6 Sanggar Budaya Dari Luar Bogor Ramaikan Helaran Seni Budaya 2019

Berita Kawasan

6 Sanggar Budaya Dari Luar Bogor Ramaikan Helaran Seni Budaya 2019

Helaran Seni Budaya Kota Bogor 2019 telah diselenggarakan pada 30 Juni 2019. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-537 Kota Bogor 2019. Acara selebrasi ulang tahun Kota Bogor ini mengusung tema Melalui Seni Budaya, Bogor Guyub dan Damai.

Ketua panitia Achsin Prasetyo menyebutkan, acara ini dimulai pada pukul 07.00 WIB di depan Balai Kota Bogor, iring-iringan yang melewati jalan Jendral Sudirman kemudian berakhir di Air Mancur. Tari Rampak Wanoja membuka acara yang diikuti oleh iring-iringan dan pasukan Kujang Pajajaran. Para pejabat Kota Bogor yang terdiri dari, Wali Kota beserta Wakilnya, Ketua DPRD, dan pimpinan Muspida berkuda, diikuti para istri yang menaiki kereta kencana.

[Baca Juga: Gubernur Jakarta Hadir di Perayaan Hari Jadi ke-537 Kota Bogor]

Bukan hanya ada pagelaran budaya, di acara tersebut ada parade fashion show pengrajin Batik Bogor, tak ketinggalan ada pula Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) bersama karyawannya mengikuti dengan pakaian adat Sunda.

Dilansir dari kotabogor.go.id (28/6/2019) sebanyak enam sanggar budaya perwakilan dari Kabupaten atau Kota Provinsi Jawa Barat mengikuti Helaran Seni Budaya Kota Bogor 2019 ini. Masing-masing sanggar menampilkan kesenian yang berbeda-beda yang menunjukkan khas daerahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi saat menggelar rapat koordinasi (rakor) di kantornya mengatakan, enam Kabupaten atau Kota yang ikut memeriahkan helaran tersebut antara lain,

  1. Kabupaten Bogor,
  2. Kabupaten Purwakarta,
  3. Kabupaten Bandung Barat,
  4. Kabupaten Ciamis,
  5. Kabupaten Subang,
  6. Kabupaten Karawang.

[Baca Juga: Perayaan Hari Jadi ke-537 Kota Bogor Digelar Meriah]

Shahlan kembali menjelaskan, Kabupaten Bogor menampilkan seni helaran Rahwana Pejah, Kabupaten Purwakarta seni helaran Genye, Kabupaten Bandung Barat seni helaran Badingkut, Kabupaten Ciamis seni helaran Mabokuy, Kabupaten Subang seni Ubrug atau Sisingaan dan Kabupaten Kerawang seni helaran Egrang.

Shahlan menuturkan, selain sanggar dari luar Kota Bogor, beberapa sanggar budaya dari Kota Bogor juga ikut tampil meramaikan dan memeriahkan acara ini dengan memperlihatkan kreasinya, antara lain Sanggar Getar Pakuan, Sanggar Edas, Sanggar Dewi Sri dan beberapa sanggar lain


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.