89 Laboratorium di Penjuru Nusantara Aktif Tangani COVID-19

Kesehatan

89 Laboratorium di Penjuru Nusantara Aktif Tangani COVID-19

Tingkat penyebaran COVID-19 di Indonesia nyaris menyentuh angka 10.000 kasus. Hingga Rabu (29/4/2020) kemarin, melalui situs covid19.go.id, pemerintah melaporkan sebanyak 9.771 masyarakat Indonesia positif terpapar virus SARS-CoV-2. Di sisi lain, 1.398 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, sementara 784 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Dalam menangani pandemi ini, tentunya keberadaan laboratorium yang mumpuni dan berkapasitas sangat lah penting. Sebab, tenaga kesehatan memerlukan fasilitas ini untuk mendiagnosis infeksi. Tanpa diagnosis yang akurat, penanganan terhadap pasien pun berpotensi tidak tepat.

[Baca Juga: Laboratorium IPB Bantu Uji 273 Sampel Pasien Terduga COVID-19]

Contoh, apa bila ada seseorang yang diduga terinfeksi COVID-19, maka medis yang bertugas segera mengambil sampel cairan tubuh pasien untuk diteliti di laboratorium. Kemudian para peneliti di laboratorium melakukan beberapa tes guna memastikan apakah orang tersebut benar terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau tidak.

Terkait itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memastikan, sebanyak 89 laboratorium telah aktif melakukan pemeriksaan COVID-19 yang tersebar di seluruh Indonesia. "Sebanyak 48 di antaranya merupakan laboratorium yang tersebar di rumah sakit-rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto dalam keterangan resminya yang diterima PingPoint.co.id (29/4/2020).

89 Laboratorium di Penjuru Nusantara Aktif Tangani COVID-19

Lebih lanjut dia menjabarkan, selain laboratorium-laboratorium yang ada di sejumlah rumah sakit, sebanyak 15 laboratorium milik perguruan tinggi di seluruh Indonesia juga telah aktif melakukan pemeriksaan sampel terkait COVID-19.

Sedangkan, sambung dia, 18 laboratorium lainnya merupakan jejaring laboratorium yang ada di bawah Kementerian Kesehatan, dan lima laboratorium lainnya adalah jejaring laboratorium kesehatan di daerah. "Kemudian, tiga laboratorium berada di bawah balai veteriner di bawah Direktorat Peternakan," tambah Yuri.

[Baca Juga: Laboratorium Pengetesan Covid-19 di Yogyakarta Bertambah Dua]

Sekadar catatan, hingga Rabu pukul 12.00 WIB, jumlah spesimen terkait COVID-19 yang diperiksa mencapai 86.985 spesimen yang berasal dari 67.784 orang dengan hasil 9.771 kasus positif dan 58.013 kasus negatif.

Konfirmasi positif COVID-19 yang berhasil sembuh mencapai 1.398 orang, sedangkan yang meninggal mencapai 784 orang. Sementara, Provinsi DKI Jakarta masih menjadi wilayah dengan jumlah kasus positif, sembuh, dan meninggal terbanyak, yaitu 4.092 kasus positif, 440 orang sembuh, dan 370 orang meninggal.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.