6 Taman Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Cempaka Putih

Berita Kawasan

6 Taman Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Cempaka Putih

Kecamatan Cempaka Putih yang terletak di Jakarta Pusat adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Senen. Kecamatan ini berbatasan dengan Kemayoran di sebelah utara, Johar Baru dan Senen di sebelah barat, Pulogadung di sebelah timur, dan Matraman di sebelah selatan. Cempaka Putih terletak di bahu Jalan Letjen Suprapto. Kawasan sekitar Cempaka Putih ini memiliki enam taman yang menjadi bagian dari ruang terbuka hijau. Berikut adalah taman-taman yang dimaksud.

1. Taman Danau Singkarak Tanah Abang

Taman Danau Singkarak yang terletak di Jalan Danau Singkarak, secara fisik keberadaannya bersebelahan dengan drainase kota yang bermuara di kali Krukut. Taman dengan luas sebesar 2.340 meter persegi, merupakan taman lingkungan yang diperuntukan bagi warga jalan Danau Singkarak dan sekitarnya.

Berdasarkan konsep perancangannya taman ini merupakan taman aktif yang dilengkapi dengan sarana permainan anak, bangku taman dan jalan setapak. Jenis tanaman yang mendominasi taman adalah jenis pohon Angsana (Pterocarpus indicus), dan beberapa pohon Tanjung (Mimusops elengi) serta Mangga (Mangifera indica). Taman yang bersebelahan dengan jalan raya ini, pada waktu sore hari cukup ramai dimanfaatkan oleh anak-­anak maupun para remaja untuk bermain.

2. Taman Salemba Beluntas Senen

Taman dengan luas sekitar 199 meter persegi ini terletak di belakang Rumah Sakit Carolus, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Taman ini merupakan taman interaktif yang berada pada daerah padat bangunan. Di dalam taman ini terdapat area bermain anak dan jogging track.

[Baca Juga : Jogging Aman dan Sehat di Kota Wisata Cibubur]

Ruang terbuka hijau ini merupakan solusi untuk mengurangi dampak dari polusi udara, efek global warming, serta ruang bermain anak yang hampir sudah tidak ada. Taman ini berfungsi sebagai pertemuan masyarakat untuk bersantai, melepas lelah, dan berinteraksi.

3. Taman Cempaka Putih XXVII

Taman Cempaka Putih XXVII dengan luas 145.764 meter persegi merupakan taman lingkungan yang terletak di dalam kompleks perumahan sederhana sampai mewah. Taman yang bersih dan rapi ini, salah satu sisinya berbatasan dengan dinding rumah penduduk. Meskipun berada di dalam kompleks, perumahan taman ini berpagar dengan ketinggian pagar yang relatif rendah sekitar 40 cm. Pemagaran taman tidak lain, agar taman tetap eksis dan tertata sehingga fungsi taman sebagai ruang hijau lingkungan dapat tetap dipertahankan.

Dari konsep penataannya, nampak bahwa fungsi taman sebagai taman pasif dan lebih ditekankan sebagai fungsi ekologis, daripada fungsi sosial budayanya. Hal ini nampak dari fasilitas yang disediakan relatif minim, tapi dari tanaman yang ada cukup untuk memberikan kesegaran bagi lingkungannya.

4. Taman Cempaka Putih XXXIII

Taman lingkungan dengan luas 1.585,05 meter persegi berada di kompleks perumahan mewah di kecamatan Cempaka Putih. Taman yang cukup rimbun dengan berbagai jenis tanaman pohon besar maupun pohon kecil, terlihat memiliki konsep sebagai taman semi aktif, yang lebih difungsikan sebagai taman ekologis. Sebagai taman ekologis, jenis tanaman yang ditanam antara lain: Kayu manis (Cinnamomum iners), Kelapa (Cocos nucifera), Kassia (Cassia sp.) dan beberapa tanaman jenis Palem (Palmae sp.). Tanaman tersebut bersama-sama dengan tanaman jenis pohon lainnya kanopinya saling menyambung dan membentuk ruang teduh.

Fasilitas yang disediakan oleh taman antara lain, jalan setapak, plaza, bangku taman dan lampu taman.

5. Taman Fly Over Cempaka Putih

Taman Fly Over Cempaka Putih atau yang dikenal juga dengan nama Taman Toyota ini terletak di bawah ruas jalan tol Pluit-Tanjung Priok. Taman ini adalah salah satu hasil kerjasama antara Dinas Pertamanan DKI Jakarta dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Taman ini merupakan ruang terbuka hijau jalan. Taman ini berperan untuk mengurangi polusi kendaraan yang dihasilkan setiap hari di kawasan sekitarnya yang termasuk kawasan padat kendaraan. Polusi merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi Kota Jakarta. Tingkat polusi ini dapat dikurangi dengan membangun kawasan-kawasan hijau terutama di pinggir jalan. Selain itu, taman ini juga berfungsi untuk peningkatan estetika dan keselamatan pengguna jalan.

[Baca Juga : Kalibata City Green Palace dan Konsep Kawasan TOD]

Dengan konsep penghijauan jalan, pepohonan menjadi unsur utamanya. Namun, unsur pelengkap lainnya seperti semak berbunga tidak dilupakan untuk menambah nilai estetis taman jalur hijau jalan ini. Dengan desain penanaman yang organik membuat taman ini tidak terlihat kaku dan terkesan melembutkan suasana jalan raya yang padat kendaraan.

6. Taman Gunung Agung Senen

Taman yang sebenarnya merupakan jalur hijau Kwitang membentang sepanjang 777 meter persegi, dari jalan Menteng Raya sampai perempatan Pasar Senen. Taman yang cukup tertata rapi, ditanami oleh beberapa Palem Raja. Sebagai salah satu contoh taman kemitraan antara PT Gunung Agung dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, taman ini terletak di kawasan komersial dan bersebelahan dengan pompa bensin, serta dilengkapi fasilitas bangku taman, bak bunga dan lampu taman.

Meskipun perannya sebagai jalur hijau, serta konsep penataannya sebagai sebuah taman semi pasif, maka seringkali dimanfaatkan warga Jakarta, terutama karyawan yang berkantor di sekitarnya sebagai tempat untuk melepas lelah. Kerimbunan dari kelompok Pohon Kelapa (Cocos nucifera) dan pohon Tanjung (Mimusops elengi), telah membentuk ruang-ruang teduh kota sehingga membantu menurunkan suhu panas kota Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.