89 Laboratorium di Penjuru Nusantara Aktif Tangani COVID-19

Kesehatan

89 Laboratorium di Penjuru Nusantara Aktif Tangani COVID-19

Tingkat penyebaran COVID-19 di Indonesia nyaris menyentuh angka 10.000 kasus. Hingga Rabu (29/4/2020) kemarin, melalui situs covid19.go.id, pemerintah melaporkan sebanyak 9.771 masyarakat Indonesia positif terpapar virus SARS-CoV-2. Di sisi lain, 1.398 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, sementara 784 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Dalam menangani pandemi ini, tentunya keberadaan laboratorium yang mumpuni dan berkapasitas sangat lah penting. Sebab, tenaga kesehatan memerlukan fasilitas ini untuk mendiagnosis infeksi. Tanpa diagnosis yang akurat, penanganan terhadap pasien pun berpotensi tidak tepat.

[Baca Juga: Laboratorium IPB Bantu Uji 273 Sampel Pasien Terduga COVID-19]

Contoh, apa bila ada seseorang yang diduga terinfeksi COVID-19, maka medis yang bertugas segera mengambil sampel cairan tubuh pasien untuk diteliti di laboratorium. Kemudian para peneliti di laboratorium melakukan beberapa tes guna memastikan apakah orang tersebut benar terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau tidak.

Terkait itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memastikan, sebanyak 89 laboratorium telah aktif melakukan pemeriksaan COVID-19 yang tersebar di seluruh Indonesia. "Sebanyak 48 di antaranya merupakan laboratorium yang tersebar di rumah sakit-rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto dalam keterangan resminya yang diterima PingPoint.co.id (29/4/2020).

89 Laboratorium di Penjuru Nusantara Aktif Tangani COVID-19

Lebih lanjut dia menjabarkan, selain laboratorium-laboratorium yang ada di sejumlah rumah sakit, sebanyak 15 laboratorium milik perguruan tinggi di seluruh Indonesia juga telah aktif melakukan pemeriksaan sampel terkait COVID-19.

Sedangkan, sambung dia, 18 laboratorium lainnya merupakan jejaring laboratorium yang ada di bawah Kementerian Kesehatan, dan lima laboratorium lainnya adalah jejaring laboratorium kesehatan di daerah. "Kemudian, tiga laboratorium berada di bawah balai veteriner di bawah Direktorat Peternakan," tambah Yuri.

[Baca Juga: Laboratorium Pengetesan Covid-19 di Yogyakarta Bertambah Dua]

Sekadar catatan, hingga Rabu pukul 12.00 WIB, jumlah spesimen terkait COVID-19 yang diperiksa mencapai 86.985 spesimen yang berasal dari 67.784 orang dengan hasil 9.771 kasus positif dan 58.013 kasus negatif.

Konfirmasi positif COVID-19 yang berhasil sembuh mencapai 1.398 orang, sedangkan yang meninggal mencapai 784 orang. Sementara, Provinsi DKI Jakarta masih menjadi wilayah dengan jumlah kasus positif, sembuh, dan meninggal terbanyak, yaitu 4.092 kasus positif, 440 orang sembuh, dan 370 orang meninggal.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.