7 Makanan Tinggi Gula yang Harus Dihindari

Kesehatan

7 Makanan Tinggi Gula yang Harus Dihindari Demi Cegah Obesitas

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tentu tak bisa dipungkiri tetap ada risiko yang akan didapat jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah penelitian mengatakan, makanan yang mengandung gula bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan tingi gula yang cukup sering juga bisa membuat Anda menjadi kecanduan gula.

Mengutip artikel stylecraze.com (1/5/2019), menurut WHO, sekitar 1,9 miliar orang dewasa dan 41 juta anak-anak mengalami obesitas di seluruh dunia. Makanan yang mengandung gula tidak semuanya memiliki rasa manis, misalnya, kentang goreng, adonan ikan goreng, dan pizza beku. Makanan karbohidrat sederhana tersebut mudah dipecah menjadi gula dalam tubuh, menyebabkan lonjakan glukosa yang cepat.

[Baca Juga: Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda]

Untuk itu, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang memiliki kadar gula yang tinggi agar terhindar dari risiko obesitas, diabetes, dan yang lainnya. Berikut daftar delapan makanan tinggi gula sebagaimana dilansir stylecraze.com (1/5/2019).

1. Sereal

Sereal yang biasa dikonsumsi untuk sarapan menjadi banyak pilihan orang karena cepat, mudah, tersedia, renyah, dan lezat. Tetapi, tahukah Anda bahwa sereal sarapan mengandung “satu truk gula”, terutama yang dipasarkan untuk anak-anak? Hindari sereal sarapan yang mengandung rasa tambahan dan terlalu banyak gula. Sebaiknya, konsumsilah corn flake biasa, rice krispies, dan sereal apa pun yang tidak mengandung gula.

2. Minuman Berenergi

Minuman ini biasa diminum bagi yang kekurangan energi untuk menambah semangat. Jika Anda pergi ke swalayan, tentu Anda tahu kan minuman apa saja yang dikategorikan sebagai minuman penambah energi. Minuman ini mengandung banyak gula yang ditujukan untuk atlet dan pelari maraton yang membutuhkan energi yang tersedia dalam bentuk glukosa. Jika Anda bukan atlet, sebaiknya hindari minuman penambah energi.

[Baca Juga: 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes]

3. Jus Buah Kemasan

Jus buah dalam kemasan mengandung rendah serat, mineral, dan vitamin. Selain itu, jus buah kemasan mengandung gula tambahan, perasa dan warna buatan. Minuman ini mungkin mengandung sekitar 30-40 gram gula dan sekitar 170 kalori. Cukup banyak kan? Jadi, hindari minum jus buah kemasan. Lebih baik Anda membuat jus sendiri di rumah dan mengonsumsinya tanpa menambahkan gula.

4. Saus tomat

Biasanya, anak-anak suka sekali mengonsumsi makanan yang dicampur dengan saus tomat. Tetapi, tak jarang pula orang dewasa yang juga menyukai saus tomat. Namun, sebanarnya saus tomat mengandung banyak gula dan garam bersama dengan adiktif dan pengawet. Garam dan gula sudah diperhitungkan agar seimbang sehingga membuat seseorang yang mengonsumsinya terus menginginkan lebih. Satu sendok makan saus tomat mengandung 4 gram gula tambahan. Bagi Anda yang sedang menjalankan misi penurunan berat badan atau ingin meningkatkan kesehatan, hindari mengonsumsi makanan dengan saus tomat. Gantilah dengan saus yogurt, saus mint, atau saus ketumbar di rumah.

5. Saus BBQ

Saus BBQ memang memiliki cita rasa yang enak yang biasanya digunakan untuk memberikan rasa asin pada daging dan sayuran. Namun, saus BBQ ini juga mengandung banyak gula tambahan. Jumlah gula yang ditambahkan dalam dua sendok makan saus BBQ bisa setinggi 16 gram. Jadi, sebaiknya buatlah bumbu dan saus buatan sendiri untuk menikmati makanan untuk menggantikan saus BBQ sebagai bumbu atau saus.

[Baca Juga: Kayu Manis Bisa Atasi Warna Kulit yang Tidak Rata]

6. Produk Tanpa Gula

Kini sudah banyak produk makanan yang menawarkan sugar-free atau tanpa gula. Produk-produk bebas gula sebenarnya mengandung gula alkohol, seperti sorbitol dan manitol, tepung, susu, dan lain-lain. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan produk tanpa gula, maka Anda bisa saja akan dapat mengalami masalah pencernaan, yang pada akhirnya memperlambat metabolisme dan menyebabkan pertambahan berat badan. Oleh karena itu, Anda harus membatasi konsumsi makanan produk tanpa gula.

7. Es Teh Manis

Es teh manis memang rasanya luar biasa, terlebih dikonsumsi saat cuaca panas. Namun, dengan rasa yang enak akan mendatangkan kalori dan gula yang tinggi. Sirup yang digunakan untuk menyiapkan es teh manis bisa menyebabkan lonjakan insulin. Jadi, jika Anda menderita diabetes, hindari mengkonsumsi es teh manis. Anda bisa menyiapkan es teh di rumah menggunakan teh dicampur lemon, madu, buah-buahan, atau teh herbal yang berkualitas baik.

Itulah makanan yang mengandung kadar gula tinggi yang harus Anda hindari. Tetapi, ingat ya Pointers, tidak semua gula selalu buruk. Gula yang Anda dapatkan dari buah-buahan, sayuran, dan sumber-sumber alami lainnya tentu bagus untuk Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

Bisnis

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

09 December 2019, 18:00

Toyota berikan pelayanan digital kepada konsumen setia lewat Mobile Apps mToyoya

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

Berita Kawasan

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

09 December 2019, 17:00

Dari 12 nominasi yang didapat, film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho sukses meraih delapan penghargaan di ajang FFI 2019.

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Sebuah Biografi

Berita Kawasan

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Biografi

09 December 2019, 16:00

buku ini akan mengangkat bagaimana peran sosok-sosok inspiratif yang ada di kehidupan Endah dan Rhesa selama berkarir di dunia musik.

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value Produk Lokal

Bisnis

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value ProdukLokal

09 December 2019, 15:00

Semangat yang digaungkan oleh LOKALisme ini disambut positif oleh brand dan kreator lokal berkualitas global yang berkolaborasi melalui Pop Up Market.


Comments


Please Login to leave a comment.