6 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Air putih merupakan konsumsi wajib setiap manusia. Walau tak berasa, setiap manusia perlu minum setidaknya 7-8 gelas air setiap hari untuk menghidrasi tubuh. Namun tahukah Anda jika air hangat memiliki manfaat yang istimewa jika dibandingkan dengan air dengan suhu normal?

Tradisi pengobatan Tiongkok dan India kuno, menyarankan setiap orang untuk memulai hari dengan segelas air hangat. Hal ini akan membantu sistem pencernaan dan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Minum air hangat memiliki banyak manfaat, misalnya meredakan hidung tersumbat dan bahkan bisa membuat tubuh lebih relaks.

Anda dianjurkan meminum air hangat ketika habis makan atau tiga atau empat kali setiap minggu secara teratur. Air hangat juga memiliki manfaat lain untuk tubuh, mengutip dari boldsky.com (13/6/2019) inilah manfaat minum air hangat untuk kesehatan

[Baca Juga: Ini Bahaya Meminum Kopi Saat Puasa dan Perut Kosong]

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat dapat membantu proses pemecahan timbunan lemak dari tubuh dan berfek dnegan turunnya berat badan. Ketika Anda minum air hangat, tubuh Anda akan menurunkan suhu internal dan meningkatkan metabolisme.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Air hangat dapat membantu memecah timbunan lemak yang ada di sistem saraf. Sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu organ peredaran darah untuk mengembang dan membawa darah secara lebih efektif ke seluruh tubuh.

3. Menghilangkan Racun

Minum ari hangat juga mampu membantu mengeluarkan semua racun berbahaya dari tubuh, sehingga metabolisme tubuh lebih baik. Ketika minum air hangat secara teratur, sistem endokrin tubuh aktif menyebabkan keluarnya racun lewat keringat.

4. Membantu Pencernaan

Air hangat juga bisa membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Saat air hangat melewati perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeluarkan kotoran dengan cepat. Air putih juga bertindak sebagai pelumas yang membuat pencernaan terus berjalan dengan lancar.

[Baca Juga: Tema Leaving No One Behind Di Peringatan Hari Air Sedunia]

5. Meredakan Rasa Sakit

Dengan rutin minum air hangat, manfaat lain yang bisa dirasakan adalah meningkatkan aliran darah ke jaringan sehingga memungkinkan otot untuk relaks. Hal ini dapat membantu semua jenis rasa sakit, seperti nyeri sendi hingga kram menstruasi pada wanita. Jika Anda menderita sakit perut, sakit kepala, atau tubuh sakit, minumlah segelas air hangat untuk meradakan rasa sakitnya.

6. Mengelola Stres

Air hangat juga merupakan pilihan yang tepat jika Anda merasa sedang stres. Air hangat mampu membuat Anda lebih relaks. Air hangat mampu menurunkan jumlah kortisol dalam otak. Kortisol merupakan hormon yang menyebabkan stres.

Itulah manfaat minum air hangat untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan. Konsumsi secara rutin atau minimal minum saat baru bangun tidur.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.