pingpoint

MATRAMAN_GARAGE SALE_6 MANFAAT MEMBELI BARANG DI GARAGE SALE_KIKI-01.jpg

Garage Sale

6 Manfaat Membeli Barang di Garage Sale

Salah satu metode untuk meraih pundi-pundi rupiah dengan cara mudah adalah menjual barang-barang milik kita melalui metode garage sale. Karena metode ini terbilang mudah dan Anda tidak perlu memerlukan izin berjualan layaknya seperti di toko-toko untuk menjual barang-barang bekas Anda.

Namun, tidak semua garage sale dapat sukses karena membutuhkan usaha Anda yang bersifat “ekstra” jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Tapi tenang saja, artikel ini akan memberikan sejumlah tips untuk membantu Anda menjual barang-barang di garage sale yang akhirnya akan memberikan keuntungan untuk Anda. Berikut ini tipsnya:

Perencanaan Garage Sale

Langkah pertama yang harus Anda ambil tentu saja perencanaan, khususnya penentuan waktu kapan diadakannya garage sale tersebut. Normalnya, Anda bisa memilih untuk mengikuti event garage yang sering diadakan di berbagai kawasan Jakarta. Tapi Anda juga bisa mengadakannya secara mandiri.

Bila memutuskannya secara mandiri, Anda bisa memilih waktu pada saat weekend pagi yang kerap dimanfaatkan orang-orang untuk bersantai serta berolahraga. Semakin pagi, maka kesempatan untuk menarik perhatian orang-orang pun semakin besar. Bisa saja Anda menjadwalkan garage sale dari pukul 06.00 hingga 12.00 siang.

Jangan lupa cuaca juga menjadi faktor yang penting. Anda bisa melihat ramalan cuaca terlebih dahulu karena cuaca cerah merupakan faktor pendukung dalam meningkatkan penjualan barang di garage sale.

Kumpulkan dan Sortir Barang

Saat sudah menentukan waktu, maka langkah selanjutnya adalah mulai mengumpulkan serta melakukan sortir barang apa yang Anda akan jual di garage sale. Sediakan kotak kardus dan Anda bisa menuliskan label di kotak tersebut misalnya baju atau celana. Kemudian Anda mulai melakukan pengecekan terhadap barang-barang apa saja yang sekiranya sudah tidak tidak digunakan lama atau tidak muat dipakai lagi.

Hal-hal yang biasanya laku terjual adalah charger ponsel, kabel USB, baju-baju yang masih layak dipakai serta sepatu. Untuk sepatu, disarankan Anda memasukannya ke kotak aslinya agar lebih terkesan rapi dan dapat meningkatkan harga jualnya.

Promosikan Garage Sale Anda

Setelah mengumpulkan dan mencatat barang-barang yang akan dijual maka langkah selanjutnya adalah membuat orang-orang tahu mengenai garage sale Anda. Langkah paling mudah adalah memasang plang sederhana di depan rumah Anda yang menjelaskan bahwa Anda akan mengadakan garage sale. Selain plang, Anda juga bisa memilih menggunakan spanduk kecil bila memutuskan untuk memanfaatkan mobil Anda sebagai “lapak”.

Selain itu, Anda juga bisa mengiklankannya sebanyak-banyaknya mengenai garage sale Anda melalui media sosial. Baik dari Instagram hingga Facebook, Anda bisa memotret dan mengunggah barang-barang yang akan Anda jual agar semakin menarik perhatian para pembeli. Facebook Market Place juga cocok dimanfaatkan oleh Anda untuk mempromosikan garage sale.

Penataan Barang

Ini merupakan hal yang penting sebelum garage sale Anda dimulai. Sekira satu jam sebelum proses jual-beli dimulai maka Anda mulai perlu mempertimbangkan penataan barang agar ketika di-display nantinya menjadi menarik.

Bila mengadakan garage sale di area rumah, Anda perlu mempersiapkan meja untuk menyusun serta menata barang-barang yang akan dijual atau dengan kata lain Anda perlu memetakan letak-letak dari barang tersebut. Selain itu jangan lupa rak khusus untuk menggantung baju-baju Anda layaknya seperti di toko-toko jadi para calon pembeli dapat memilih sambil melihat-lihat.

Harga

Ini merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan di akhir. Mengapa? Karena hanya Anda yang tahu berapa harga beli barang yang akan dijual tersebut dan ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan harga di garage sale. Jangan lupa, pembeli akan berusaha untuk menawar harga yang sudah Anda tentukan, jadi ada baiknya jika Anda sedikit meningkatkan harganya.

Karena ada indikator kemungkinan tawar menawar maka Anda perlu bersabar ketika sedang menghadapi calon pembeli. Catatan utama, jangan dengan mudah mengalah dalam tawar menawar karena walau calon pembeli pertama merasa tidak cocok dengan harganya, namun masih ada calon pembeli lainnya.

Jadikan calon pembeli pertama tersebut sebagai bahan penentuan ambang batas harga jual barang Anda. Misalnya Anda menjual baju yang dihargai Rp50.000 dan calon pembeli menawar hingga Rp25.000 yang menyebabkannya tidak ada kesepakatan. Dari sana Anda bisa mempertimbangkan untuk melepaskan baju tersebut minimal di harga Rp35.000-Rp30.000 agar tidak terlalu jauh dari harga yang Anda tentukan sebelumnya.


Artikel Lainnya

Bintaro-Kesehatan-4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah-Yakub 1.jpg

Kesehatan

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama. Tak hanya itu, manusia sesungguhnya butuh ‘teman’ yang rutin menemani ketika aktivitas lowong.

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Kesehatan

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Memasuki usia 6 bulan, bayi Anda perlu diberikan makanan penunjang ASI agar bisa belajar menyantap makanan padat.

Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alami. Meskipun begitu, mengonsumsi bahan makanan sehat seperti minyak zaitun bisa membantu kulit terlihat muda.

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Kesehatan

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga terkenal dengan kelezatan buahnya dan bisa diolah untuk berbagai jenis makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu, buah naga juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.


Please log in to leave a comment.