7 Manfaat Bercocok Tanam untuk Kesehatan

Kesehatan

7 Manfaat Bercocok Tanam untuk Kesehatan

Bercocok tanam bukan hanya kegiatan yang membuat rumah Anda rapi, rimbun, dan cantik. Merawat tanaman ternyata juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jiwa Anda. Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang dapat berkontribusi pada berat badan dan tekanan darah.

Melansir dari goodhousekeeping.com (18/4/2019) beriktu beberapa manfaat kesehatan berkebun yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

1. Berkebun Membakar Banyak Kalori

Berkebun merupakan salah satu bentuk olahraga yang mudah lho! Anda bisa membakar sekitar 330 kalori selama satu jam berkebun hal ini dituturkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat. Beberapa orang yang aktif berkebun juga terbukti dapat menurunkan indeks massa tubuh atau BMI (body mass indexes) dengan kegiatan ini.

2. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Hanya 30 menit aktivitas Anda berkebun dapat berkontribusi untuk mengontrol dan menghindari tekanan darah tinggi. Faktanya, banyak ahli yang menyarankan aktivitas berkebun selama 30-45 menit sehari untuk mengobati pasien tekanan darah tinggi.

3. Kegiatan Ini Baik untuk Tulang

Ketika Anda aktif berada di luar dan terkena sinar matahari membuat kulit dan tulang Anda mendapatkan vitamin D. Di mana kandungan tersebut dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan mineral yang baik untuk tulang. Walaupun begitu jagan lupa untuk tetap menggunakan tabir surya untuk perlindungan maksimal.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

4. Menanam Sayur dan Buah Sendiri Lebih Sehat

Selain membuat Anda bergerak di luar ruangan, kegiatan berkebun ini juga dapat membuat Anda berhemat. Karena Anda bisa menanam sayur dan buah untuk dimakan sendiri. Hasilnya tentu lebih segar dan sehat karena Anda mengetahui proses pertumbuhannya. Proses ini juga bisa jadi bahan belajar anak untuk mencoba sayur dan buah yang belum pernah mereka coba sebelumnya.

5. Dapat Mengurangi Stres

Berkebun dinilai juga bisa mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Beberapa rumah sakit di Amerika bahkan menggunakan terapi menanam bunga sebagai rehabilitasi bagi orang-orang yang pulih dari cedera, stroke, operasi dan lain-lainnya. Proses ini dinilai mampu mebangun kembali kesehatan fisik dan mental.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

7. Berkebun Dapat Membuat Bahagia

Merawat tanaman juga membantu menjaga mood dan perasaan. Beberapa penelitian menyebutkan berkebun dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi mood memburuk.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika rajin melakukan aktivitas berkebun. Ingin mencoba?


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.