83 Peserta IKM Ikuti Gelar Produk Industri Kecil dan Menengah

Bisnis

83 Peserta IKM Ikuti Gelar Produk Industri Kecil dan Menengah

Dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia, kegiatan Kecil dan Menengah (IKM) akan diselenggarakan di Jakarta Barat selama empat hari, mulai tanggal 23 – 26 Juli 2019. Kegiatan tersebut dihadiri Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta Ricki M Mulia, Kasudis PE Jakbar Ery Ghazali dan Kabag Perekonomian Jakarta Barat (Jakbar) Achmad Sajidin.

Melansir laman barat.jakarta.go.id (24/07/2019), Ricki mengatakan, gelar produk IKM ini merupakan bentuk wujud nyata dalam meningkatkan ekonomi rakyat, rasa cinta produk dalam negeri serta bagian dari pembinaan yang dilakukan pihaknya untuk mendukung program prioritas Pemprov DKI Jakart. Dalam program pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT), dalam lima tahun Pemprov DKI bertekad membuka 200.000 wirausaha baru melalui konsep 7 PAS (langkah pasti sukses).

[Baca Juga: Warga Jakarta Barat Nikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor]

Sementara itu, Kasudis PE Jakarta Barat Ery Ghazali menyebutkan peserta gelar IKM kreatif sebanyak 83 IKM, terdiri atas 52 IKM komoditi makanan-minuman, 19 IKM komoditi fashion dan 12 IKM komoditi kerajinan. “IKM yang ikut kegiatan ini binaan Sudis PE, Dekranasda dan produk produk dari masyarakat peserta kegiatan PKT di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu para IKM untuk memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatan yang diperoleh. “Sehingga secara tidak langsung produk-produk yang dihasilkan oleh para IKM dapat bersaing dengan dengan produk industri sejenis lainnya yang telah beredar di pasar,” ujarnya. 

“Kami optimistis gelar produk IKM kreatif 2019 ini dapat meningkatkan pendapatan IKM, memperluas jejaring pemasaran, membuka peluang kerja serta menghasilkan wirausaha baru potensial di Jakarta,” tambah Ery.

[Baca Juga: Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM]

Sementara itu atas nama Pemkot Jakarta Barat, Kepala Bagian Perekonomian Jakbar Achmad Sajidin mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakan, gelar produk IKM kreatif merupakan salah satu bukti nyata dari pelaksanaan program Pemprov DKI berupa penyediaan bantuan fasilitas pengenalan produk (promosi) IKM, mekanisme pemasaran, termasuk pengembangan jaringan, serta mendorong pencapaian target pemasaran yang merupakan bagian dari kegiatan PKT.

“Gelar produk ini merupakan kesempatan dan peluang yang baik bagi para pelaku IKM untuk memperkenalkan, meningkatkan dan mengembangkan produk kreatif baru agar memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu menciptakan peluang kerja untuk masyarakat,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.