7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

Berita Kawasan

7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

Akhirnya Menteri Kesehatan mengizinkan Jakarta untuk menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dimulai pada Jumat (10/4/2020) mendatang. Hal ini ditetapkan untuk menangani penyebaran Virus Corona di ibu kota. Penerapan PSBB akan berlangsung selama 14 hari sejak ditetapkan.

Saat PSBB berlangsung, terdapat tujuh kegiatan yang dilarang, memicu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkaes) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka penanganan COVID-19.

7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

Melansir dari cnnindonesia.com (8/4/2020) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan penerapan PSBB di Ibu Kota akan ditekankan pada penegakan hukumnya. Hal ini dilakukan karena DKI secara prinsip telah menerapkan sistem ini, namun menurutnya, ketaatan warga untuk mengikuti aturan pembatasan pergerakan dan interaksi akan memengaruhi kemampuan Jakarta untuk mengendalikan penyebaran virus.

[Baca Juga: PT Transjakarta Buat Pola Operasional Baru Selama PSBB]

Berdasarkan kutipan dari mediaindonesia.com (8/4/2020) berikut tujuh hal yang dilarang untuk dilakukan saat PSBB berlangsung.

  1. Kegiatan belajar mengajar di sekolah dilarang dan diganti di rumah dengan menggunakan media yang paling efektif.
  2. Perusahaan atau instansi dilarang mempekerjakan pegawainya di kantor atau mengurangi jumlah pekerja normal. Hal ini bisa diganti dengan bekerja di rumah atau pembatasan jumlah pekerja yang masuk perhari kecuali instansi dan bidang tertentu.
  3. Kegiatan ibadah dilarang dilakukan di tempat ibadah, sehingga diganti dengan beribadah di rumah
  4. Tempat atau fasilitas umum dilarang beroperasi untuk umum, kecuali tempat tertentu yang telah ditentukan sebagai pemenuhan kebutuhan dasar penduduk
  5. Kegiatan sosial budaya yang melibatkan banyak orang atau kerumunan seperti perkumpulan politik, olahraga, hiburan, akademik, dan budaya dilarang pelaksanaannya. Pernikahan tidak dilarang, tapi dilakukan di KUA kemudian resepsi ditiadakan.
  6. Moda transportasi umum tidak akan mengangkut penumpang dengan jumlah kapasitas penuh atau dibatasi. Jam operasi hanya mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB
  7. Dilarang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan aspek pertahanan dan keamanan kecuali kegiatan operasi militer atau kepolisian sebagai unsur utama dan pendukung.

[Baca Juga: PSBB DKI Jakarta, Ini 6 Hal yang Dibatasi Mulai 10 April]

Anies menyebutkan akan menindak tegas untuk pihak yang melanggar selama PSBB berlangsung. Atas dasar itu ia menyebutkan untuk masyarakat patuh agar langkah ini berhasil terlaksana. Pemprov DKI bersama polisi dan TNI akan meningkatkan patroli untuk mengatasi kerumunan massa.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 net bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>