PIK_PROPERTI_INI DIA 7 CARA UNTUK MNEGUSIR KUTU KASUR_KIKI_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

7 Cara Efektif Mengusir Kutu Kasur

Pernahkah Anda merasa gatal hingga muncul bentol di kulit setelah tidur di kasur? Mungkin saja, kasur Anda menjadi tempat tinggal kutu kasur atau kutu busuk. Hewan yang masuk dalam kelas insekta ini merupakan jenis serangga parasit.

Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang menghisap darah makhluk berdarah panas termasuk manusia. Biasanya kutu busuk berkembang biak di lipatan tempat tidur, bantal, dan tempat tersembunyi lainnya. Kutu kasur akan menggigit mangsanya tanpa disadari dan lebih cenderung aktif pada malam hari.

[Baca Juga : Daftar Perabot Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru]

Bukan hanya berdiam diri di kasur, kutu busuk juga biasanya tinggal di sofa dan kursi. Tentunya kutu ini sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan Anda beristirahat. Maka dari itu, diperlukan beberapa cara untuk menghilangkan kutu busuk secara permanen dari kasur, kursi, atau sofa kesayangan Anda. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kutu kasur seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (13/8/2018).

  • Daun Mint

Dikutip dari Nakita, kutu kasur bisa dicegah dengan daun mint. Hancurkan daun mint kering secukupnya, kemudian taburkan di sekitar area tidur atau area dimana kutu kasur sering tinggal.

  • Minyak Jeruk

Campurkan satu ons gula merah, satu cangkir kompos, 4 liter air dan dua ons minyak jeruk. Kemudian semprotkan campuran bahan-bahan tadi ke zona yang Anda tuju. Kandungan D-limonene yang ada pada minyak jeruk bisa jadi insektisida yang menjadi racun untuk menghancurkan kutu kasur dalam beberapa detik.

  • Silica Gel

Untuk membasmi kutu, Anda hanya perlu menaburkan silica gel ke seluruh bagian kamar, kasur, dan sofa. Nantinya silica gel menghisap kutu kasur sehingga menempel dan tidak bisa bergerak. Silica gel akan mengikat kutu kasur dan kutu lambat laun akan mati dengan sendirinya.

  • Minyak Tanah dan Kapur Barus

Anda juga bisa mengusir kutu kasur dengan kedua bahan alami ini. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian Anda semprotkan ke area yang biasa jadi tempat tinggal kutu kasur atau kutu busuk. Bahan ini ampuh membunuh serangga ini, cara membuatnya praktis dan bahannya mudah ditemukan.

  • Cuka

Selain menjadi bahan campuran makanan, cuka juga bisa Anda gunakan untuk memusnahkan kutu kasur. Anda hanya perlu menyemprotkan suka ke tempat kutu kasur tinggal, maka kutu dan telurnya akan mudah mati. Cara ini paling praktis, mengingat Anda tidak memerlukan bahan tambahan.

  • Cuci dan Jemur

Cara paling tradisional yang biasa dilakukan banyak orang adalah mencuci dan menjemur kasur. Mencuci kasur secara rutin tentu akan menjaga kebersihannya. Gunakan air panas dan sabun anti bakteri untuk mencucinya. Jangan lupakan bantal dan guling.

Lalu jemur dibawah terik sinar matahari langsung. Namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk kasur tipis yang mudah diangkat dan dipindahkan. Lalu bagaimana jika kasur yang Anda gunakan merupakan jenis spring bed yang menempel dengan kaki dan rangkanya? Untuk Anda yang memiliki kasur tipe ini bisa lakukan step selanjutnya.

  • Vacuum Kasur

Vacuum atau yang lebih dikenal sebagai hydro cleaner ini merupakan layanan pembersih tungau atau kutu kasur. Layanan ini menggunakan alat sejenis dengan vacuum cleaner yang lengkap dengan sikat berputar. Kotoran yang dihisap alat ini akan disaring. Alat ini mampu menangkap bakteri, jamur, bahkan kutu kasur.

[Baca Juga : Ini 5 Alasan Mengapa Anda Harus Service AC Rutin]

Metode ini dilakukan tanpa air, sehingga kering dan Anda bisa langsung menggunakannya setelah dibersihkan. Untuk Anda yang ingin mencoba layanan ini, Anda bisa mencoba layanan vacuum yang disediakan D’dustbuster Jakarta yang berada di Cengkareng. Tepatnya berada di Jalan Tenis Raya No. 3, RT. 3 RW. 8 (di lantai 2 one more gym), RT. 3 RW. 8, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat 11720. Itulah tujuh cara menghilangkan kutu kasur atau kutu busuk yang hidup di kasur Anda. Hati-hati akan keberadaan kutu ini karena dapat menyebabkan alergi pada kulit.

Read More

Artikel Lainnya

Lagu Kembali Ke Awal Ciptaan Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

Berita Kawasan

Kembali Ke Awal Karya Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

19 July 2019, 21:00  |  10 Views

Setelah merilis lagu Orang Biasa, Glen Fredly kembali merilis single Kembali ke Awal yang juga dijadikan sebagai original soundtrack film Twivortiare dari rumah produksi MD Pictures.

TP PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

Berita Kawasan

Tim Penggerak PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

19 July 2019, 20:00  |  8 Views

PKK memberikan segala macam informasi mulai dari hidup tertib dan teratur, standar gizi dan wawasan kesehatan.

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

Bisnis

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

19 July 2019, 19:00  |  7 Views

Nilai transaksi yang dicapai membuat panitia IFRA 2019 semakin optimistis dalam membatu memajukan industri franchise Indonesia melalui pameran berkualitas.

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

Berita Kawasan

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

19 July 2019, 18:00  |  7 Views

Turnamen golf Asian Development Tour akan diikuti 144 pegolf dari hampir 20 negara. Turnamen golf internasional ini berhadiah senilai total 75.000 USD.


Comments


Please Login to leave a comment.