75 Anak Ikuti Dongeng Raja di RPTRA Green Marunda

Pendidikan

75 Anak Ikuti Dongeng Raja di RPTRA Green Marunda

RPTRA Green Marunda yang berada di Cilincing, Jakarta Utara mengadakan kegiatan story telling atau mendongeng pada 17 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertamanya setelah libur Lebaran yang diselenggarakan Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) Jakarta Utara.

"Ini mendongeng perdana setelah puasa, untuk selanjutnya akan disambung di 25 lokasi lain," ujar Kepala Seksi Perpustakaan Suku Dinas Pusip Jakarta Utara Iwan Hery Susanto.

Kegiatan dongeng diadakan sebagai kegiatan untuk mengajak anak berinteraksi dan berpartisipasi dalam cerita. Dengan harapan, pesan moral yang disampaikan dalam cerita dongeng akan membangun karakter positif anak untuk semangat melakoni hidup.

[Baca Juga: Pancing Minat Baca dengan Mendongeng]

Sebanyak 75 anak mengikuti kegiatan dongeng di RPTRA Green Marunda, Kelurahan Marunda, Cilincing. Dongeng yang dibawakan pada hari itu oleh juru cerita dari tim dongeng dan literasi Jaringan Anak Nasional (Jaranan) Maharyani Yulianto adalah kisah tentang seorang raja yang memetik pelajaran dari musibah yang membawa berkah. "Raja yang lolos dari maut, di mana sebelumnya mendapat musibah, yakni luka akibat tergores pisau," kata Maharyani Yulianto.

Dia menambahkan, setelah mendapatkan luka tersebut, panglima perang raja meminta agar raja bersyukur atas kejadian tersebut. "Namun dengan nasihat panglima tersebut justru membuat marah, akhirnya raja memenjarakan panglima perangnya," ujarnya.

Kemudian, Raja mengajak pasukannya untuk berburu ke hutan dengan memacu kudanya dengan keadaan dibalut emosi. "Ditengah hutan Raja bertemu dengan suku kanibal. Raja tertangkap dan akan dijadikan persembahan. Namun, melihat luka yang ada pada tangan, suku Kanibal melepaskan Raja, karena persembahan haruslah orang yang mulus tanpa cacat," terangnya.

[Baca Juga: Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel]

Dan dari kejadian tersebut, Raja akhirnya kembali pulang dan membebaskan panglima perangnya. Dari dongeng yang diceritakan kepada anak-anak yang hadir di RPTRA Green Marunda, terselip pesan moral yang mengajak mereka harus terus berprasangka baik pada Tuhan. "Pesan moralnya, kita mengajak anak anak harus terus berprasangka baik pada Tuhan. Apapun takdir dari Tuhan adalah baik," jelasnya.

Rencananya, kegaitan dongeng dari Sudin Pusip Jakarta Utara akan kembali dilakukan secara rutin setiap bulannya. Sementara, untuk bulan Juni ini ditargetkan akan menggelar kegiatan dongeng di 25 lokasi lainnya. Setelah mengadakan dongen di RPTRA Green Marunda, Sudin Pusip akan mengadakan di RPTRA Intiland Teduh, RPTRA Si Pitung Dan RPTRA Satria Biru dengan tema yang berbeda.

Read More

Artikel Lainnya

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.


Comments


Please Login to leave a comment.