Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Kesehatan

6 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata sangat baik bagi kesehatan. Tak perlu khawatir dengan perubahan warna kulit bila berjemur pagi hari. Ini karena kandungan sinar UV A dan UV B pada matahari masih tergolong aman, asalkan Anda memperhatikan durasi berjemur supaya tidak berlebihan.

Jika selama ini Anda ragu berjemur di bawah matahari pagi, mungkin karena belum mengetahui dampak positifnya bagi kesehatan. Dari sekian banyak manfaat sinar matahari, berikut ada beberapa, seperti yang PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber (13/9/2019):

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

1) Mendukung Proses Pembentukan Vitamin D

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, dan susu. Namun, sumber vitamin tersebut harus diolah kembali dalam tubuh agar menghasilkan vitamin D yang siap diserap tubuh. Oleh karenanya, tubuh Anda membutuhkan sinar matahari pagi untuk mendukung proses pembentukan vitamin D.

2) Mempercepat Penyembuhan Penyakit Kulit

Berjemur dapat mempercepat penyembuhan berbagai penyakit kulit kronis, seperti eksim, psoriasis, dan radang jerawat pun akan berangsur-angsur sembuh. Selain itu, bekas luka akibat penyakit kulit akan lebih cepat sembuh jika kulit Anda sering terpapar sinar matahari pagi. Warna kulit pada bekas luka akan kembali merata.

[Baca Juga: Hindari Radiasi Sinar Matahari dengan 5 Sunscreen Lokal Ini]

3) Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Pembuluh darah yang terkena sinar matahari pagi akan melebar hingga ukuran maksimal. Pelebaran pembuluh darah tentu akan melancarkan sistem peredaran darah secara keseluruhan. Darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi dari dan ke seluruh tubuh akan menjadi lancar. Jantung juga akan selalu sehat karena tak perlu bekerja ekstra keras saat mempompa darah.

4) Memperbaiki Mood

Sinar matahari pagi juga ampuh memperbaiki mood, karena sinar matahari pagi mendukung produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon tersebut berperan penting untuk mengatur suasana hati. Bila otak Anda memiliki hormon serotonin dengan jumlah yang mencukupi, konsentrasi dan suasana hati pun akan semakin stabil. Produktivitas Anda pasti terjaga dengan baik saat beraktivitas sepanjang hari.

[Baca Juga: Membuat Masker Cokelat untuk Wajah Kering, Kusam, dan Bersinar]

5) Mempertahankan Daya Tahan Tubuh

Tubuh seseorang yang memperoleh sinar matahari pagi dengan jumlah seimbang terbukti memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena sinar matahari pagi mendukung produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih tersebut berfungsi melawan zat asing dan radikal bebas yang berisiko menimbulkan penyakit.

6) Meningkatkan Kualitas Tidur

Sinar matahari pagi yang mengenai tubuh juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi melatonin. Hormon ini sangat penting bagi kualitas tidur Anda. Jika tubuh memproduksi hormon melatonin dalam jumlah cukup, maka Anda pun bisa tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Udara yang bersih dan kaya oksigen di pagi hari juga dapat membuat paru-paru Anda menjadi lebih segar. Cobalah untuk melakukan kegiatan olahraga ringan sambil berjemur di pagi hari, antara pukul 06.00-08.00 pagi. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.