6 Tren Bisnis di Indonesia Sepanjang Tahun 2018

Bisnis

6 Tren Bisnis di Indonesia Sepanjang Tahun 2018

Sepanjang tahun 2018 ini, banyak sekali tren yang muncul di Indonesia. Salah satu yang ramai jadi perbincangan adalah tren dan perkembangan bisnis. Ini bisa terjadi karena sektor tersebut tidak pernah berhenti berinovasi. Dilansir dari thenextscoop.com, berikut adalah beberapa tren bisnis yang sempat naik daun dan ramai diperbincangkan tersebut.

1. Artifical Intelligence, Machine Learning, dan Internet of Things

Artifical Intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia. Biasanya, kecerdasan ini digunakan dalam suatu mesin berupa PC atau ponsel. Teknologi ini mudahnya bisa Anda rasakan pada ponsel pintar yang berupa fitur pengenal objek atau wajah. Sedangkan machine learning (ML) merupakan cabang aplikasi dari AI itu sendiri.

[Baca Juga: 4 Bisnis Online ini Punya Prospek Besar di Tahun 2019]

Dilansir dari teknosains.com, ML berfokus pada pengembangan sistem yang bisa belajar sendiri tanpa harus di-update. Anda bisa menemukan sistem ML dengan mudah pada chat bot, SIRI, Google-Assistant, dan lain sebagainya. Sedangkan, Internet of Thing (IoT) menurut idcloudhost.com adalah konsep sebuah objek yang memiliki kemampuan data untuk mentransfer data melalui sebuah jaringan. Dengan teknologi ini, Anda bisa melakukan tracking pengiriman barang dari layar PC atau ponsel, berbagi data dari cloud, atau memanfaatkan jaringan berbagai platform.

2. Digital Banking

Digital banking sebenarnya bukan lah hal yang baru, namun di tahun 2018 semakin marak. Hampir semua bank di Indonesia, berlomba-lomba meluncurkan mobile banking atau layanan digital perbankan. Pertumbuhan perbankan di dunia bahkan diprediksi akan naik hingga 2 Miliar per tahun 2020.

3. Kaum Milenial Menguasai Pasar

Di tahun 2018 ini, pasar dikuasai milenial. Kaum milenial memiliki cara pandang yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini lebih aktif di dunia digital dan konsumen aktif. Generasi ini juga lah yang menyebabkan banyaknya alat dan strategi bisnis baru bermunculan demi kepentingan digital marketing.

4. Fintech

Menurut National Digital Research Centre, Irlandia, fintech atau financial technology merupakan inovasi layanan keuangan. Di awal tahun 2018, blockchain dan bitcoins mulai berkembang. Selain itu, alat pembayaran elektronik seperi Go-Pay dan OVO juga menyeruak di masyarakat.

Tidak berhenti sampai disitu, bisnis kredit online atau pinjaman online juga makin menjamur. Produk keuangan yang awalnya sulit didapatkan kini jadi lebih mudah diakses, selain itu keuntungannya juga sesuai dengan kemudahan yang diberikan.

5. Industri Konten Video

6 TREN BISNIS DI INDONESIA SEPANJANG TAHUN 2018-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Industri konten video memang sudah ada sejak zaman dahulu, namun semakin berkembang beberapa tahun ke belakang, khususnya di 2018. Semakin banyak orang yang mengandrungi industri ini. Bahkan, pelakunya datang dari berbagai umur. Industri ini menjadi salah satu alternatif marketing, pasalnya jangkauan audiece-nya lebih luas. Selain itu, Anda bisa mengembangkan brand awareness dengan tren ini.

6. Jasa Key Opinion Leader

Untuk Anda yang baru memulai bisnis baru, dana untuk promosi mungkin tak terlalu besar, bahkan cenderung minim. Padahal untuk mengenalkan bisnis, sangat diperlukan promosi atau iklan. Salah satu jasa promosi yang sedang digandrungi beberapa tahun belakangan ini adalah jasa Key Opinion Leader (KOL) atau infleuncer.

[Baca Juga: 4 Bisnis Online Paling Populer Sepanjang Tahun 2018]

Biasanya, KOL mampu memengaruhi dan mengubah cara pandang orang lain terhadap suatu produk. Sebagai pemilik brand, Anda bisa memilih KOL yang relevan dengan segmentasi bisnis Anda. Dibandingkan dengan artis, KOL memiliki hubungan yang lebih dekat dan intens terhadap audiensnya.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.