75 Anak Ikuti Dongeng Raja di RPTRA Green Marunda

Pendidikan

75 Anak Ikuti Dongeng Raja di RPTRA Green Marunda

RPTRA Green Marunda yang berada di Cilincing, Jakarta Utara mengadakan kegiatan story telling atau mendongeng pada 17 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertamanya setelah libur Lebaran yang diselenggarakan Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) Jakarta Utara.

"Ini mendongeng perdana setelah puasa, untuk selanjutnya akan disambung di 25 lokasi lain," ujar Kepala Seksi Perpustakaan Suku Dinas Pusip Jakarta Utara Iwan Hery Susanto.

Kegiatan dongeng diadakan sebagai kegiatan untuk mengajak anak berinteraksi dan berpartisipasi dalam cerita. Dengan harapan, pesan moral yang disampaikan dalam cerita dongeng akan membangun karakter positif anak untuk semangat melakoni hidup.

[Baca Juga: Pancing Minat Baca dengan Mendongeng]

Sebanyak 75 anak mengikuti kegiatan dongeng di RPTRA Green Marunda, Kelurahan Marunda, Cilincing. Dongeng yang dibawakan pada hari itu oleh juru cerita dari tim dongeng dan literasi Jaringan Anak Nasional (Jaranan) Maharyani Yulianto adalah kisah tentang seorang raja yang memetik pelajaran dari musibah yang membawa berkah. "Raja yang lolos dari maut, di mana sebelumnya mendapat musibah, yakni luka akibat tergores pisau," kata Maharyani Yulianto.

Dia menambahkan, setelah mendapatkan luka tersebut, panglima perang raja meminta agar raja bersyukur atas kejadian tersebut. "Namun dengan nasihat panglima tersebut justru membuat marah, akhirnya raja memenjarakan panglima perangnya," ujarnya.

Kemudian, Raja mengajak pasukannya untuk berburu ke hutan dengan memacu kudanya dengan keadaan dibalut emosi. "Ditengah hutan Raja bertemu dengan suku kanibal. Raja tertangkap dan akan dijadikan persembahan. Namun, melihat luka yang ada pada tangan, suku Kanibal melepaskan Raja, karena persembahan haruslah orang yang mulus tanpa cacat," terangnya.

[Baca Juga: Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel]

Dan dari kejadian tersebut, Raja akhirnya kembali pulang dan membebaskan panglima perangnya. Dari dongeng yang diceritakan kepada anak-anak yang hadir di RPTRA Green Marunda, terselip pesan moral yang mengajak mereka harus terus berprasangka baik pada Tuhan. "Pesan moralnya, kita mengajak anak anak harus terus berprasangka baik pada Tuhan. Apapun takdir dari Tuhan adalah baik," jelasnya.

Rencananya, kegaitan dongeng dari Sudin Pusip Jakarta Utara akan kembali dilakukan secara rutin setiap bulannya. Sementara, untuk bulan Juni ini ditargetkan akan menggelar kegiatan dongeng di 25 lokasi lainnya. Setelah mengadakan dongen di RPTRA Green Marunda, Sudin Pusip akan mengadakan di RPTRA Intiland Teduh, RPTRA Si Pitung Dan RPTRA Satria Biru dengan tema yang berbeda.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.