6 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan

Ikan adalah salah satu makanan tersehat dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Ikan penuh dengan nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, vitamin D, kalsium, dan fosfor. Kandungan tersebut merupakan sumber mineral seperti besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. Ikan juga merupakan salah satu sumber nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan serta meningkatkan fungsi kognitif.

Tak heran, pemerintah aktif mengkampanyekan untuk aktif dan suka makan ikan. Namun dengan kandungannya yang begitu kaya, apa saja manfaat mengonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh? Merangkum dari boldsky.com (28/5/2019) ini mah sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan ketika rutin makan ikan.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

1. Mencegah Alzheimer

Penelitian dari The Journal Of American Medical Association pada tahun 2016 menyatakan, mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan masalah ingatan pada otak manusia. Kandungan yang ada dalam ikan mampu mencegah degenerasi sel-sel otak dan memburuknya fungsi otak selama usia tua, sehingga ikan mampu mencegah penyakit Alzheimer.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan, karena kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam ikan mampu mengurangi trigliserida, yaitu pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Mengobati Depresi

Mengkonsumsi ikan secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin di otak. Ikan juga mampu mengobati dan mengurangi gejala yang berkaitan dengan depresi. Hal ini berkat adanya kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan.

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata dengan memberi nutrisi pada otot dan saraf mata. Maka dari itu, mengonsumsi ikan secara teratur dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah timbulnya masalah terkait penglihatan.

5. Mengobati Radang Sendi

Lagi-lagi, kandungan asam lemak omega-3 dapat mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. asam lemak ini juga mampu mengurangi gejala sendiri, ditambah dengan adanya Vitamin E dalam ikan, tak pelu lagi takut sakit sendiri saat Anda rajin makan ikan.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Rupanya ikan juga mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pankreas, dan lain sebagainya. Manfaat ini bisa Anda rasakan berkat adanya asam lemak omega-3 pada ikan sehingga dapat mencegah sel kanker berkembang biak secara tidak normal.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan ketika rutin mengonsumsi ikan.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.