1.jpg

Properti dan Solusi

6 Tips Membuat Rumah Aman Saat Ditinggal ke Luar Kota

Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan sewaktu anak-anak libur sekolah adalah dengan berwisata bersama keluarga ke luar kota. Ketika ditinggal ke luar kota, tentu rumah dalam kondisi tanpa penjagaan, karena ditinggal oleh semua anggota keluarga. Selain itu, tentu terdapat beberapa barang berharga seperti barang elektronik, surat-surat penting, uang tunai, hingga perhiasan.

Masalah ini pun sering kali dimanfaatkan oleh para komplotan penjahat spesialis rumah kosong. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang liburan dengan anggota keluarga. Karena ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk menghindari pencurian rumah ketika ditinggal bepergian. Dan berikut ini adalah enam tips untuk membuat rumah aman saat ditinggal bepergian ke luar kota.

7.jpg

1) Kunci Semua Pintu dan Jendela

Cara membuat rumah aman saat ditinggal liburan ke luar kota yang pertama adalah dengan mengunci semua pintu dan jendela yang ada di rumah. Sebab, pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya maling atau pencuri ke dalam rumah.

Setelah mengunci semua pintu dan jendela, jangan biasakan menaruh kunci dibawah keset atau di dalam pot. Sebab, tempat-tempat tersebut merupakan daerah yang paling sering digunakan untuk menyimpan kunci dan mudah ditemukan oleh komplotan pencuri.

4.jpg

2) Cabut Semua Colokan Listrik dan Gas

Selain mengunci semua pintu dan jendela, mencabut semua colokan listrik dan gas yang ada di rumah juga wajib dilakukan. Sebab, suka atau tidak, korsleting listrik sering menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah.

Itu sebabnya semua colokan yang masih terpasang pada stop kontak wajib dicabut. Selain itu, cabut juga selang gas yang masih terpasang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Periksa juga kondisi keran air, dan pastikan semua keran air dalam keadaan mati ketika ditinggal pergi.

3.jpg

3) Simpan Semua Barang Berharga di Tempat yang Aman

Selain mengunci pintu dan mencabut semua colokan listrik, cara membuat rumah aman saat liburan berikutnya adalah menyimpan semua barang berharga seperti uang tunai, perhiasan, dan surat-surat berharga di tempat yang aman. Apalagi jika rumah hendak ditinggal dalam waktu yang sangat lama. Maka sebaiknya barang-barang berharga disimpan di dalam sebuah brankas besi.

2.jpg

4) Buat Rumah Terlihat Ramai

Rumah yang terlihat kosong akan menjadi sasaran empuk maling untuk menggasak semua harta benda yang ada di rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, memasang lampu yang bisa dinyalakan dan dimatikan secara otomatis bisa menjadi solusi. Tujuannya tentu saja untuk mengecoh para penjahat. Tidak berhenti di situ, dengan menempatkan beberapa pasang sandal dan sepatu di depan rumah, juga dapat membuat rumah terlihat ramai.

6.jpg

5) Beri Tahu Saudara atau Tetangga Dekat

Penting untuk memberi tahu saudara atau tetangga dekat jika hendak pergi berlibur ke luar kota bersama keluarga. Tujuannya supaya keluarga dekat ataupun tetangga bisa memantau rumah yang sedang ditinggalkan tersebut.

Selain itu, kunci rumah bisa dititipkan kepada para tetangga ataupun keluarga dekat. Agar mereka bisa membantu menyalakan atau mematikan lampu yang ada di rumah sehingga rumah tidak terlihat kosong.

5.jpg

6) Pasang CCTV

Cara membuat rumah aman saat ditinggal liburan ke luar kota yang terakhir adalah dengan memasang sistem alarm atau CCTV untuk memantau kondisi rumah. Alarm akan berbunyi ketika rumah dimasuki secara paksa dan mengundang tetangga atau petugas keamanan untuk bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

Selain itu, sistem CCTV yang dipasang juga mampu merekam semua aktivitas yang terjadi di dalam rumah sehingga akan memudahkan petugas kepolisian untuk mengusut pelaku kejahatan yang beraksi di dalam rumah.

Itu tadi adalah 6 tips untuk menjaga rumah agar tetap aman ketika ditinggal bepergian ke luar kota. Selalu ingat, jika kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Maka dari itu, sebisa mungkin perkecil kesempatan para penjahat untuk melakukan aksinya dengan ENAM tips diatas.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.