6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor.jpg

Kuliner

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor

Satu lagi makanan khas Bogor yang wajib Pointers coba, yaitu doclang. Doclang merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang sudah ada sejak era 60-an. Pada jaman dulu, menu ini sering disajikan pagi hari untuk menu sarapan. Namun, di jaman sekarang Pointers bisa menikmati doclang kapan saja. Sekilas tampilannya memang mirip seperti kupat tahu. Namun, tentu ada perbedaan dengan kupat tahu biasa.

Doclang dibuat dari campuran tahu goreng, telur rebus, kentang rebus, dan pesor atau lontor nasi yang dibungkus daun patat yang membuatnya memliki aroma yang lebih wangi. Campuran tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang sudah dibumbui, umumnya doclang disajikan dengan menu pelengkap seperti tauge, selada atau kerupuk.

Di Bogor sendiri, penjual doclang sudah banyak tersebar, jadi Pointers tidak akan sulit mencari penjual Doclang untuk mencicipinya. Berikut ini lima rekomendasi tempat doclang enak di Bogor yang bisa jadi pilihan.

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor 1.jpg

1) Doclang 405

Kedai Doclang yang satu ini sudah buka sejak tahun 2002 lalu dan sering buka hingga 24 jam. Doclang di kedai ini terdiri dari kupat tahu, tahu goreng, kentang goreng, dan telur rebus. Kecuali telur rebus, semua bahan dipotong-potong dan disiram bumbu kacang serat diberi kecap manis. Sebagai pelengkap diberikan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Nama Doclang 405 sendiri didapat dari perintisnya yaitu H. Aos, beliau menjelaskan angka 4 mewakili huruf A, angka 0 mewakili huruf O, dan angka 5 mewakili huruf S. Sehingga 405 berarti AOS. Diketahui juga Pak Aos sudah merintis usaha doclangnya sejak tahun 1882 yang mana kemudian usahanya menjadi turun-temurun sejak tahun 2002. Doclang 405 ini berlokasi di Jembatan Merah, tepatnya di Jalan Veteran, Bogor atau persis di samping Toko Terang. Seporsi Doclang 405 dijual mulai dari Rp10.000.

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor 2.jpg

2) Doclang Pak Oyen

Satu lagi penjual Doclang yang berlokasi di Jembatan Merah, yaitu Doclang Pak Oyen. Seperti Doclang pada umumnya, Doclang Pak Oyen terdiri dari lontong nasi yang dibungkus dengan daun patat, tahu, dan kerupuk, yang membedakan ialah saus kacangnya yang cukup lembut, gurih, dan memiliki sedikit rasa pedas menjadikan Doclang Pak Oyen berbeda dengan doclang yang lain.

[Baca Juga: Cungkring, Kuliner Legendaris Khas Bogor yang Masih Menjadi Favorit]

Jika ingin menikmati Doclang Pak Oyen, Pointers harus ekstra bersabar dalam mencari kedai doclangnya, cukup sulit menemukan kedai Doclang Pak Oyen karena tidak adanya plang jualan atau petunjuk yang menunjukkan arah ke kedai Doclang Pak Oyen. Kedai Doclang Pak Oyen pun bisa dibilang hanyalah kedai kecil dan sederhana yang berada di bawah pohon rindang. Namun, kedai Doclang Pak Oyen tidak pernah sepi dengan pembeli. Satu porsi Doclang Pak Oyen dijual mulai dari Rp7.000.

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor 3.jpg

3) Doclang Pak Odik

Doclang Pak Odik juga bisa menjadi pilihanPointers yang ingin mencicipi kuliner khas Bogor ini. Diketahui pemiliknya yang bernama Sodiq sudah mulai berjualan doclang dengan cara berkeliling sejak tahun 1976 di sekitar Pasir Kuda sampai Gunung Batu, Bogor. Kemudian sejak tahun 1995, Pak Odik mulai menyewa sebuah kedai sederhana dan mulai berjualan doclangnya di kedai tersebut hingga sekarang.

Kedai Doclang Pak Odik buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 2 pagi. Kini, usaha Doclang Pak Odik diteruskan oleh anaknya bernama Ismail. Untuk rasa dari Doclang Pak Odik pun masih mempertahankan cita rasa aslinya sampai sekarang. Pembelinya pun tidak hanya datang dari warga Bogor saja, melainkan pembeli dari luar Bogor pun rela datang jauh demi menikmati seporsi Doclang Pak Odik. Tentu Doclang Pak Odik ini bisa menjadi rekomendasi karena bumbu kacang yang dipakai dalam campurannya ditambahkan dengan kacang mede. Satu porsi Doclang Pak Odik dijual mulai dari Rp10.000.

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor 4.jpg

4) Doclang Pak Ambing

Satu lagi rekomendasi tempat doclang di Bogor, yaitu kedai Doclang Pak Ambing. Kedai yang berlokasi di Jalan Abesin Nomor 6B, Pabaton, Bogor Tengah ini bisa menjadi pilihan Pointers. Di kedai Pak Ambing, doclang racikannya masih mempertahankan keaslian cita rasa dari Pak Ambing sendiri dari dulu hingga sekarang. Satu porsi Doclang Pak Ambing dengan harga yang terjangkau. Meskipun sederhana, tapi rasa Doclang Pak Ambing patut diperhitungkan. Terlebih saus kacang yang disiram pada doclang Pak Ambing yang memiliki tekstur cukup kental. Menambah kenikmatan makan seporsi doclang.

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor 5.jpg

5) Doclang Abah Jujun

Doclang Abah Jujun bisa menjadi pilihan lain bagi Pointers yang ingin mencicipi seporsi doclang. Berlokasi di sisi kali di pelataran ruko Perumahan Haji Indonesia, Jalan Tumenggung Wiradiredja, Cimahpar, Bogor ini mempunyai rasa yang khas. Awalnya Abah Jujun berjualan doclang dengan cara berkeliling sejak tahun 1970. Kini usaha Doclang Abah Jujun diteruskan oleh anak dan menantunya.

[Baca Juga: Roti John, Makanan Hits yang Perkaya Kuliner Bogor]

Sama seperti doclang pada umumnya yang berisikan lontong dan tahu disiram dengan saus kacang yang khas, karena saus kacang Doclang Abah Jujun yang terbuat dari kacang kedelai dengan butiran kedelai yang masih terasa di lidah. Doclang Abah Jujun ini juga bisa ditambahkan gorengan, seperti bakwan sesuai dengan selera Pointers. Dijual dengan harga mulai dari Rp10.000, Pointers sudah bisa menikmati seporsi Doclang Abah Jujun, tidak jarang juga Abah Jujun memberikan ekstra bumbu atau kerupuk untuk porsi doclangnya.

6 Rekomendasi Tempat Doclang Enak di Bogor 6.jpg

6) Doclang Mantarena

Ada lagi doclang yang berada di Jalan Mantarena. Biarpun populer dengan nama Doclang Mantarena, namun pada gerobak dagangnya bertuliskan Doclang Ole2 Bogor. Kuliner doclang di kawasan ini hanya dijual pada pagi hari untuk menu sarapan saja, jadi untuk Pointers yang ingin mencicipi Doclang Mantarena harus datang pagi-pagi, karena menjelang siang hari stok Doclang Mantarena ini sudah habis terjual.

Doclang Mantarena ini identik dengan lontong nasinya yang lembut, dengan satu porsi Doclang Mantarena dijual mulai harga Rp6.000 dan pembeli sudah bisa mendapat bonus air teh tawar gratis yang disediakan oleh penjualnya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat doclang di Bogor yang bisa Pointers pilih. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.