ads
PURI_PROPERTI_8 TIPS YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUAT ROOFTOP GARDEN_KIKI-01.jpg

Properti dan Solusi

8 Langkah Penting Sebelum Membuat Rooftop Garden

Taman merupakan sebuah area yang sengaja dibuat untuk tempat penyegar dan relaksasi di dalam dan luar ruangan. Biasanya di lokasi ini, para pemiliknya menempatkan beberapa tanaman yang dihias agar mempercantik tampilan taman. Namun jika Anda tinggal di pusat perkotaan dengan lahan terbatas, nampaknya memiliki taman luas hanya jadi impian Anda belaka. Walaupun begitu, Anda bukannya tidak bisa memiliki taman di rumah. Pasalnya, Anda bisa saja mengakali ruang di dalam rumah atau atap rumah sebagai taman Anda.

Mengenal Rooftop Garden

Rooftop garden ini bisa dikatakan sedang tren beberapa tahun belakangan ini, walaupun pada kenyataannya rooftop garden sudah dikenal di Babilonia sejak abad ke-6 sebelum masehi. Rooftop garden bukan hanya berfungsi sebagai lahan hijau di rumah Anda, taman ini dipercaya mampu meredam panas matahari yang masuk ke dalam rumah. Anda juga tidak memerlukan lahan yang luas untuk membuat taman di bagian teratas rumah Anda. Biasanya area idel yang butuhkan hanya empat meter. Dikutip dari rumah.com, berikut beberapa tips untuk Anda sebelum membuat taman di atas atap rumah.

Perhatikan Sistem Saluran Air

Di dalam taman ini tentunya akan ada berbagai macam tanaman yang harus dipelihara dengan cara disiram dan diberi pupuk. Ditambah lagi jika Anda tertarik menggunakan rumput di atap, pastikan air yang digunakan untuk menyiram tanaman atau air hujan yang jatuh tidak merembes ke ruangan yang berada di bawah taman. Gunakan waterproof pada bagian dak beton rumah Anda. Kebocoran air ini bukan hanya membuat tempat yang Anda tinggali tidak nyaman, hal ini juga dapat memicu langit-langit rapuh bahkan runtuh.

Gunakan Lantai Kayu

Jika Anda tidak menggunakan dak beton sebagai alas rumput, gunakan lantai berbahan dasar kayu agar tampilan taman Anda semakin menarik. Jika Anda menggunakan lantai kayu, Anda tidak perlu menggunakan kursi. Hiaslah lantai kayu dengan bantal agar Anda bisa merasakan sensasi piknik di taman yang berada di atap rumah Anda. Sifat kayu yang merupakan bahan yang memiliki jangka waktu, selalu cek kondisi kayu agar tidak basah atau tergenang air. Jika kayu terlalu lama tergenang air, lantai akan dengan mudah lapuk.

Buat Kanopi

Walaupun terdengar tidak begitu penting, tapi fungsi kanopi ini akan sangat terasa jika musim kemarau datang. Terik matahari akan menyengat kulit Anda ketika sedang mengunjungi taman siang hari. Untuk menghindari teriknya matahari, Anda bisa membuat kanopi. Jika tidak ingin mengeluarkan budget yang tinggi, Anda bisa mengakalinya dengan membangun kanopi menggunakan kain kasa berwarna hitam. Lebih ramah lingkungan, murah, dan cahaya matahari tidak terlalu terasa terik atau manfaatkan kanopi menggunakan tanaman yang merambat atau tanaman gantung.

Manfaatkan Pot

Karena alas yang dijadikan taman bukan tanah, pintar-pintar memilih pot. Pilih tanaman dengan akar yang tidak besar atau berbiji tunggal, agar taman Anda lebih berwarna, Anda bisa menanam berbagai macam bunga. Usahakan memilih tanaman yang suka atau tahan dengan matahari.

Fokus di Ujung Taman

Menurut blog pribadi Williams Sonoma, maksimalkan pojok taman. Letakkan beberapa tanaman diujung-ujung taman, usahakan meletakkan tanaman dengan jumlah ganjil. Hal ini mempengaruhi visual taman atap Anda.

Persiapkan Penerangan yang Apik

Ketika malam tiba, dilansir dari balconygardenweb.com, agar pemandangan rooftop garden lebih cantik persiapkan penerangan yang menarik. Jika Anda meletakkan kursi atau furniture, fokuskan pencahayaan pada titik tersebut agar taman atap rumah Anda terlihat lebih luas.

Jangan Gunakan Lebih dari 3 Warna

Pilihlah satu warna utama dan dua warna pendukung untuk taman Anda. Menggunakan banyak warna untuk rooftop garden justru akan membuat taman Anda terlihat padat dan berantakan. Warna ideal yang direkomendasikan balconygardenweb adalah putih, abu-abu, beige, dan indigo.

Konsultasikan Dengan Ahli

Untuk membuat taman di rumah Anda rapi dan cantik tentunya Anda memerlukan jasa professional. Di Indonesia Anda bisa konsultasikan dengan tukang taman. Jika Anda tinggal di daerah Puri, jaraknya hanya 2,5 kilometer dari Lippo Mall Puri, tepatnya berada di Jalan Puri Indah Raya Blok U1, RT. 3 RW. 2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat 11610.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  5 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads