8 Cara Efektif Atasi Bau Mulut

Kesehatan

8 Cara Efektif Atasi Bau Mulut

Kondisi napas yang segar akan membuat Anda merasa lebih percaya diri ketika berbicara dengan banyak orang. Hanya saja, terkadang masalah bau mulut tidak dapat dihindari. Tanpa Anda sadari ada beberapa hal penyebab bau mulut. Bau mulut menjadi masalah yang sering dialami banyak orang. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, namun bau mulut akan membuat penderita dan orang di sekitarnya merasa tidak nyaman.

Adapun penyebab bau mulut yaitu karena bakteri pada mulut menghasilkan senyawa kimia berbau. Di mana masalah gigi pada mulut dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Masalah gigi tersebut diantaranya yaitu gigi berlubang, plak gigi, akar gigi yang tertinggal, sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi, mengalami peradangan pada rongga mulut atau gigi palsu yang kebersihannya tidak terjaga. Tidak hanya itu, bisa juga karena faktor-faktor lain, salah satunya adalah keadaan lidah kotor juga akan menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut. Dimana kebersihan gigi yang buruk akan menimbulkan masalah bau mulut.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Sosialisasikan Kesehatan Gigi dan Mulut]

Jika Anda mengalami masalah bau mulut, maka untuk mengembalikan rasa percaya diri, Anda harus memahami cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Melansir dari Bidanku.com (4/10/2019), berikut ini beberapa cara mengatasi bau mulut dengan efektif, seperti:

1) Menyikat Gigi

Cara paling efektif untuk mengatasi bau mulut yaitu dengan menyikat gigi. Anda harus menyikat gigi dengan rutin, yaitu sebanyak dua kali dalam sehari ketika pagi dan malam hari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida itu sendiri dapat melindungi gigi agar tidak rusak.

8 Cara Efektif Atasi Bau Mulut

2) Bersihkan Sela-Sela Gigi

Biasanya masih terdapat sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan benang gigi. Dengan benang gigi, sisa makanan yang masih menempel pada sela gigi yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi akan dapat terangkat.

3) Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur juga efektif untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat. Tidak hanya membantu menghilangkan bau mulut saja, namun dengan berkumur menggunakan obat kumur akan membersihkan mulut Anda secara keseluruhan dari sisa makanan yang masih menempel serta plak pada gigi.

8 Cara Efektif Atasi Bau Mulut

4) Bersihkan Lidah dengan Benar

Selain kebersihan gigi, kebersihan lidah juga perlu Anda perhatikan. Tanpa disadari, pada lidah terdapat bakteri atau plak yang dapat menyebabkan bau mulut. Jika bakteri dan plak tidak dibersihkan serta semakin menumpuk, maka lama kelamaan akan menyebabkan bau napas tidak sedap.

5) Minum Air Putih yang Cukup

Kondisi mulut yang kering akan dapat menyebabkan bau mulut. Produksi air liur yang sedikit akan membuat bakteri yang menyebabkan bau mulut lebih mudah berkembang. Bakteri yang menyebabkan napas tidak segar akan tumbuh dengan cepat ketika mulut dalam keadaan kering. Karenanya minum air putih yang cukup, jika kebutuhan cairan cukup maka akan membuat produksi air liur meningkat. Sehingga mulut akan menjadi lebih lembab dan napas Anda akan lebih segar.

6) Berkumur dengan Air Jahe

Jahe memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Jahe juga dapat membantu menetralkan aroma napas kita yang tidak sedap.

7) Berhenti Merokok

Perokok aktif lebih mudah mengalami masalah mulut dan gigi, serta memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah gusi. Dimana masalah gusi itu sendiri akan dapat menyebabkan bau napas tidak sedap. Agar terhindar dari masalah bau mulut Anda sebaiknya berhenti merokok.

[Baca Juga: Awas, Gigi Anda Bisa Berlubang! Ini Cara Mencegahnya]

8) Konsumsi Makanan yang Dapat Menghilangkan Bau Mulut

Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi bau mulut seperti:

  • Apel yang mengandung polifenol pada buah apel akan dapat menghilangkan senyawa tidak sedap pada mulut.
  • Yogurt yang mengandung probiotik yang akan dapat membasmi bakteri jahat pada mulut. Selain itu, kandungan pada yogurt tersebut juga akan mengurangi hidrogen sulfida yang diproduksi oleh bakteri penyebab bau mulut. Dimana hidrogen sulfida itu sendiri akan dapat menyebabkan munculnya aroma khas pada mulut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah bau mulut tak sedap. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.