7 Cara Efektif Tambah Kosakata Anak 18 Bulan

Pendidikan

7 Cara Efektif Tambah Kosakata Anak 18 Bulan

Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa yang kuat berhubungan dengan sejumlah hal positif, seperti kebahagiaan, pertemanan, hubungan dengan keluarga, pendidikan, kesuksesan akademis, dan karir yang memuaskan.

Menurut Professor of Teaching & Learning David Dickinson dari Vanderbilt University, Amerika Serikat, mengembangkan kemampuan berbahasa anak tidak harus menunggu mereka cukup umur untuk masuk sekolah. Ini bisa dimulai sejak anak berusia 18 bulan. Dalam artikel yang ditulisnya di theconversation.com (22/7/2019), pengembangan kosakata anak sangat cepat. Sejak lahir hingga kelas dua sekolah dasar, secara umum anak-anak mempelajari sekitar 5.200 kata dasar.

Berikut ini adalah tujuh hal diyakini dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak membentuk keterampilan berbahasa dan kosakata pada anak.

1. Bicarakan Objek dan Kejadian yang Menarik Bagi Anak

Seorang ibu mungkin melihat bahwa anak bayinya yang berusia 8 bulan sedang memandang ke arah seekor kucing besar dan berbicara padanya, “Oh, lihat kucing baik itu. Dia punya mata yang bagus dan bulu yang halus.” Dialog ini adalah kesempatan utama bagi orang dewasa untuk memberi nama, mendeskripsikan, dan menjelaskan berbagai hal. Kata-kata dipasangkan dengan benda, kejadian, dan emosi.

[Baca Juga: Pendidikan Usia Dini Berbasis Lifestyle dan Technology]

2. Banyak Berbincang dengan Anak

Jumlah bahasa yang anak dengar ketika berbincang dengan orang dewasa pada awal 18 hingga 24 bulan hidupnya memiliki peran penting. Area bahasa pada otak anak sedang berkembang pesat pada masa itu. Kemampuannya untuk menerjemahkan suara menjadi kata-kata bermakna juga sedang bertumbuh pesat. Mengaitkan suara dengan makna membantu anak dengan cepat untuk memahami kata yang didengar.

3. Libatkan dalam Interaksi Berkelanjutan

Ketika anak berusia 2 tahun, kualitas percakapan yang mereka dengar, di samping kuantitasnya, juga penting. Pada masa ini, untuk benar-benar mendorong pertumbuhan bahasa anak. Durasi bukan menjadi hal yang sangat penting, meski setidaknya harus ada sekitar 8 hingga 10 pertukaran dialog antara orangtua dan anak.

7 Cara Efektif Tambah Kosa Kata Anak 18 Bulan

4. Membaca dan Mendiskusikan Buku

Salah satu aktivitas bersama terbaik untuk dilakukan adalah membaca buku. Buku dapat dibagikan dan dinikmati sejak anak berusia satu tahun. Buku menyediakan kesempatan tak terbatas untuk memberi nama objek, hewan, dan tindakan. Pengalaman ini dapat diulang terus-menerus.

5. Gunakan Beragam Kata

Anak-anak memperoleh pengetahuan dengan cepat ketika mereka mempelajari kata yang mengacu pada konsep yang kompleks. Seiring berjalannya waktu, kata-kata ini akan digunakan ketika berbincang mengenai ide dan pengalaman mereka. Misalnya, sewaktu berkunjung ke akuarium, anak mungkin melihat makhluk yang menakjubkan dan orangtua mereka memberi nama hewan itu, berbicara mengenai bagian-bagian tubuhnya, sirip dan ekornya, misalnya, serta bagaimana caranya bergerak.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

6. Bicarakan Mengenai Kejadian pada Masa Lalu

Melalui bahasa, kita dapat melakukan perjalanan waktu ke masa lampau dan masa depan. Ketika orangtua berbicara dengan anak mengenai pengalaman masa lalu, mereka cenderung menggunakan kata-kata yang asing bagi anak, sebagai gantinya, anak menjadi terdorong untuk menggunakan kata tersebut.

7. Libatkan Anak dalam Bermain Peran

Bahasa memungkinkan anak-anak untuk membangun dunia imajiner dan tinggal di dalamnya. Perbincangan yang terjadi ketika ia bermain peran dalam dunia imajiner ini membuat anak memperluas kosakata miliknya. Misalnya, dua orang anak sedang bermain dokter-dokteran. Anak dapat belajar tentang apa itu stetoskop dan seiring mereka bermain, akan memperoleh pemahaman tentang bagaimana alat itu digunakan.

Metode berbasis-bukti ini hanya beberapa cara yang dapat orangtua lakukan untuk membantu pengembangan kosakata anak dan pengetahuannya akan dunia. Yuk, coba terapkan di rumah!

Read More

Artikel Lainnya

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan.jpg

Berita Kawasan

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan

13 August 2020, 14:00

Walau status zona merah COVID-19 sudah hilang dari Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya pastikan tidak akan melonggarkan protokol kesehatannya demi mempertahankan kondisi zona oranye.

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM .jpg

Bisnis

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM

13 August 2020, 12:00

Demi memastikan mutu dagangannya, puluhan jamu gendong di Kota Gudeg menerima sertifikat dari BPOM.

Wali Kota Depok Umumkan Rencana Revitalisasi Posyandu.jpg

Kesehatan

Wali Kota Depok Umumkan Rencana Revitalisasi Posyandu

13 August 2020, 10:00

Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakatnya, Wali Kota Depok akan segera melakukan revitalisasi posyandu di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.