6 Tip Jaga Kesehatan Agar Siap Mudik

Kesehatan

6 Tip Jaga Kesehatan Agar Siap Mudik

Mudik merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Lebaran. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh perantau maupun transmigran. Masyarakat yang beradu nasib di Jakarta, kembali bertemu keluarga saat Hari Raya Idulfitri. Tradisi ini biasanya dipersiapkan hampir sebulan sebelum tanggal keberangkatan, karena para pemudik harus mempersiapkan banyak hal di antaranya kesehatan.

Maka dari itu, dilansir dari beberapa sumber (28/5/2019) inilah beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk jaga kesehatan sebelum berangkat ke kampung halaman.

  1. Periksa Kesehatan Sebelum Berangkat

Sebelum menempuh perjalanan panjang, ada baiknya Anda memastikan jika tubuh Anda prima. Periksa kesehatan ke dokter sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemeriksaan ini tentu akan berfungsi sebagai pencegahan. Jika Anda mengidap suatu penyakit tententu, mengonsumsi obat-obatan dan istirahat yang cukup agar saat kembali ke kampung halaman dalam kondisi yang segar.

[Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bekasi Sebar Tenaga Medis di 11 Posko Mudik]


2. Siapkan Obat-Obatan

Jika saat pemeriksaan tubuh Anda sehat, namun karena harus menempuh perjalanan panjang. Siapkan obat-obat wajib seperti obat pusing, obat demam, obat flu, antibiotik, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa plester dan obat luka untuk pertolongan pertama.

3. Jaga Pola Makan
Menjaga pola makan agar tetap sehat saat mudik merupakan hal terpenting. Mengonsumsi makanan yang sehat bukan akan baik saat Anda pergi mudik, namun juga untuk kesehatan jangka panjang. Hindari makanan pedas dan bersantan yang berlebihan. Perbanyak makan buah-buahan terutama untuk pengemudi. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

4. Istirahat yang Cukup

Miliki tidur dan istirahat yang berkualitas agar perjalanan Anda lancar. Jika Anda pengemudi, pastikan waktu tidur Anda cukup sehingga tubuh menjadi lebih fit. Jika Anda mudik dengan mobil pribadi, usahakan setiap 4 jam sekali beristirahat, sedangkan untuk pengemudi motor luangkan waktu setiap 2 jam sekali untuk lakukan peregangan tubuh selama 10-15 menit.

[Baca Juga: Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Arus Mudik Lebaran]



5. Menjaga Emosi dan Konsentrasi

Menjaga emosi tetap stabil dan konsentrasi saat berkendara merupakan hal yang wajib dilakukan setiap pengendara. Hal ini diperlukan untuk memerhatikan kondisi jalan dan rambu-rambu di jalan.

6. Utamakan Kebersihan

Saat sedang berada di perjalanan mudik, Anda terpaksa harus melakukan segala kegiatan di perjalanan. Maka dari itu, pastikan tangan Anda tetap bersih khususnya sebelum memegang makanan untuk dikonsumsi. Tangan yang bersih membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Itulah tips jaga kesehatan untuk Anda yang akan menjalankan mudik di Hari Raya Idulfitri tahun 2019 ini.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.