1.jpg

Properti dan Solusi

6 Tips Dekorasi Rumah dengan Konsep Minimalis, Cocok untuk Keluarga Baru!

Baru-baru ini, konsep rumah minimalis sedang menjadi tren di tengah-tengah masyarakat. Konsep minimalis mengedepankan kesederhanaan, efisien, dan efektivitas dalam setiap desainnya. Dengan kesederhanaan ini pula, semua barang yang ditata di dalam rumah akan terlihat lebih rapi dan efisien.

Bagi keluarga baru, tentu konsep ini sangat direkomendasikan. Karena keluarga baru cenderung membutuhkan ruang yang sederhana. Karena belum banyak kebutuhan dan kepentingan yang dilakukan di dalam rumah. Oleh karenanya, konsep rumah minimalis ini sangat cocok untuk pasangan yang baru memulai rumah tangga.

[Baca Juga: 5 Trik Dekorasi Kamar Kost Agar Lebih Rapi]

Meski terlihat sederhana, tapi memiliki rumah dengan konsep minimalis membutuhkan komitmen. Karena, akan ada tantangan yang harus dihadapi ketika mulai menempati rumah tersebut. Salah satunya adalah kesusahan dalam menata barang-barang karena ruang yang terbatas. Oleh karenanya, memilah barang prioritas dan tidak penting untuk dilakukan.

Khusus untuk para keluarga yang hendak memilih konsep rumah minimalis sebagai hunian, berikut ini adalah enam tips dekorasi rumah dengan konsep minimalis.

2.jpg

1) Hindari Penggunaan Bunga Sebagai Tanaman Hias

Tanaman satu ini memang agak susah jika hendak dijadikan sebagai salah satu dekorasi di dalam ruangan. Perawatannya yang membutuhkan tenaga ekstra, ditambah penyiraman yang harus dilakukan setiap hari, membuat tanaman ini lebih cocok jika ditempatkan di luar ruangan. Jika ingin menempatkan tanaman hias sebagai dekorasi ruangan, pilih alternatif tanaman hias yang perawatannya mudah seperti sukulen dan kaktus.

3.jpg

2) Hindari Pola yang Kompleks

Hindari penggunaan pola yang terkesan ramai dan rumit pada dekorasi ruangan. Misalnya pada dekorasi dinding, pilihlah wallpaper dinding dengan motif sederhana atau polos, agar dinding rumah terlihat lebih sederhana sesuai dengan konsep kesederhanaan dari rumah minimalis. Disisi lain, pola yang kompleks lebih cocok diterapkan pada rumah dengan skala yang lebih besar.

4.jpg

3) Hindari Pemilihan Warna yang Berlebihan

Salah satu cara termudah untuk mewujudkan konsep hunian minimalis adalah melalui pemilihan warna dasar dari rumah. Pemilihan warna yang terlalu cerah dan kompleks, kurang cocok diterapkan pada konsep hunian minimalis. Pilih warna-warna netral, atau jika menginginkan sedikit sentuhan warna, pilih warna-warna lebut seperti biru tua, hijau yang menenangkan, atau merah muda.

6.jpg

4) Atur Penyimpanan Barang

Inti dari konsep hunian minimalis adalah kesederhanaan dan jauh dari kesan berantakan. Oleh karena itu, penyimpanan barang-barang yang ada di dalam rumah harus benar-benar maksimal. Atur penyimpanan barang seperti detergen, taplak, dan produk rumah tangga lainnya sedemikian rupa. Jangan biarkan barang-barang tersebut terlihat memenuhi setiap sudut ruangan.

5.jpg

5) Atur Barang-barang di Dapur

Ibu rumah tangga umumnya sangat gemar mengoleksi peralatan masak. Tapi, untuk mewujudkan rumah minimalis, sebaiknya kurangi penggunaan alat-alat masak yang kiranya jarang digunakan. Atau, jika ingin menyimpan alat-alat masak tersebut, sebaiknya simpan pada tempat tertentu yang tidak dapat dilihat seseorang. Hal itu bertujuan agar dapur tetap terlihat rapi.

7.jpg

6) Pemilihan Furnitur yang Tepat

Pada umumnya, furniture yang ada di dalam rumah minimalis akan memberikan kesan rapi dan bersifat fungsional. Karena, pemilihan furnitur dengan ukuran yang terlalu besar juga dapat mengganggu dan mengurangi ruang kosong di dalm rumah. Disisi lain, hal tersebut juga kurang sesuai dengan konsep hunian minimalis. Gunakan sofa ukuran kecil yang tidak terlalu banyak aksesoris. Hindari penggunaan meja atau lemari ukir kuno yang cenderung berukuran besar.

Itulah, 6 tips dekorasi rumah dengan konsep hunian minimalis. Konsep minimalis sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah, karena pasangan baru cenderung suka dengan konsep kesederhanaan yang ditawarkan oleh konsep hunian minimalis tersebut. Disisi lain, pemilihan dekorasi yang tepat juga mempengaruhi kenyamanan dari hunian minimalis tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.