8 Manfaat Terong untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kecantikan dan Fashion

8 Manfaat Terong untuk Kecantikan Kulit dan Rambut (Bagian 1)

Terong merupakan sayuran yang berwarna ungu, berbentuk lonjong dan biasanya berukuran panjang. Tumbuhan ini awalnya datang dari India, namun di Indonesia untuk menemukan sayuran ini tak sulit lagi. Bahkan terong sudah seperti sayuran endemik dari Indonesia. Terong biasanya diolah sebagai terong balado atau bahkan dicampurkan bersama dengan sayuran lain ke dalam semangkuk sayur asem.

Namun, banyak orang Indonesia yang belum tahu jika terong sangat baik jika dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Padahal, terong mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Terong juga mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk sirkulasi darah dan aktivitas otak.

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

Sayuran ini juga mengandung serat, mineral, dan zat besi yang sangat dibutuhkan manusia. Kandungan yang ada dalam terong ini dapat membuat kulit lembut dan semakin sehat.

Lalu, apa sebenarnya manfaat lengkap terong untuk kecantikan kulit dan rambut? Melansir dari epainassist.com (16/4/2019), berikut manfaat terong yang bisa Anda nikmati.

1. Menunda Penuaan

Terong tinggi akan Vitamain C yang berarti memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit dan tubuh dari efek buruk radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat membuat kulit muncul keriput, flek hitam, keriput, dan kulit kusam. Kandungan antioksidan yang baik juga dapat membuat kulit Anda lebih halus dan sehat. Uniknya, kulit teong mengandung anthocyanins yang bila dikonsumsi secara teratur, mampu membantu masalah kulit dan efektif untuk menenangkan kulit yang sedang sensitif akibat kondisi tertentu.

2. Membuat Kulit Lembut dan Berseri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terong mengandung antioksidan dan anthocyanins yang mampu menyehatkan kulit. Jika kulit sehat maka akan terlihat lebih berseri dan lembut. Bila dikonsumsi secara teratur, terong juga dapat menjaga dan mempertahankan cahaya alami dalam tubuh dan memproteksi tubuh dari efek buruk sinar matahari.

[Baca Juga: 6 Cara Memanfaatkan Stroberi untuk Kecantikan]

3. Melembapkan Kulit

Terong mengandung air yang cukup tinggi dan sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, pasalnya terong memiliki kandungan air hingga 92 persen yang bermanfaat untuk kulit. Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan air yang tinggi ini dapat membuang racun dan membuat kulit lebih halus serta sehat.

4. Mengurangi Risiko Sakit Kulit

Kandungan vitamin dan mineral yang beragam dapat bermanfaat untuk kulit dan tubuh. Salah satu kandungan yang membuat kulit sehat adalah asam klorogenik yang mampu mengurangi risiko kanker kulit. Bila dikonsumsi secara teratur, terong dapat memproteksi sel dari gangguan luar karena memiliki kandungan antibakteri.

[Baca Juga: Kayu Manis Bisa Atasi Warna Kulit yang Tidak Rata]

Itulah manfaat terong untuk kecantikan kulit dan rambut yang bisa Anda nikmati jika digunakan secara rutin dengan cara mengonsumsinya langsung, menggunakan produk yang menggandung terong, atau mengolah terong menjadi perawatan kulit dan rambut sendiri di rumah. Manfaat terong untuk kecantikan lainnya, bisa Anda lihat pada Bagian 2.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.