PIK_GARAGE SALE_8 HAL YANG HARUS ANDA HINDARI KETIKA MENGGELAR GARAGE SALE_KIKI_REVISI 01-01.jpg

Garage Sale

8 Hal yang Harus Anda Hindari Ketika Menggelar Garage Sale

Garage sale merupakan acara atau kegiatan yang bisa diselenggarakan oleh siapapun. Tujuannya untuk menjual barang-barang bekas. Umumnya kegiatan ini dilakukan di halaman depan rumah atau di garasi. Kegiatan ini memang lebih dulu dikenal dari Barat, namun di Indonesia sendiri garage sale bukan hanya dilakukan di depan rumah. Terkadang orang dan komunitas berkumpul di suatu tempat untuk mengadakan garage sale dengan tujuan tertentu.

Peminatnya juga banyak dari segala usia. Kegiatan ini ternyata bisa jadi lahan Anda untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Garage sale juga tidak memerlukan modal yang besar karena Anda hanya perlu menyortir barang bekas yang tidak lagi Anda gunakan. Dari pada menumpuk tak terpakai di rumah, lebih baik jadi uang bukan?

Dalam prosesnya, banyak orang menggelar garage sale dengan skala besar maupun individu di lingkungan rumahnya. Dimanapun Anda menggelar garage sale, ada beberapa hal yang harus Anda hindari. Dikutip dari thespruce.com, berikut delapan hal yang harus Anda hindari ketika membuka garage sale:

  • Jika Anda menjual barang milik orang lain, pastikan Anda mendapatkan harga jualnya langsung dari pemilik barang. Kemudian langsung buat tag harganya serta penanda bahwa barang tersebut bukan milik Anda.
  • Jangan pajang barang yang belum ada harganya. Pastikan Anda membuat tag harga sebelum semua barang Anda pajang untuk dijual. Hampir semua orang tentu jengkel jika melihat barang yang dijual namun tidak ada harganya. Ketika lapak Anda ramai, calon pembeli akan enggan mengantri hanya untuk menanyakan harga. Terlebih lagi jika calon pembeli Anda adalah tipikal orang yang pemalu.
  • Hindari menempelkan stiker harga di sampul album piringan hitam, koleksi majalah, sampul buku, atau barang kertas yang sudah tua, seperti kartu pos atau poster. Perekat dapat menyebabkan kerusakan pada kertas. Lebih baik Anda membuat papan harga mini dari kertas yang hanya perlu dijepit. Lebih Aman lagi, Anda bisa letakkan barang-barang yang terbuat dari kertas dalam kotak plastik dan tempelkan papan harga pada kotak plastik tersebut.
  • Jika ada pembeli yang menanyakan harga barang pada Anda, jangan ada jeda terlalu lama untuk berpikir. Hal ini mengindikasikan Anda ragu dan mengukur kemampuan belanja calon pembeli Anda. Anda bisa memberikan waktu untuk berpikir saat proses tawar menawar
  • Jangan menentukan harga semau Anda, apalagi, jangan menentukan harga jual yang sama dengan harga belinya. Ingat! Bahwa Anda menjual barang bekas. Mungkin Anda berpikir kalau barang yang Anda jual adalah barang bermerek dan masih terlihat baru. Tetapi calon pembeli tetap saja melihat barang dagangan Anda sebagai barang bekas.
  • Jangan membuat sistem penetapan harga dan pembelian yang rumit. Anda membuka lapak garage sale bukan ritel di mall, permudah pelanggan membeli barang dagangan Anda. Sediakan informasi harga disetiap barang yang Anda jual. Buat penanda yang jelas agar tak menyulitkan pelanggan.
  • Walaupun Anda menyusun barang dagangan Anda sesuai kelompok harga, Anda harus tetap memberikan harga disetiap barang. Metode ini mengurangi Anda dipermainkan oleh calon pembeli. Pembeli yang tidak jujur bisa saja menipu Anda, misalnya orang tersebut mengambil barang pada kelompok harga Rp10.000 padahal ia mengambilnya pada kelompok harga Rp30.000
  • Jangan menjual barang berdasarkan kenangan Anda terhadap barang tersebut. Misalnya, ada jam tangan yang Anda beli saat menerima gaji pertama, karena kenangan berharga tersebut, Anda menjual jam tangan itu dengan harga tinggi. Padahal pelanggan tidak peduli dengan kenangan Anda terhadap barang tersebut. Jika barang tersebut berharga, seharusnya Anda simpan bukannya Anda jual.

Itulah delapan hal yang harus Anda hindari ketika membuka garage sale. Untuk mencapai keuntungan maksimal jangan sampai Anda melakukan hal ini.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Usaha Penanganan COVID-19, Pomelo Cares Diluncurkan

Kecantikan dan Fashion

Dukung Usaha Penanganan COVID-19, Pomelo Cares Diluncurkan

07 April 2020, 15:00

Brand Pomelo telah meluncurkan program khususnya yang ditujukan mendukung usaha penanganan pendemi COVID-19 di tiga negara.

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

Berita Kawasan

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

07 April 2020, 14:00

Demi memastikan penerapan social distancing, Plt Wali Kota Medan pun turun langsung ke lapangan dan tak segan membubarkan kerumunan warga.

Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi

07 April 2020, 13:00

Pemkot Semarang meringankan biaya PDAM dan menggratiskan retribusi PKL serta Rusunawa karena lemahnya perekonomian di tengah pandemi COVID-19

Bantu Usaha di Tengah Pendemi, Fit Gourmet Hadirkan 2 Aksi Sosial

Kuliner

Bantu Usaha di Tengah Pendemi, Fit Gourmet Hadirkan 2 Aksi Sosial

07 April 2020, 12:00

Fit Gourmet saat ini tengah mengalihkan fokusnya ke arah aksi sosial yang ditargetkan untuk para driver ojol dan tenaga medis.


Comments


Please Login to leave a comment.