7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Kesehatan

7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Zaman Anda kecil, pernahkah Anda mendengar larangan untuk tidak memakan atau menelan biji semangka? Konon, jika Anda menelan biji semangka, akan tumbuh pohon buah tersebut di atas kepala. Kekonyolan tersebut dibuat untuk menakut-nakuti anak kecil untuk tidak mengonsumsi biji semangka. Sehingga sampai Anda dewasa kini, pasti biji semangka akan selalu Anda buang dan tidak dinikmati.

Padahal, mengonsumsi biji semangka aman dan sehat. Biji semangka dipercaya baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik. Melansir dari boldsky.com (24/4/2019) inilah manfaat mengonsumsi biji semangka yang mungkin Anda belum ketahui. 

[Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh]

1. Memperbaiki Kesehatan Jantung

Biji semangka mengandung magnesium, mineral yang berkontribusi untuk kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Memakan biji semangka mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kinerja kolesterol baik.

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Biji semangka diperkaya dengan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Kerap kali radikal bebas berakibat merusak sel, menyebabkan kanker, dan penyakit lainnya. Selain magnesium, magnesium dalam biji semanja juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Biji semangka mengandung zinc, mineral ayng penting dan bermanfaat untuk sistem reproduksi pria. Sebuah penelitian menyebutkan efek minyak biji semanfa dapat meningkatkan hormon seksual pria seperti progesteron, prolaktin, testosteron, estradiol, hormon luteinizing (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH).

[Baca Juga: Buah Ini Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal]

4. Mengobati Diabetes

Kandungan antidiabetes yaitu, metanol yang dimiliki biji semangka mempromosikan homeostasis glukosa dan membantu mempertahankan berat badan dengan meningkatkan glukosa dan toleransi glukosa.

5. Mencegah Artritis

Artitirs adalah peradangan persendian yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kaku, dan keterbatasan gerak. Biji semangka memiliki khasiat yang bisa mencegah radang sendi tersebut dengan magnesium, mangan, dan kalsium.

6. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Bukan hanya pria, wanita juga bisa mendapatkan khasiat untuk meningkatkan kesuburan. Biji semangka mengandung folat atau vitamin B9 yang bertanggung jawab untuk fungsi otak agar berjalan dengan baik dan mengontrol kadar homocysteine. Wanita yang masih dalam usia subur juga sangat baik mengonsumsi biji semanka karena mengurangi risiko bayi yang dikandung cacat lahir.

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

7. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, biji semangka juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Biji semangka merupakan sumber asam lemak tak jenuh dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit dan memperlambat penuaan kulit. Biji semangka juga bisa mengatasi masalah ruam, edema, dan gatal-gatal. Bukan hanya tubuh, biji semangka juga baik untuk mengobati ketombe dan memperkuat rambut.

Tak disangka-sangka, manfaat biji semangka sungguh banyak dan berguna untuk kesehatan. Untuk mencoba khasiatnya, Anda bisa terlebih dahulu mengolah biji semangka dengan cara di sangrai dan dimakan seperti kacang.

Read More

Artikel Lainnya

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf.jpg

Hobi dan Hiburan

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf

23 October 2020, 16:46

Mulai pekan ini, sejumlah bioskop di DKI Jakarta sudah mulai kembali beroperasi namun anggota DPRD DKI dan Menparekraf menitipkan pesannya untuk para pengusaha bioskop.

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan.jpg

Pendidikan

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan

23 October 2020, 15:39

Empat mahasiswi Unpad berhasil menciptakan pasta gigi ramah lingkungan yang dibuat demi mengurangi limbah plastik yang dipicu pasta gigi konvensional

Antisipasi Banjir, Wali Kota Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan .jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Banjir Kebon Jeruk, Pemkot Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan

23 October 2020, 14:37

Sebagai salah satu lokasi yang kerap terjadi banjir, Wali Kota Jakarta Barat gelar koordinasi dengan para pimpinan wilayah Jakarta Barat demi cegah genangan


Comments


Please Login to leave a comment.