7 Makanan Tinggi Gula yang Harus Dihindari

Kesehatan

7 Makanan Tinggi Gula yang Harus Dihindari Demi Cegah Obesitas

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tentu tak bisa dipungkiri tetap ada risiko yang akan didapat jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah penelitian mengatakan, makanan yang mengandung gula bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan tingi gula yang cukup sering juga bisa membuat Anda menjadi kecanduan gula.

Mengutip artikel stylecraze.com (1/5/2019), menurut WHO, sekitar 1,9 miliar orang dewasa dan 41 juta anak-anak mengalami obesitas di seluruh dunia. Makanan yang mengandung gula tidak semuanya memiliki rasa manis, misalnya, kentang goreng, adonan ikan goreng, dan pizza beku. Makanan karbohidrat sederhana tersebut mudah dipecah menjadi gula dalam tubuh, menyebabkan lonjakan glukosa yang cepat.

[Baca Juga: Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda]

Untuk itu, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang memiliki kadar gula yang tinggi agar terhindar dari risiko obesitas, diabetes, dan yang lainnya. Berikut daftar delapan makanan tinggi gula sebagaimana dilansir stylecraze.com (1/5/2019).

1. Sereal

Sereal yang biasa dikonsumsi untuk sarapan menjadi banyak pilihan orang karena cepat, mudah, tersedia, renyah, dan lezat. Tetapi, tahukah Anda bahwa sereal sarapan mengandung “satu truk gula”, terutama yang dipasarkan untuk anak-anak? Hindari sereal sarapan yang mengandung rasa tambahan dan terlalu banyak gula. Sebaiknya, konsumsilah corn flake biasa, rice krispies, dan sereal apa pun yang tidak mengandung gula.

2. Minuman Berenergi

Minuman ini biasa diminum bagi yang kekurangan energi untuk menambah semangat. Jika Anda pergi ke swalayan, tentu Anda tahu kan minuman apa saja yang dikategorikan sebagai minuman penambah energi. Minuman ini mengandung banyak gula yang ditujukan untuk atlet dan pelari maraton yang membutuhkan energi yang tersedia dalam bentuk glukosa. Jika Anda bukan atlet, sebaiknya hindari minuman penambah energi.

[Baca Juga: 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes]

3. Jus Buah Kemasan

Jus buah dalam kemasan mengandung rendah serat, mineral, dan vitamin. Selain itu, jus buah kemasan mengandung gula tambahan, perasa dan warna buatan. Minuman ini mungkin mengandung sekitar 30-40 gram gula dan sekitar 170 kalori. Cukup banyak kan? Jadi, hindari minum jus buah kemasan. Lebih baik Anda membuat jus sendiri di rumah dan mengonsumsinya tanpa menambahkan gula.

4. Saus tomat

Biasanya, anak-anak suka sekali mengonsumsi makanan yang dicampur dengan saus tomat. Tetapi, tak jarang pula orang dewasa yang juga menyukai saus tomat. Namun, sebanarnya saus tomat mengandung banyak gula dan garam bersama dengan adiktif dan pengawet. Garam dan gula sudah diperhitungkan agar seimbang sehingga membuat seseorang yang mengonsumsinya terus menginginkan lebih. Satu sendok makan saus tomat mengandung 4 gram gula tambahan. Bagi Anda yang sedang menjalankan misi penurunan berat badan atau ingin meningkatkan kesehatan, hindari mengonsumsi makanan dengan saus tomat. Gantilah dengan saus yogurt, saus mint, atau saus ketumbar di rumah.

5. Saus BBQ

Saus BBQ memang memiliki cita rasa yang enak yang biasanya digunakan untuk memberikan rasa asin pada daging dan sayuran. Namun, saus BBQ ini juga mengandung banyak gula tambahan. Jumlah gula yang ditambahkan dalam dua sendok makan saus BBQ bisa setinggi 16 gram. Jadi, sebaiknya buatlah bumbu dan saus buatan sendiri untuk menikmati makanan untuk menggantikan saus BBQ sebagai bumbu atau saus.

[Baca Juga: Kayu Manis Bisa Atasi Warna Kulit yang Tidak Rata]

6. Produk Tanpa Gula

Kini sudah banyak produk makanan yang menawarkan sugar-free atau tanpa gula. Produk-produk bebas gula sebenarnya mengandung gula alkohol, seperti sorbitol dan manitol, tepung, susu, dan lain-lain. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan produk tanpa gula, maka Anda bisa saja akan dapat mengalami masalah pencernaan, yang pada akhirnya memperlambat metabolisme dan menyebabkan pertambahan berat badan. Oleh karena itu, Anda harus membatasi konsumsi makanan produk tanpa gula.

7. Es Teh Manis

Es teh manis memang rasanya luar biasa, terlebih dikonsumsi saat cuaca panas. Namun, dengan rasa yang enak akan mendatangkan kalori dan gula yang tinggi. Sirup yang digunakan untuk menyiapkan es teh manis bisa menyebabkan lonjakan insulin. Jadi, jika Anda menderita diabetes, hindari mengkonsumsi es teh manis. Anda bisa menyiapkan es teh di rumah menggunakan teh dicampur lemon, madu, buah-buahan, atau teh herbal yang berkualitas baik.

Itulah makanan yang mengandung kadar gula tinggi yang harus Anda hindari. Tetapi, ingat ya Pointers, tidak semua gula selalu buruk. Gula yang Anda dapatkan dari buah-buahan, sayuran, dan sumber-sumber alami lainnya tentu bagus untuk Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.