6 Tip Jaga Kesehatan Agar Siap Mudik

Kesehatan

6 Tip Jaga Kesehatan Agar Siap Mudik

Mudik merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Lebaran. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh perantau maupun transmigran. Masyarakat yang beradu nasib di Jakarta, kembali bertemu keluarga saat Hari Raya Idulfitri. Tradisi ini biasanya dipersiapkan hampir sebulan sebelum tanggal keberangkatan, karena para pemudik harus mempersiapkan banyak hal di antaranya kesehatan.

Maka dari itu, dilansir dari beberapa sumber (28/5/2019) inilah beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk jaga kesehatan sebelum berangkat ke kampung halaman.

  1. Periksa Kesehatan Sebelum Berangkat

Sebelum menempuh perjalanan panjang, ada baiknya Anda memastikan jika tubuh Anda prima. Periksa kesehatan ke dokter sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemeriksaan ini tentu akan berfungsi sebagai pencegahan. Jika Anda mengidap suatu penyakit tententu, mengonsumsi obat-obatan dan istirahat yang cukup agar saat kembali ke kampung halaman dalam kondisi yang segar.

[Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bekasi Sebar Tenaga Medis di 11 Posko Mudik]


2. Siapkan Obat-Obatan

Jika saat pemeriksaan tubuh Anda sehat, namun karena harus menempuh perjalanan panjang. Siapkan obat-obat wajib seperti obat pusing, obat demam, obat flu, antibiotik, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa plester dan obat luka untuk pertolongan pertama.

3. Jaga Pola Makan
Menjaga pola makan agar tetap sehat saat mudik merupakan hal terpenting. Mengonsumsi makanan yang sehat bukan akan baik saat Anda pergi mudik, namun juga untuk kesehatan jangka panjang. Hindari makanan pedas dan bersantan yang berlebihan. Perbanyak makan buah-buahan terutama untuk pengemudi. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

4. Istirahat yang Cukup

Miliki tidur dan istirahat yang berkualitas agar perjalanan Anda lancar. Jika Anda pengemudi, pastikan waktu tidur Anda cukup sehingga tubuh menjadi lebih fit. Jika Anda mudik dengan mobil pribadi, usahakan setiap 4 jam sekali beristirahat, sedangkan untuk pengemudi motor luangkan waktu setiap 2 jam sekali untuk lakukan peregangan tubuh selama 10-15 menit.

[Baca Juga: Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Arus Mudik Lebaran]



5. Menjaga Emosi dan Konsentrasi

Menjaga emosi tetap stabil dan konsentrasi saat berkendara merupakan hal yang wajib dilakukan setiap pengendara. Hal ini diperlukan untuk memerhatikan kondisi jalan dan rambu-rambu di jalan.

6. Utamakan Kebersihan

Saat sedang berada di perjalanan mudik, Anda terpaksa harus melakukan segala kegiatan di perjalanan. Maka dari itu, pastikan tangan Anda tetap bersih khususnya sebelum memegang makanan untuk dikonsumsi. Tangan yang bersih membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Itulah tips jaga kesehatan untuk Anda yang akan menjalankan mudik di Hari Raya Idulfitri tahun 2019 ini.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.