6 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan

Ikan adalah salah satu makanan tersehat dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Ikan penuh dengan nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, vitamin D, kalsium, dan fosfor. Kandungan tersebut merupakan sumber mineral seperti besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. Ikan juga merupakan salah satu sumber nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan serta meningkatkan fungsi kognitif.

Tak heran, pemerintah aktif mengkampanyekan untuk aktif dan suka makan ikan. Namun dengan kandungannya yang begitu kaya, apa saja manfaat mengonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh? Merangkum dari boldsky.com (28/5/2019) ini mah sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan ketika rutin makan ikan.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

1. Mencegah Alzheimer

Penelitian dari The Journal Of American Medical Association pada tahun 2016 menyatakan, mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan masalah ingatan pada otak manusia. Kandungan yang ada dalam ikan mampu mencegah degenerasi sel-sel otak dan memburuknya fungsi otak selama usia tua, sehingga ikan mampu mencegah penyakit Alzheimer.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan, karena kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam ikan mampu mengurangi trigliserida, yaitu pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Mengobati Depresi

Mengkonsumsi ikan secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin di otak. Ikan juga mampu mengobati dan mengurangi gejala yang berkaitan dengan depresi. Hal ini berkat adanya kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan.

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata dengan memberi nutrisi pada otot dan saraf mata. Maka dari itu, mengonsumsi ikan secara teratur dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah timbulnya masalah terkait penglihatan.

5. Mengobati Radang Sendi

Lagi-lagi, kandungan asam lemak omega-3 dapat mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. asam lemak ini juga mampu mengurangi gejala sendiri, ditambah dengan adanya Vitamin E dalam ikan, tak pelu lagi takut sakit sendiri saat Anda rajin makan ikan.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Rupanya ikan juga mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pankreas, dan lain sebagainya. Manfaat ini bisa Anda rasakan berkat adanya asam lemak omega-3 pada ikan sehingga dapat mencegah sel kanker berkembang biak secara tidak normal.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan ketika rutin mengonsumsi ikan.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.