6 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

6 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak sedikit ahli gizi mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengkonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal.

Selain kandungan serat yang tinggi, oatmel juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin) yang berperan penting dalam memproduksi energi.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Guna mengetahui lebih luas manfaat oatmel bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa penjabaran seperti dikutip dari laman Ciputra Hospitals (15/4/2019).

  • Menurunkan Kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan koleterol LDL (low density lipoprotein) atau biasa dikenal kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol.

  • Mengurangi Risiko Hipertensi

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung tapi juga menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Rekomendasi untuk wanita menopause, yang cenderung berisiko hipertensi harus makan setidaknya enam porsi oatmeal atau biji-bijian. Konsumsi satu mangkuk sereal oatmeal per hari bagi pria juga bisa kurangi risiko gagal jantung.

Tinggi Antioksidan

Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL (high density lipoprotein) atau dikenal dengan koleterol baik. Senyawa ini juga melindungi koleterol jahat (LDL) dari proses oksidasi yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

[Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi]

  • Mencegah Pengerasan Arteri

Aventhramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini mampu mencegah arteri dari pengerasan. Aventhramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri yang dapat menyebabkan ateroklerosis atau peradangan pada pembuluh darah. Wanita menopause yang makan enam porsi serealia untuk seminggu juga dapat mengurangi risiko berkembangnya ateroklerosis.

  • Mencegah Perkembang Kanker Payudara

Wanita yang mengkonsumsi serat dalam jumlah tinggi memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara, terutama jika serat berasal dari gandum. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker.

Mencegah Pengembangan Diabetes

Selain kaya serta, oatmeal merupakan sumber magnesium yang mempu mengatur insulin kadar glukosa. Untuk mendapatkan manfaat optimal, bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes.

[Baca Juga: Warga Semper Barat Berhasil Tuntaskan Kasus Gizi Kurang]

Itulah beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh mengkonsumsi oatmeal untuk penderita diabetes dan jantung. Untuk mengoptimalkan manfaat yang didapat, bisa melakukan pola hidup yang sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.