berarti komposisi akar terlalu dominan di dalam pot, menghasilkan rasio tanah dan akar tidak seimbang.

Ini Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

2) Pilih Area Berkebun dalam Rumah yang Pas

Jika area rumah Anda terbatas, pilihlah area terbuka seperti teras atau balkon. Tumpahan kotoran media tanam atau tanah tidak akan terhindarkan. Oleh karena itu, Joyce menyarankan penggunaan seprai atau kain bekas alih-alih koran untuk membantu menampung kotoran, potongan akar dan tanaman liar.

3) Pilih Pot yang Tepat

Saat memilih pot baru, pilih yang diameternya sekitar 5 cm lebih besar dari sebelumnya. Jika pot baru Anda melebihi batas 5 cm, tanaman Anda mungkin menderita, karena kelebihan tanah dapat menyebabkan tanaman basah dan kerusakan akar. Ingatlah untuk memilih pot dengan lubang drainase yang cukup. "Pot tanaman tanpa drainase jauh lebih rentan terhadap busuk akar dan kematian karena terlalu banyak air," kata Joyce mengenai kesalahan paling umum ketika berkebun dalam ruangan.

[Baca Juga: Ini 3 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara]

4) Tambahkan Media Tanam atau Tanah Baru ke dalam Campuran

Setelah Anda memilih pot yang Anda pilih, isilah sepertiga dengan tanah atau media tanam baru. Sebelum memasukkan tanaman ke pot baru, angkat tanaman dari pot lama dengan mengguncangnya untuk mendorong akarnya ikut naik. Lalu, dengan bantuan gunting tajam atau gunting pemangkasan, potong akar yang mati, lembek, berubah warna, atau terlalu panjang. Joyce juga menyarankan Anda untuk mengoles bilah dengan alkohol setiap memotong.

Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

5) Posisikan Tanaman

Selanjutnya, tempatkan tanaman di tengah pot baru. Hati-hatilah untuk menempatkan bagian atas bola akarnya (massa tanah dan akar semi-padat) sekitar 2,5 cm di bawah ujung atas pot. Isi pot dengan tanah atau media tanam dari pot sebelumnya. Rapikan di sekitar akar, sisakan ruang 2-3 cm antara tanah dan tepi pot. "Ini memungkinkan Anda untuk menyirami tanaman tanpa tumpah terlalu cepat," kata Joyce.

6) Siram Tanaman dengan Baik dan Cukup

Terakhir, sirami tanaman Anda dengan saksama — yaitu, sampai air mengalir bebas dari dasar pot. Setelah itu, biarkan tanaman "beristirahat" sehingga semua air mengalir dari pot baru Anda, lalu letakkan pot di atas tatakan pos baru. Jika air mulai mengotori cawan, biarkan tanaman beristirahat dari cawan selama beberapa menit lebih lama untuk mengalirkan air secara memadai.

Read More

Artikel Lainnya

Indonesia-dan-WHO-Kerja-Sama-Studi-COVID-19.jpg

Kesehatan

Sinergi Indonesia dan WHO Untuk Lakukan Studi COVID-19

03 July 2020, 15:00

Berpartisipasi dalam studi internasional ini adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai COVID-19.

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia.jpg

Pendidikan

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia

03 July 2020, 14:00

Ternyata aspek modernisasi di media pada era Orde Baru didorong Dahlan Iskan usai ia mengikuti program ILVI ke Amerika Serikat.

Hanya Dalam 4 Menit! Realme C11 Terjual 10.000 Unit .jpg

Bisnis

Hanya Dalam 4 Menit! Realme C11 Terjual 10.000 Unit

03 July 2020, 13:45

Tampaknya penjualan realme C11 berhasil jadi kesuksesan untuk realme Indonesia karena kurang dari lima menit, sudah ada 10.000 unit ponsel pintar ini yang terjual.

seni.jpg

Hobi dan Hiburan

Pemerintah Terus Dukung Industri Kreatif di Era Normal Baru

03 July 2020, 13:00

Diharapkan para pelaku ekonomi kreatif khususnya industri seni rupa tetap memiliki semangat tinggi, meski di masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.