ads
DUREN SAWIT_PENDIDIKAN_6 WAHANA TMII UNTUK MENAMBAH WAWASAN PENDIDIKAN ANAK_EMIL-01.jpg

Pendidikan

6 Wahana TMII untuk Menambah Wawasan Pendidikan Anak

Taman Mini Indonesia Indah atau yang dikenal dengan singkatan TMII merupakan taman wisata yang memiliki area seluas 150 hektare. Kawasan ini ditujukan sebagai tempat rekreasi edukatif yang juga berguna untuk semakin mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

Jadi tidak heran bila banyak wahana di TMII berbentuk museum serta berupa taman yang memang memiliki tema pendidikan, khususnya untuk buah hati Anda. Banyaknya wahana di sini memang serasa tidak cukup bila didatangi seluruhnya dalam satu hari. Artikel ini akan merangkumnya menjadi enam wahana yang menarik dan berperan dalam menambah wawasan pendidikan buah hati Anda.

Museum Indonesia

Museum Indonesia merupakan museum di Taman Mini Indonesia Indah yang memamerkan beragam seni serta budaya suku bangsa asli Nusantara. Ketika dibangun pada 1975, museum ini memiliki tujuan utama yaitu menjadi pusat informasi dan pembelajaran mengenai kebudayaan Indonesia. Museum ini memiliki tiga lantai yang sesuai dengan falsafah Bali yakni Tri Hita Karana.

Museum Pusaka

Museum Pusaka menjadi tempat untuk melestarikan, merawat, mengumpulkan dan pusat informasi mengenai senjata tradisional khas Nusantara untuk generasi muda. Koleksi museum ini pun terbilang lengkap seperti keris Nagasasra Sabuk Inten dari zaman Mataram, kujang dari Zaman Pajajaran, keris Singa Barong Kinatah Mas, belati zaman Kerajaan Mataram dan lain-lain. Bentuk dari museum ini juga unik karena di atapnya terdapat hiasan berbentuk keris besar.

Museum Komodo dan Taman Reptil

Museum di TMII yang memiliki nama lengkap Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia ini memiliki misi bersama Taman Mini Indonesia Indah untuk memamerkan keanekaragaman satwa Nusantara. Dalam bangunan museumnya, terdapat beragam jenis hewan yang telah diawetkan dan dapat dijadikan pembelajaran untuk buah hati. Selain itu di Taman Reptil juga terdapat koleksi hewan-hewan hidup seperti komodo, ular, kura-kura, buaya dan lain-lain. Di taman ini terdapat wahana Taman Sentuh di mana buah hati Anda langsung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan jinak yang ada di sini.

Museum Timor-Timor

Museum yang berada di kawasan TMII ini awalnya merupakan Anjungan Daerah Timor-Timor yang diresmikan mantan Presiden RI, Soeharto. Namun karena Timor-Timor memisahkan diri dari Nusantara dan menjadi negara Timor Leste, anjungan tersebut dijadikan monumen serta museum untuk mengenalkan budaya Timor-Timor ke generasi penerus. Bangunan museum ini memiliki bentuk khas rumah penduduk Los Palos.

Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu

Museum ini memiliki tujuan untuk mengenalkan keanekaragaman serangga yang ada di Indonesia kepada masyarakat luas serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap alam. Koleksi dalam museum ini terdiri dari 250 jenis kupu-kupu, 150 jenis kumbang, serta ratusan jenis serangga lainnya. Banyak di antara serangga-serangga tersebut telah diawetkan dan dipamerkan di dalam berbagai diorama. Namun Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu juga memiliki hewan-hewan yang masih hidup dan acap kali dapat diajak interaksi dengan anak-anak yang mengunjungi tempat ini.

Taman Akuarium Air Tawar

Selain Sea World dan Jakarta Aquarium, DKI Jakarta juga memiliki akuarium besar lainnya yang memamerkan beragam ikan yakni di Taman Akuarium Air Tawar. Wahana yang memiliki koleksi ratusan spesies makhluk air ini berada di dekat danau buatan besar jadi tidak sulit untuk ditemukan ketika Anda mengunjungi TMII. Salah satu koleksi favorit di sini adalah ikan Arapaima Gigas-nya yang berukuran besar.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  7 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads