8 Manfaat Terong untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kecantikan dan Fashion

8 Manfaat Terong untuk Kecantikan Kulit dan Rambut (Bagian 1)

Terong merupakan sayuran yang berwarna ungu, berbentuk lonjong dan biasanya berukuran panjang. Tumbuhan ini awalnya datang dari India, namun di Indonesia untuk menemukan sayuran ini tak sulit lagi. Bahkan terong sudah seperti sayuran endemik dari Indonesia. Terong biasanya diolah sebagai terong balado atau bahkan dicampurkan bersama dengan sayuran lain ke dalam semangkuk sayur asem.

Namun, banyak orang Indonesia yang belum tahu jika terong sangat baik jika dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Padahal, terong mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Terong juga mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk sirkulasi darah dan aktivitas otak.

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

Sayuran ini juga mengandung serat, mineral, dan zat besi yang sangat dibutuhkan manusia. Kandungan yang ada dalam terong ini dapat membuat kulit lembut dan semakin sehat.

Lalu, apa sebenarnya manfaat lengkap terong untuk kecantikan kulit dan rambut? Melansir dari epainassist.com (16/4/2019), berikut manfaat terong yang bisa Anda nikmati.

1. Menunda Penuaan

Terong tinggi akan Vitamain C yang berarti memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit dan tubuh dari efek buruk radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat membuat kulit muncul keriput, flek hitam, keriput, dan kulit kusam. Kandungan antioksidan yang baik juga dapat membuat kulit Anda lebih halus dan sehat. Uniknya, kulit teong mengandung anthocyanins yang bila dikonsumsi secara teratur, mampu membantu masalah kulit dan efektif untuk menenangkan kulit yang sedang sensitif akibat kondisi tertentu.

2. Membuat Kulit Lembut dan Berseri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terong mengandung antioksidan dan anthocyanins yang mampu menyehatkan kulit. Jika kulit sehat maka akan terlihat lebih berseri dan lembut. Bila dikonsumsi secara teratur, terong juga dapat menjaga dan mempertahankan cahaya alami dalam tubuh dan memproteksi tubuh dari efek buruk sinar matahari.

[Baca Juga: 6 Cara Memanfaatkan Stroberi untuk Kecantikan]

3. Melembapkan Kulit

Terong mengandung air yang cukup tinggi dan sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, pasalnya terong memiliki kandungan air hingga 92 persen yang bermanfaat untuk kulit. Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan air yang tinggi ini dapat membuang racun dan membuat kulit lebih halus serta sehat.

4. Mengurangi Risiko Sakit Kulit

Kandungan vitamin dan mineral yang beragam dapat bermanfaat untuk kulit dan tubuh. Salah satu kandungan yang membuat kulit sehat adalah asam klorogenik yang mampu mengurangi risiko kanker kulit. Bila dikonsumsi secara teratur, terong dapat memproteksi sel dari gangguan luar karena memiliki kandungan antibakteri.

[Baca Juga: Kayu Manis Bisa Atasi Warna Kulit yang Tidak Rata]

Itulah manfaat terong untuk kecantikan kulit dan rambut yang bisa Anda nikmati jika digunakan secara rutin dengan cara mengonsumsinya langsung, menggunakan produk yang menggandung terong, atau mengolah terong menjadi perawatan kulit dan rambut sendiri di rumah. Manfaat terong untuk kecantikan lainnya, bisa Anda lihat pada Bagian 2.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.