7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi

Kesehatan

7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi

Tiba-tiba ingin cokelat, es krim, atau donat ketika memasuki masa menstruasi? Ini bukan perasaan Anda saja, banyak perempuan merasakan hal yang kurang lebih sama. Bahkan Assistant Professor of Obstetrics & Gynecology Sara Twogood dari University of Southern California, Amerika Serikat kerap mendengarnya dari pasien dan mendapatkan penjelasan dari beberapa penelitian tentang hal ini.

"Sebagai seorang dokter obstetri dan ginekologi (obgyn), saya sering mendengar cerita pasien yang ngidam makanan, seperti kentang goreng dan es krim, saat memasuki masa menstruasi," tulis Sara dalam artikel di theconversation.com (22/7/2019). Para ilmuwan pun sudah lama mempelajari tentang gejala ini, mulai dari siapa, mengapa, apa yang diidamkan, sejak kapan mengidam, hingga cara mengurangi rasa mengidam, sejak tahun 1953.

7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi

Ngidam hanyalah salah satu dari banyak gejala sindrom pramenstruasi, atau PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Sindrom pramenstruasi kemungkinan disebabkan oleh naik turunnya hormon yang berdampak kepada kinerja pengangkut zat kimia di otak, yang lebih dikenal sebagai neurotransmiter. Gejala PMS hanya muncul pada paruh kedua dari siklus menstruasi yang disebut sebagai fase luteal, mulai dari ovulasi atau pelepasan sel telur hingga hari pertama haid. Gejala PMS biasanya akan selesai pada hari ketiga atau keempat haid.

[Baca Juga: Ini Olahraga yang Bisa Mengurangi Stres]

Perempuan cenderung makan lebih banyak selama fase luteal (mulainya masa ovulasi hingga haid hari pertama) ketimbang fase folikuluer (mulai haid hari pertama hingga hari ke-13). Baik yang merasa mengalami atau pun yang memang diagnosis gejala PMS, konsumsi makanan dapat meningkat hingga 500 kalori per hari. Makanan yang dicari biasanya yang mengandung karbohidrat, lemak dan gula, sehingga tidak mengherankan apabila cokelat paling diidamkan karena mengandung ketiganya.

Perempuan mengkonsumsi karbohidrat yang untuk meningkatkan kadar serotonin (hormon bahagia) untuk membuat perasaan mereka lebih baik. Dengan meningkatkan level serotonin di otak, baik melalui diet atau obat-obatan, maka asupan makanan dan suasana hati bisa kembali normal. Teori lain tentang ngidam adalah perempuan justru secara sadar mencari kenyamanan fisik dan psikologis melalui makanan.

7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi

Cara Mengatasi Ngidam Selama Menstruasi

Perubahan gaya hidup dapat membantu menyeimbangkan dan meminimalkan gejala PMS selama siklus menstruasi, misalnya olahraga teratur, relaksasi dan teknik pengurangan stres seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, pijat, hipnosis diri, hingga tidur teratur.

Selain itu, Anda dapat mengoptimalkan nutrisi untuk mengatasi ngidam saat PMS dengan cara-cara berikut:

  1. Pilih karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, beras merah, gandum, kacang-kacangan dan lentil
  2. Kurangi lemak, garam, dan gula
  3. Tidak mengkonsumsi atau menghindari kafein dan alkohol
  4. Konsumsi makanan kaya kalsium, antara lain sayuran berdaun hijau dan produk susu. Mengkonsumsi susu, keju, dan yoghurt dapat menurunkan risiko perut kembung dan kram, serta nafsu makan dan ngidam makanan. Hal ini disebabkan kalsium membantu menyeimbangkan serotonin. Apabila Anda tidak bisa mengkonsumsi produk susu, dapat diganti dengan suplemen kalsium 1200 mg setiap hari.
  5. Konsumsi suplemen magnesium untuk membantu mengurangi retensi air dan gejala kembung, nyeri payudara dan perubahan mood atau suasana hati.
  6. Konsumsi Vitamin B6 50 mg setiap hari, yang juga memiliki beberapa manfaat menurunkan nyeri saat siklus menstruasi.
  7. Konsumsi Vitamin E 150-300 IU setiap hari membantu mengurangi ngidam.

[Baca Juga: Membuat Masker Cokelat untuk Wajah Kering, Kusam, dan Bersinar]

Para pakar genekologi menyadarkan agar Anda sadar akan tubuh sendiri dan perubahan-perubahan yang terjadi ketika siklus menstruasi. Perlu dipahami bahwa pengalaman siklus menstruasi Anda akan berbeda dengan perempuan lainnya. Perubahan-perubahan yang sedang dialami saat siklus menstruasi merupakan gejala yang normal. Namun, apabila Anda merasakan ada kejanggalan, sebaiknya tanyakan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.