7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan

Kesehatan

7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan

Penyakit memang dapat menyerang siapa saja. Tetapi ada beberapa penyakit yang berpotensi lebih besar menyerang perempuan daripada laki-laki. Hal itu dikarenakan adanya variasi gen, anatomi dan tingkat hormon sehingga menyebabkan perempuan lebih rentan terserang penyakit tertentu.

Dilansir dari Healthline.com (3/3/05), setidaknya ada tujuh jenis penyakit yang sering disebut “Penyakit Perempuan”. Berikut tujuh jenis penyakit tersebut.

[Baca Juga: Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara?]

Apakah Konsumsi Susu Menyebabkan Penyakit Kanker Payudara

1) Kanker Payudara

Kanker payudara selama ini menjadi penyakit yang mengintai kesehatan perempuan. Perempuan lebih rentan terserang karena mereka memiliki jaringan payudara. Kendati demikian, bukan berarti penyakit ini tidak dapat menyerang laki-laki. Riset menunjukan meski hanya satu persen laki-laki yang mengalami kanker payudara, tapi jumlahnya mengalami peningkatan. Hal itu terjadi karena laki-laki tidak menunjukkan gejala menderita kanker payudara sehingga sel kanker cepat menyebar.

7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan Osteoporosis

2) Osteoporosis

Selain kanker payudara, osteoporosis menjadi salah satu penyakit yang rentan menyerang perempuan. Dilansir dari Healthline.com, satu dari tiga perempuan berisiko menderita penyakit yang menyerang kepadatan tulang ini. Sedangkan pada laki-laki, diperkirakan satu diantara lima pria yang berisiko mengalami penyakit ini.

Biasanya, perempuan mengalami pengeroposan tulang setelah menopause. Ada sejumlah faktor yang membuat perempuan lebih berisiko mengalami penyakit ini, yaitu orang yang memiliki masalah tiroid, kekurangan vitamin D, sedang menjalani terapi, dan mengkonsumsi obat anti kejang.

Hipertiroidisme

3) Penyakit Gangguan Tiroid

Perempuan turut rentan mengalami gangguan tiroid. Dibandingkan laki-laki, perempuan cenderung lebih banyak mengalami gangguan tiroid yakni bisa mencapai lima sampai delapan kali. Biasanya, penderita akan mengalami gangguan pada kelenjar kecil yang terletak di leher bagian bawah - yang berfungsi untuk menghasilkan hormon dan mengontrol metabolisme.

Nah, bila kelenjar tiroid tersebut kelebihan, maka bisa membuat kamu terserang Hyperthyroidism. Gejala yang biasanya dialami muncul yakni kelelahan, kehilangan berat badan, pelupa, kulit menjadi kasar dan kerontokan rambut.

Namun, bila tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup untuk tubuh, maka akan mengalami hypothyroidism. Gejalanya seperti bertambahnya berat badan, gangguan tidur, otot melemah dan sensitif.

7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan Lupus

4) Penyakit Lupus

Lupus juga menjadi salah satu penyakit yang identik menyerang perempuan. Sekitar 90% penderita lupus adalah perempuan. Namun, penyakit seribu wajah ini juga turut mengancam laki-laki. Beberapa gejala umum yang muncul dialami oleh penderita yaitu rasa lelah yang berlebihan, pembengkakan dan nyeri sendi, rambut rontok dan ruam merah seperti kupu-kupu di wajah.

7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan Infeksi Kandung Kemih

5) Infeksi Kandung Kemih

Perempuan lebih beresiko menderita infeksi kandung kemih. Namun, laki-laki juga dapat terserang penyakit ini. Terutama pada laki laki yang menderita batu ginjal dan penyempitan uretra. Gejala yang muncul yakni sering buang air kecil, urin berwarna keruh atau berdarah, kesemutan saat buang air kecil dan demam ringan.

7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan Gangguan Makan

6) Gangguan Makan

Bila laki-laki merasa takut kurus, perempuan justru sebaliknya. Mereka tidak menginginkan berat badan bertambah. Kondisi ini menyebabkan sejumlah perempuan mengalami gangguan makan seperti Anoreksia atau Bulimia.

Meski hanya 10 sampai 15 persen laki-laki yang menderita anoreksia atau bulimia, namun dampaknya sama saja. Penderita Anoreksia dapat mengalami gangguan hati, pengeroposan, kegagalan organ tubuh dan kematian. Mereka yang biasanya beresiko yaitu atlet, penderita obesitas, homoseksual dan transgender, serta mereka yang memiliki kepribadian perfeksionis.

Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya

7) Depresi

Belakangan ini, depresi menjadi masalah salah satu isu kesehatan mental yang banyak dibahas. Pasalnya penyakit ini dapat menyerang siapapun. Namun, dibandingkan laki-laki, perempuan berpotensi dua kali lebih besar didiagnosis mengalami depresi.

Hal tersebut kemungkinan terjadi karena adanya perbedaan gejala yang dialami antara laki-laki dan perempuan. Perempuan mungkin akan lebih sering merasa sedih dan menangis. Sedangkan laki-laki cenderung lebih mudah marah, frustrasi, sensitif, dan merasa putus asa.

[Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan]

Beberapa penyakit memang lebih berisiko menyerang perempuan, tetapi tak menutup kemungkinan laki-laki juga dapat terserang. Jadi, kita semua perlu mencegah dengan budaya hidup sehat dan menjaga kebersihan.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.