8 Cara Mengatasi Anak Manja

Pendidikan

8 Cara Mengatasi Anak Manja

Orangtua tentu akan merawat dan mendidik anaknya dengan baik agar menjadi pribadi yang baik. Hanya saja, karena rasa sayang orangtua yang berlebihan terhadap anaknya, tidak jarang dalam membesarkan buah hati orangtua memanjakan dengan berbagai hal. Padahal orangtua yang menerapkan pola asuh yang tidak tepat, serta selalu menuruti apa yang anaknya inginkan akan menjadikan anak memiliki sifat kurang baik dan manja. Selain akan membuat Anda sulit dalam mendidiknya, sikap manja yang dimiliki anak akan berdampak negatif jika dibiarkan sampai anak dewasa nanti.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

Dikutip dari Bidanku.com (15/08/19), berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang cara mengatasi anak cengeng dan manja :

  1. Orangtua Harus Konsisten

Ketika anak menginginkan sesuatu dan Anda menolaknya, ia menjadi marah dan menangis. Apabila anda menolaknya dari awal, maka Anda harus konsisten dan mempertahankannya, meskipun ia merengek atau menangis. Sebagai orangtua Anda mungkin tidak tegak melihat anak menangis, namun demi si kecil agar memiliki sifat yang baik dan tidak manja, Anda harus dapat melakukan itu semua. Beri pengertian, buat dia mengerti sehingga saat ia mendapatkan penolakan lagi ia akan mulai paham.

2. Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Sosial

Kegiatan Sosial akan membuat anak belajar bersosialiasi dengan banyak orang, mengajarkan anak untuk berbagi dan mengontrol emosinya. Anda juga dapat mengajarkan anak atau memberikan pemahaman kepada anak tentang pelajaran hidup, serta nilai moral.

3. Berikan Pujian Pada Anak

Atas apa yang telah dilakukan oleh anak, Anda tentu harus memberikan pujian kepadanya. Namun, memberikan pujian bukan hanya saat berhasil melakukan hal yang besar saja, ketika ia melakukan kebaikan meskipun hal kecil sekalipun Anda harus tetap memujinya. Jika Anda memuji si kecil atas kebaikan yang telah dilakukannya, maka ia akan termotivasi untuk melakukan kebaikan yang lainnya.

4. Berikan Penjelasan Sederhana Pada Anak

Ketika mendapatkan penolakan, anak Anda mungkin akan bersedih, marah dan kecewa. Namun, jika Anda dapat memberikannya penjelasan dengan tepat akan membuat anak lebih memahami tentang keadaan Anda. Dengan begitu akan membuat anak lebih mudah dalam mengatasi rasa sedihnya. Serta anak akan lebih memahami keadaan dan tahu kapan ia dapat meminta apa yang diinginkannya kembali.

[Baca Juga: Edukasi Khusus bagi Orangtua Penyandang Difabel]

5. Tunjukan Hal Baik dan Buruk Pada Anak

Selain memberi tahu tentang hal baik, Anda juga harus menjelaskan setiap perilaku buruk yang anak lihat. Contohnya, saat Anda melihat ada anak lain yang menangis dan marah-marah, Anda dapat memberikan penjelasan pada anak Anda bahwa perbuatan anak tersebut bukanlah hal baik. Apabila anak Anda melakukannya, jelaskan akibat yang akan terjadi.

6. Memberikan Hukuman yang Mendidik Saat Anak Melakukan Hal Buruk

Dengan memberikan hukuman yang tepat pada anak akan memberikan pelajaran padanya untuk tidak mengulangi lagi hal buruk yang telah dilakukannya. Contohnya, Anda dapat mengambil mainan kesukaan anak ketika ia tidak belajar atau tidak membereskan mainan.

7. Lebih Tegas Pada Anak

Bersikap tegas bukan berarti membentak atau memarahi anak, namun Anda bisa menambahkan sedikit tekanan terhadap perintah yang diucapkan.

8. Bersabar

Berikutnya Anda harus bersabar dalam menerapkan itu semua. Apabila anak Anda menunjukan perubahan yang lamban, sebagai orangtua Anda harus dapat menahan emosi. Pahami bahwa segala sesuatunya membutuhkan proses.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Anda dapat mengatasi anak cengeng dan manja dengan cara di atas. Mengasihi tapi jangan sampai salah cara dengan mengikuti kemauan si kecil semuanya. Sayang dengan cara mendidik, Anda bisa baca buku-buku tentang anak. Mengetahui caranya sejak dini akan mendidik ia menjadi pribadi yang baik kelak.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  12 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.