88 Titik Pangkalan Angkutan Orang Akan Ditambah Dishub DKI Jakarta

Berita Kawasan

88 Titik Pangkalan Angkutan Orang Akan Ditambah Dishub DKI

Tahukah Anda jika tingkat kemacetan di Ibu Kota sudah turun delapan persen? Mengutip dishub.jakarta.go.id (15/6/2019), Jakarta berada pada peringkat ke-7 kota termacet di dunia berdasarkan data dari Tom Tom Traffic Index 2018. Meski masih di dalam kategori 10 besar kota termacet di dunia, Jakarta turun delapan persen dari tahun sebelumnya.

Banyak faktor penyebab kemacetan. Namun di tahun 2019, kini MRT Jakarta sudah resmi beroperasi guna mengurangi tingkat kemacetan. Tentunya, diharapkan Jakarta bisa kembali menurunkan peringkat kota termacet di dunia di tahun 2019.

Selain beroperasinya MRT Jakarta untuk menurunkan tingkat kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga turut mengambil peran. Seperti yang diketahui, angkutan umum seringkali dikeluhkan masyarakat karena berhenti di sembarang tempat sehingga tak jarang mengakibatkan kemacetan. Sehingga, Dishub DKI Jakarta akan menambahkan persediaan pangkalan angkutan orang di beberapa kawasan Jakarta atau angkutan lingkungan di tahun ini.

[Baca Juga: MRT Jakarta Tetap Dipercaya Warga Meski Tarif Berlaku Penuh]

Sebanyak 88 pangkalan angkutan orang akan disediakan Dishub DKI Jakarta. Kawasan yang akan disediakan tambahan pangkalan angkutan orang atau lingkungan yaitu Jakarta Selatan sebanyak 26 pangkalan, Jakarta Timur 11 pangkalan, Jakarta Pusat 15 pangkalan, Jakarta Utara 18 pangkalan, dan Jakarta Barat 18 pangkalan.

Kepala Seksi Angkutan Orang Dishub DKI Jakarta Regitta Maywidia Sari mengatakan, sampai saat ini pangkalan yang sudah ada berjumlah 69 pangkalan. Ada 21 pangkalan di Jakarta Selatan, 10 pangkalan di Jakarta Timur, 15 pangkalan di Jakarta Pusat, 18 pangkalan di Jakarta Utara, dan lima pangkalan di Jakarta Barat.

Penentuan 88 lokasi persediaan pangkalan orang tersebut berawal dari permohonan pengajuan pangkalan resmi angkutan lingkungan dari Dewan Pimpinan Unit (DPU) Organda kepada Dinas Perhubungan pada September 2018. Hal itu seperti ditambahkan Regitta dalam lansiran beritajakarta.id (17/6/2019).

[Baca Juga: Ayo Ikuti Uji Coba Publik LRT Jakarta Mulai 11 Juni 2019]

Selanjutnya, permohonan pengajuan tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan pendataan dan survei titik-titik potensial untuk dijadikan pangkalan. Pendataan dan survei dilakukan Dishub dan Suku Dinas Perhubungan di masing-masing wilayah bersama Organda angkutan lingkungan serta para operator.

"Kami melakukan pendataan dan survei titik pangkalan yang sudah pernah atau masih ada, maupun berpotensi untuk dijadikan sebagai pangkalan angkutan lingkungan," tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya pangkalan angkutan orang di kawasan tertentu atau angkutan lingkungan tersebut dapat meningkatkan ketertiban para pengemudi. "Diharapkan dapat meningkatkan ketertiban para pengemudi angkutan lingkungan sehingga tidak memicu terjadinya kemacetan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.