PIK_PROPERTI_INI DIA 7 CARA UNTUK MNEGUSIR KUTU KASUR_KIKI_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

7 Cara Efektif Mengusir Kutu Kasur

Pernahkah Anda merasa gatal hingga muncul bentol di kulit setelah tidur di kasur? Mungkin saja, kasur Anda menjadi tempat tinggal kutu kasur atau kutu busuk. Hewan yang masuk dalam kelas insekta ini merupakan jenis serangga parasit.

Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang menghisap darah makhluk berdarah panas termasuk manusia. Biasanya kutu busuk berkembang biak di lipatan tempat tidur, bantal, dan tempat tersembunyi lainnya. Kutu kasur akan menggigit mangsanya tanpa disadari dan lebih cenderung aktif pada malam hari.

[Baca Juga : Daftar Perabot Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru]

Bukan hanya berdiam diri di kasur, kutu busuk juga biasanya tinggal di sofa dan kursi. Tentunya kutu ini sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan Anda beristirahat. Maka dari itu, diperlukan beberapa cara untuk menghilangkan kutu busuk secara permanen dari kasur, kursi, atau sofa kesayangan Anda. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kutu kasur seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (13/8/2018).

  • Daun Mint

Dikutip dari Nakita, kutu kasur bisa dicegah dengan daun mint. Hancurkan daun mint kering secukupnya, kemudian taburkan di sekitar area tidur atau area dimana kutu kasur sering tinggal.

  • Minyak Jeruk

Campurkan satu ons gula merah, satu cangkir kompos, 4 liter air dan dua ons minyak jeruk. Kemudian semprotkan campuran bahan-bahan tadi ke zona yang Anda tuju. Kandungan D-limonene yang ada pada minyak jeruk bisa jadi insektisida yang menjadi racun untuk menghancurkan kutu kasur dalam beberapa detik.

  • Silica Gel

Untuk membasmi kutu, Anda hanya perlu menaburkan silica gel ke seluruh bagian kamar, kasur, dan sofa. Nantinya silica gel menghisap kutu kasur sehingga menempel dan tidak bisa bergerak. Silica gel akan mengikat kutu kasur dan kutu lambat laun akan mati dengan sendirinya.

  • Minyak Tanah dan Kapur Barus

Anda juga bisa mengusir kutu kasur dengan kedua bahan alami ini. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian Anda semprotkan ke area yang biasa jadi tempat tinggal kutu kasur atau kutu busuk. Bahan ini ampuh membunuh serangga ini, cara membuatnya praktis dan bahannya mudah ditemukan.

  • Cuka

Selain menjadi bahan campuran makanan, cuka juga bisa Anda gunakan untuk memusnahkan kutu kasur. Anda hanya perlu menyemprotkan suka ke tempat kutu kasur tinggal, maka kutu dan telurnya akan mudah mati. Cara ini paling praktis, mengingat Anda tidak memerlukan bahan tambahan.

  • Cuci dan Jemur

Cara paling tradisional yang biasa dilakukan banyak orang adalah mencuci dan menjemur kasur. Mencuci kasur secara rutin tentu akan menjaga kebersihannya. Gunakan air panas dan sabun anti bakteri untuk mencucinya. Jangan lupakan bantal dan guling.

Lalu jemur dibawah terik sinar matahari langsung. Namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk kasur tipis yang mudah diangkat dan dipindahkan. Lalu bagaimana jika kasur yang Anda gunakan merupakan jenis spring bed yang menempel dengan kaki dan rangkanya? Untuk Anda yang memiliki kasur tipe ini bisa lakukan step selanjutnya.

  • Vacuum Kasur

Vacuum atau yang lebih dikenal sebagai hydro cleaner ini merupakan layanan pembersih tungau atau kutu kasur. Layanan ini menggunakan alat sejenis dengan vacuum cleaner yang lengkap dengan sikat berputar. Kotoran yang dihisap alat ini akan disaring. Alat ini mampu menangkap bakteri, jamur, bahkan kutu kasur.

[Baca Juga : Ini 5 Alasan Mengapa Anda Harus Service AC Rutin]

Metode ini dilakukan tanpa air, sehingga kering dan Anda bisa langsung menggunakannya setelah dibersihkan. Untuk Anda yang ingin mencoba layanan ini, Anda bisa mencoba layanan vacuum yang disediakan D’dustbuster Jakarta yang berada di Cengkareng. Tepatnya berada di Jalan Tenis Raya No. 3, RT. 3 RW. 8 (di lantai 2 one more gym), RT. 3 RW. 8, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat 11720. Itulah tujuh cara menghilangkan kutu kasur atau kutu busuk yang hidup di kasur Anda. Hati-hati akan keberadaan kutu ini karena dapat menyebabkan alergi pada kulit.


Read More

Artikel Lainnya

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.


Comments


Please Login to leave a comment.