600 Jakpreneur Binaan Dinas PPAPP Ikut Bazar Online

Bisnis

600 Jakpreneur Binaan Dinas PPAPP Ikut Bazar Online

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta melaksanakan bazar online via Instagram dinas di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, sebanyak 600 UKM binaan atau Jakpreneur mengikuti bazar online ini terdiri dari kuliner, fesyen, dan kriya. Kegiatan ini berlangsung sejak 18 sampai 28 September 2020.

"Bazar ini dipecah untuk dilaksanakan di lima wilayah kota dan satu Kabupaten Kepulauan Seribu. Setiap wilayah kita berikan keleluasaan untuk menampilkan produk-produk terbaiknya," ungkap Tuty seperti dilnsir dari beritajakarta.id (23/9/2020).

Tuty menjelaskan, pandemi COVID-19 membawa dampak luar biasa kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah, terutama dalam pemasaran produk. "Belum lagi diberlakukannya PSBB tentu berdampak besar terhadap kesempatan konsumen untuk belanja secara langsung. Menyikapi situasi ini, maka kami melaksanakan kegiatan bazar online," urai Tuty.

600 Jakpreneur Binaan Dinas PPAPP Ikut Bazar Online

Dia menambahkan, bazar online ini membantu pemasaran produk Jakpreneur agar mendapat jangkauan yang lebih luas, lebih efektif dari segi waktu, tenaga, maupun biaya. "Diharapkan semangat berwirausaha Jakpreur semakin meningkat. Selain itu produk-produk mereka semakin eksis dan dapat meningkatkan pembelian serta pendapatan Jakpreneur," tandas Tuty.

Jadwal bazar online yang digelar Dinas PPAPP DKI Jakarta untuk Jakpreneur di Jakarta Pusat tanggal 18 September, Jakarta Utara tanggal 21-23 September, Jakarta Barat tanggal 25-26 September, Jakarta Selatan tanggal 25-27 September, Jakarta Timur tanggal 23-25 September, dan Kepulauan Seribu tanggal 28 September 2020.

Relaksasi Izin Usaha

Selain melakukan bazar online ada upaya lain yang dilakukan Pemprov DKI untuk membantu sektor ekonomi UMKM. Pertama adalah relaksasi pemberian Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), kemudian pemberian kredit pemula dan penyaluran dana pemulihan ekonomi oleh Bank DKI, lalu pembentukan koperasi di 12 kampung prioritas.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati memaparkan, sejak 6 Juli sampai 8 September 2020 tercatat sebanyak 43.950 IUMK yang sudah diterbitkan bagi pelaku UMK binaan Jakpreneur maupun non binaan.

"Sebagai gambaran dari bulan Januari sampai dengan Juni sebelum adanya relaksasi ini, izin yang diterbitkan hanya sekitar 6.952 dengan jalur yang biasa. Dan setelah kita lakukan relaksasi ini, kita sudah menambah 43.950 sehingga untuk 2020 saja sudah diterbitkan sebanyak 50.902 IUMK. Dengan total omzet yang dicatat oleh para pelaku UMK adalah sebesar Rp 369 miliar," terang Sri.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Gelar Bazar Ramah Lingkungan]

Untuk program pemberian kredit bagi pemula, jelas Sri, terdapat program 'Monas 25 Jakpreneur' dan penyaluran kredit program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Bank DKI. Diharapkan ini dapat memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM sebagai tambahan modal kerja maupun investasi.

"Pada periode September kurang lebih 153 UMKM dalam proses pengajuan kredit modal kerja dengan total penyaluran sebesar Rp 38,8 miliar. Angka ini akan terus bertambah, kita semua berupaya agar kredit bisa dimanfaatkan oleh semua UMK yang ada di Jakarta," ucap Sri.

Ketiga, adalah program yang merupakan terobosan dari Dinas PPKUKM yaitu memfasilitasi pembentukan koperasi. Terdapat 12 koperasi yang berada di kampung prioritas yang difasilitasi pembentukan koperasinya. "Tujuan didirikan koperasi berbadan hukum ini, diharapkan dapat membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya di kampung prioritas," pungkas Sri.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.